Model E-Genre Based Learning dalam Pembimbingan Penulisan Proposal Skripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu

Arono Arono, Syahriman Syahriman, Nadrah Nadrah

Abstract


Kondisi pandemi saat ini memungkinkan dosen pembimbing proposal skripsi untuk memaksimalkan pembimbingan secara daring. Namun, dalam kenyataannya tidak semua dosen pembimbing mampu memaksimalkan pembimbingan melalui daring baik secara sinkronus maupun asinkronus, seperti e-learning, google drive, whatsApp, zoom meeting, dan google meet. Penelitian ini bertujuan menggambarkan peningkatan penulisan proposal skripsi mahasiswa melalui model e-genre based learning dalam pembimbingan proposal skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia JPBS FKIP Universitas Bengkulu Semester VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model e-genre based learning telah mampu meningkatkan kualitas proposal menulis mahasiswa dengan baik (77%) dalam penyelesaian proposalnya pada setiap bagian proposalnya, baik pada bagian pendahuluan, kajian pustaka, maupun metodologi penelitian, yaitu rata-rata peningkatannya sebesar 24%. Hal yang paling dominan terjadi peningkatan dalam menulis proposal mahasiswa ini, yaitu tahap penulisan teks secara mandiri dan secara bersama-sama, tetapi tahap pembanguan konteks dan pemodelan teks sangat menentukan keberhasilan mahasiswa dalam menulis proposal pada tahap pengembangan model berikutnya baik secara sinkronus maupun asinkronus. Oleh karena itu, model e-genre based learning yang baik dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa khususnya dalam pembimbingan proposal skripsi secara daring

Keywords


model e-genre based learning, pembimbingan penulisan, proposal penelitian.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1980. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Arono, A. & Arsyad, S. (2019). The Effect of Genre-Based Mentoring on Rhetorical Quality of Research Article Drafts by Indonesian Lecturers in Social Sciences and Humanities. International Journal of Instruction, 12(3), 35-50. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1233a

Arono, A. & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (2), 2548-8813. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365.

Arsyad, S. & Arono. (2016). Sukses Menulis Pendahuluan Artikel Jurnal Internasional. Jakarta: Halaman Moeka.

Arsyad, S. & Arono. (2019). Menulis Telaah Pustaka untuk Artikel Jurnal Internasional. Jakarta: Halaman Moeka.

Bawarshi, A., & Reiff, M. J. (2010). Genre: An introduction to history, theory, research, and pedagogy. West Lafayette, IN: Parlor Press.

Bhatia, V. K. (1993). Analysing Genre: Language Use in Professional Settings. Burnt Mill, England: Longman.

Burgos, E. G. (2017). Use of the genre-based approach to teach expository essays to English pedagogy students. HOW, 24(2), 141-159. http://dx.doi.org/10.19183/how.24.2.330

Creswell, J.W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.

Cronin, P., Ryan, F., & Coughlan, M. (2008). Udertaking a Literature Review: A step Approach. British Journal of Nursing. 17(1), 38-43.

Dewantara, A. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2).

Feez, S. & Joyce, H. (2002). Text-based syllabus design. Sydney, NSW : Ames.

Freak, C. B. & Swales, J. M. (2009). Telling a Research Antory: Writing a Literature Review. Michigan: The University of Michigan Press.

Hariyati, R. M. (2012). Survey kinerja dosen pembimbing skripsi dan kualitas skripsi mahasiswa akuntansi stie malangkucecwara. Jurnal Dinamika Akuntansi, 4(2).

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.

Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 156-162.

Iswanto, I., & Hidayat, D. (2020). Perubahan Budaya Tatap Muka Menjadi Online dalam Bimbingan Skripsi Mahasiswa. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 78-85.

Khasanah, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text melalui Genre Based Approach Berbantuan Media Instagram. Paedagogie, 13(1), 9-18.

Kurniawan, H., & Bondowoso, W. B. (2020). Sistem Informasi Terintegrasi Tugas Akhir/Skripsi Berbasis Web (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya). SIMADA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 2(2), 124-134.

Lim, J.M.H. (2006). Method sections of management research articles: A pedagogically motivated qualitative study. English for Specific Purposes, 25(3): 282-309.

Loan, N. T. T., & Pramoolsoop, I. (2016). Citation Practice in The Whole TESOL Master’s Theses by Vitnamese Postgraduates’. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies. 2(2), 1-17.

Mahanani, N., Mastuti, H., & KA, A. P. (2018). Meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif melalui Genre Based Approach pada siswa kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 39-46.

McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall.

Mulyono, H., Ismayama, D., Liestyana, A. R., & Komara, C. (2021). EFL Teachers’ Peceptions of Indonesian Blended Learning Course Across Gender and Teaching Levels. Teaching English with Technology, 21(1), 60-74.

Nursalim, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Pembimbingan pada Sekolah Binaan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 131-138.

Nusantari, S. S., Sumarwati, S., & Anindyarini, A. Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Sukoharjo. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 206-214.

Resmisari, N. L. (2020). Penerapan Genre Based Intruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Pokok Bahasan Application Letters. simpuljuara, 2(3), 193-198.

Rose, D., & Martin, J. R. (2012). Learning to write, reading to learn: Genre, knowledge and pedagogy in the Sydney School. London: Equinox.

Swales, J. M. (1990). Genre Analysis: English in Academic and Research Settings, Cambridge, England: Cambridge University Press.

Swales, J. M. (2004). Research genres: Explorations and applications. Cambridge, England: Cambridge University Press.

Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-Faktor Penghambat Pengerjaan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Ft Uny. Jurnal Taman Vokasi, 3(1).

Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring.

Widagdo, A., Abidin, A. Z., Ansori, I., & Murtiningsih, T. (2010). Pemberdayaan Guru-guru SD melalui Pembimbingan Penulisan Proposal Pips (Ptk). Jurnal Abdimas, 14(2).

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui Blended Learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arono Arono, Syahriman Syahriman, Nadrah Nadrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)