Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Pantun Adat Jambi

Mohd. Norma Sampoerno

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting dalam sastra karena sastra mengandung nilai-nilai karakter yang berguna bagi penikmat ataupun pembaca sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter religius yang terkandung di dalam Pantun Adat Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah buku teks pantun Adat Jambi. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa buku teks pantun Adat Jambi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan berupa ketua adat Jambi, guru, siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara mendalam kepada informan. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai religius yang terdapat dalam pantun adat Jambi terlihat pada masyarakat Jambi itu sendiri, mayoritas masyarakat Jambi memeluk atau beragama Islam. Pantun Jambi mengajak masyarakat Jambi untuk senantiasa mengingat Tuhan dan berdoa kepadanya atau bertawakal kepada-Nya. Pantun Adat Jambi juga mengajarkan tentang makna yang terdapat pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Pantun Adat Jambi merupakan aturan bagi masyarakat Jambi untuk menjalankan kehidupan sehari-hari, merupakan panduan melakukan amalan yang baik di dunia baik itu berupa salat, sedekah, tolong-menolong, amalan puasa,dan mengaji. Pantun adat Jambi mengajarkan perbuatan saling maaf-memaafkan antar sesama manusia guna untuk menghapus dosa dan mempererat tali silaturahmi.


Keywords


sastra, nilai pendidikan, pantun adat jambi

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Z. (2019). Nilai Moral Karya Sastra sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). In Jurnal Literrasi /Nomor 1. Vol 3. No 1.

Armansyah, Y. (2017). KONTRIBUSI SELOKO ADAT JAMBI DALAM PENGUATAN DEMOKRASI LOKAL. Sosial Budaya. Vol 4, No. 1

Astuti, D. P. J. (2020). Semiotika Pantun Minang pada Masyarakat Minangkabau Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.2708

Changga, C., Sarwono, S., & Purwadi, A. J. (2019). PANTUN PADA SENI PERTUNJUKAN DALAM ADAT PERNIKAHAN DI KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR. Jurnal Ilmiah KORPUS. Vol 2, No 3.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Kebudayaan. Kabilah.

I Wayan Eka Santika. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal. Vol 3, No 1.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education. Vol 4, No 1.

Majid, & Andayani. (2012). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran Ar-Raisul Karama Arifin Nur Ainy Fardana. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol 3, No 3

Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains. Vol. 5. No. 2.

Muazza, M., Setiono, P., & Sofwan, M. (2020). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Dan Sikap Kewirausahaan Melalui Pengelolaan Bank Sampah Di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Jurnal Abdi Pendidikan. Vol 1, No 1.

Nurgiyantoro, B. (2010). SASTRA ANAK DAN PEMBENTUKAN KARAKTER. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi / Burhan Nurgiyantoro. In Teori Pengkajian Fiksi.

Sajadi, D. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2. No. 2.

Viora, D. (2018). SEJARAH, MITOS, DAN PARODI DALAM PENCIPTAAN KARYA SASTRA MODERN INDONESIA WARNA LOKAL. Jurnal Basicedu. Vol. 1. No. 2.

Wiguna, M. Z., Yuda, R. K., & Uli, I. (2017). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Pantun Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 6, No. 1.

Wongsopatty, E. (2020). Pantun sahur dalam sastra lisan Banda Neira. Jurnal Literasi. Vol 4, No 1.

Wuryani, W. (STKIP S. B. (2017). Pesona Karya Sastra dalam Pembelajaran Bahasa dan Budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah. Vol 2, No 2

Zuraidah. (2012). Pantun dan ungkapan Melayu sebagai wahana kepemimpinan Melayu ke arah pembangunan modal insan. Jurnal Melayu. (9) 2012: 155-170




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohd. Norma Sampoerno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)