Pandangan Dunia Okky Madasari Tentang Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Achmad Sultoni, Hari Widi Utomo, Shintia Dwi Alika

Abstract


Sastra merupakan karya seni yang sarat akan pesan adiluhung. Pesan dalam karya sastra yang adiluhung tersebut perlu digali, di antaranya melalui sebuah kajian mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan dunia Okky Madasari tentang pendidikan karakter dalam novel Pasung Jiwa. Sumber data dalam penelitian adalah novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan metode mendeskripsikan data secara mendalam. Data dikumpulkan melalui tahapan pembacaan teks novel secara seksama, mengklasifikasikan data, menafsirkan hasil analisis data, mengkonfirmasi hasil analisis, dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat empat nilai karakter yang terdapat dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Keempat nilai Pendidikan karakter tersebut yaitu: religius, bersahabat, cinta damai, dan kerja keras. Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari relavan untuk menjadi bahan ajar guru dalam pembelajaran sastra di SMA karena novel Pasung Jiwa mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.


Keywords


pendidikan karakter, sastra, strukturalisme genetik, okky madasari

Full Text:

PDF

References


Faruk. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardinigtyas, Puji Retno. (2008). Implementasi Pengajaran Sastra Indonesia di Sekolah: Upaya Pemahaman Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Aksara. Denpasar: Slamat Trisila.

Madasari, Okky. (2015). Pasung Jiwa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Randi. (2019). Aspek Religius dan Moral Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas. Disastra, 1 (1), 65-70.

Rokhmansyah, A. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosyidi, dkk. (2010). Analisis Teks Sastra: Mengungkap Makna, Estetika, dan Ideologi dalam Perspektif Teori Formula, Semiotik, Hermenutik, dan Struktutalisme Genetik .Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sangidu. 2004. Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2017. Pedoman Penelitian Sastra Anak: Jakarta: YOI.

Sulistyowati, E. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Adi Parama.

Sudewo, E. 2011. Character Building. Jakarta: Republika.

Sultoni, Achmad dan Hubbi Saufan Hilmi. (2015). Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Kebangsaan Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 229-236.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Diunduh dari http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm.

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zakiyah, Y. Q. dan A. Rudiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Sultoni, Hari Widi Utomo, Shintia Dwi Alika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)