Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur

Nur Indah Sari, Randi Randi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelasVIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Penerapan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di SMPI Annuriyyah Jakarta Timur diawali dengan penjelasan materi oleh guru mengenai puisi dan mengenai pendekatan kontekstual. Guru menentukan tema puisi yang akan dibuat oleh siswa, kemudian pelaksanaan pembuatan puisi di luar ruangan disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan (2) Faktor pendukung pembelajaran antara lain penggunaan alat peraga untuk menulis puisi dan kecakapan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual tersebut. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah wawasan siswa yang masih kurang mengenai puisi, kurangnya kemampuan dan semangat mereka dalam merangkai kata untuk membuat puisi, minat siswa yang rendah terhadap kegiatan menulis puisi, serta semangat siswa dan lingkungan bermain yang kurang mendukung. (3) Penerapan pendekatan kontekstual mampu mengembangkan kemampuan menulis puisi siswa dilihat dari hasil menulis puisi siswa, minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendektan kontekstual.


Keywords


pendekatan kontekstual, kemampuan menulis puisi, puisi

Full Text:

PDF

References


Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020). "Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar". Jurnal Basicedu, 4(3).https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408

Damayanti D. 2013. Sastra Indonesia. Yogyakarta : Araska.

Fatoni, N. A. N. (2016). "PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN JOYFULL LEARNING MELALUI MEDIA PUZZLE BERMUATAN KONSERVASI ALAM PADA SISWA KELAS VII 4 SMP 1 PEGANDON KENDAL". Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11303

Febriana, A., Sutansi, S., & Mudiono, A. (2018). "Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL)". Wahana Sekolah Dasar, 26(2).https://doi.org/10.17977/um035v26i22018p036

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam PembelajaranAbad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Kertayasa, I. W., Suandi, I. N., & Utama, I. D. G. B. (2019). "PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X MIA 2 SMA N 1 SUKASADA". Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: BumiAksara.

Permana, D. (2018). "Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik". PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/ Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas Jakarta: Kencana.

Sari, N. I. (2017). "Pengaruh Kemampuan Membaca dan Teori Sastra terhadap Kemampuan Menulis (Survei SMA Swasta Jakarta Timur)". DEIKSIS, 9(02). https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1377

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). "MENINGKATKANKEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF DAN MENULIS KREATIF PADA SISWA SMA DI JAKARTA". Jurnal Terapan Abdimas, 5(2). https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5568

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Dalam Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Todd, M. R. (2019). Improving Students’ Writing Skills: Strategies and Practices of a Georgia Elementary School, (March).

Wiranta, V. Sujarweni, 2020.MetodelogiPenelitianLengkap, Praktis, dan MudahDipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Indah Sari, Randi Randi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)