Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Level Pemula Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik

Tobias Nggaruaka, Agus Kichi Hermansyah, Santi Monika

Abstract


Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP YPPGI Geradus Adii Merauke masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan meliputi: observasi, analisis, perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Data penelitian ini adalah berupa data proses dan data hasil penilaian pembelajaran. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu; hasil pengamatan, wawancara, hasil tindakan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I pertemuan I dengan presentasi 28,57%. Sedangkan pada pertemuan II siklus I hasil pembelajaran meningkat menjadi 57,14%. Hasil pembelajaran pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 85,71%. Sedangkan pada pertemuan II siklus II meningkat menjadi 100% dengan kriteria ketuntasan minimal.

Keywords


peningkatan, menulis teks deskripsi, teknik retrival jaringan semantik

Full Text:

PDF

References


Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEHATAN. Musamus Journal of Primary Education, 001–012. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.843

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1990). Qualitative Research for Education:An Introduction Theory And Methods. London: Allyn and Bacon, Inc.

Creswell, J. W. (2013). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dardjowidjojo. (2010). Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ghazali, S. A. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198–212.

Hermansyah, A. K., Harsiwi, N. E., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018, January 30). Increasing Indonesian Language Learning Results Through Reviewing Technique of Observation Result Through The Rotating Trio Exchange Method on Grade VI Students of Elementary School. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.303

Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13.

https://doi.org/10.29300/DISASTRA.V2I1.1998

Martutik, R. A. (2012). Menulis Dasar Berbasis Tugas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Nggaruaka, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunaka Teknik Retrival Jaringan Semantik Siswa Kelas Vii Smp Negeri I Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Universitas Negeri malang.

Nggaruaka, Hermasyah & Butarbutar, 2019. Pengenalan Bahasa Daerah Marori Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik. P.ISSN 2442-4544. Vol. 6 No. 2.

Nur, A. S., Nggaruaka, T., & Hermansyah, A. K. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) BAGI MASYARAKAT DI DISTRIK ULILIN. Sarwahita, 16(02), 105–115. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.02

Riwu, L., & Janjaan, B. J. (2017). Penyimpangan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS 1 Sma YPPK Yoanes XXIII Merauke. Magistra, 4(2), 114–122.

Satinem. (2015). Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Wahana Pembentuk Karakter Bangsa. Seminar Nasional Bulan Bahasa, 320–330.

Ur, P. (1996). A Course In Language Teaching. Practice And Teori. Cambrige: University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tobias Nggaruaka, Agus Kichi Hermansyah, Santi Monika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)