Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Level Pemula Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEHATAN. Musamus Journal of Primary Education, 001–012. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.843
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1990). Qualitative Research for Education:An Introduction Theory And Methods. London: Allyn and Bacon, Inc.
Creswell, J. W. (2013). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dardjowidjojo. (2010). Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ghazali, S. A. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198–212.
Hermansyah, A. K., Harsiwi, N. E., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018, January 30). Increasing Indonesian Language Learning Results Through Reviewing Technique of Observation Result Through The Rotating Trio Exchange Method on Grade VI Students of Elementary School. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.303
Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13.
https://doi.org/10.29300/DISASTRA.V2I1.1998
Martutik, R. A. (2012). Menulis Dasar Berbasis Tugas. Malang: Surya Pena Gemilang.
Nggaruaka, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunaka Teknik Retrival Jaringan Semantik Siswa Kelas Vii Smp Negeri I Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Universitas Negeri malang.
Nggaruaka, Hermasyah & Butarbutar, 2019. Pengenalan Bahasa Daerah Marori Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik. P.ISSN 2442-4544. Vol. 6 No. 2.
Nur, A. S., Nggaruaka, T., & Hermansyah, A. K. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) BAGI MASYARAKAT DI DISTRIK ULILIN. Sarwahita, 16(02), 105–115. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.02
Riwu, L., & Janjaan, B. J. (2017). Penyimpangan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS 1 Sma YPPK Yoanes XXIII Merauke. Magistra, 4(2), 114–122.
Satinem. (2015). Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Wahana Pembentuk Karakter Bangsa. Seminar Nasional Bulan Bahasa, 320–330.
Ur, P. (1996). A Course In Language Teaching. Practice And Teori. Cambrige: University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tobias Nggaruaka, Agus Kichi Hermansyah, Santi Monika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:






DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)