Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi
Abstract
Bahan ajar sintaksis yang dapat membangun kreativitas dan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa harus segera diwujudkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar Sintaksis Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan atau Riset & Development (R&D) dengan prosedur ADDIE. Data primer penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar sintaksis Bahasa Indonesia berbasis pendekatan saintifik dan data kebutuhan mahasiswa sebagai pengguna produk bahan ajar yang diperlukan. Data sekunder penelitian yakni dampak pengembangan bahan ajar tersebut terhadap suasana belajar mahasiswa. Sumber data penelitian yakni mahasiswa semester lima tahun akademik 2018/2019 dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Metode pengumpulan data utama adalah studi pustaka, kuisioner, dan wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sebagai pengguna bahan ajar menunjukkan antusiasme karena bahan ajar yang ada sudah sesuai dengan yang mereka harapkan, baik cakupan isi, kesederhanaan bahasa, sistematika pembahasan, kejelasan langkah-langkah pembelajaran, kejelasan perintah tagihan tugas maupun tata grafis teks.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta:Rineka Cipta.
J.Yule. (2006). The Study of Language. Conbridge, Conbridge University.
Khalid Al-Badawi.2012. “An Analysis of Phonetik Morphological and Syntactic Errors in English: A Case Study of Saudi BA Students at King Khalid University”. International Journal of social Science and Humanity, Vol. 2. No. 6.
Kridalaksana, Harimurti. (2007). Kamus Linguistik (Edisi ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sani. (2014). Strategi–Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Markhamah dan Atiqa Sabardila. (2010). Sintaksis 2: Keselarasan Fungsi, Kategori, dan Peran pada Klausa. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Markhamah, dkk. 2012. “Model Pembelajaran Saintifik di Perguruan Tinggi”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 3, No. 1.
Osman, Salyani, Noraidah Sahari, and Nor Azan Mat Zin. 2012. “Development of Interactive Multimedia Courseware (E-Craft) for Craft Education”. Journal of Distance Education-TOJDE. Turkis Online Journal, Edisi October, Volume 13 hal;36-50.
Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Putra, I. Rika Adi, I. G. Artawan, dan I. B. Putrayasa. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Topik Teks Laporan Observasi Berbasis Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gianyar Bali”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2 hal; 12-21.
Ramlan. (1984). Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Rajawali Pers.
Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesional Guru; Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta: PT. Radjagrafindo.
Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sufiroh. 2016. “Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Kurikulum 2013”. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol. 5, No. 3.
Susilana, R. 2014. “Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar”. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No. 2.
Suyitno, Imam. 2007. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Analisis Kebutuhan Belajar”. Jurnal Wacana Volume 9 No.1 Edisi April hal;62-78.
Verhaar. 2006. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Akhyaruddin Akhyaruddin, Hilman Yusra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)