Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Audio-Lingual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 02 Rimbo Pengadang

Yosi Yulizah

Abstract


Kemampuan membaca sangatlah penting bagi siswa, tetapi pada kenyataannya kemampuan membaca siswa masih kurang. Hal ini disebabkan masih kurangnya pemusatan perhatian dan rendah minat membaca siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode Audio-Lingual pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas III SDN 02 Rimbo Pengadang. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas IIIA SDN 02 Rimbo Pengadang dengan objek 18 siswa. Di setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap aktivitas siswa, yaitu pada siklus I rata- rata 21.5 dalam kriteria “Cukup”, pada siklus II meningkat menjadi 27 termasuk dalam kriteria “Baik” dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 35.5 termasuk kriteria  “Sangat Baik”. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan membaca, yaitu ditunjukan dengan nilai rata-rata skor kondisi awal kemampuan membaca siswa adalah dengan kriteria “Kurang”, pada siklus I rata-rata skor 7.78 “Cukup”, Pada siklus II rata-rata skor 9.44 “Cukup” dan pada siklus III rata-rata skor 12.83 “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode Audio-Lingual tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas tetapi juga meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas rendah.


Keywords


kemampuan membaca, metode audio-lingual, bahasa Indonesia, PTK

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya,

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, (2011). Pendidikan Basaha dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS

Departemen Agama RI, (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro,.

Djago, Tarigan, (1997). Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lestari, Prembayun Miji. (2007). Bikin Kamu Tergila-gila Membaca. Yogyakarta: Book Magz.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Arikunto. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara,

Sudibyo, Bambang. (2008). UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI No 47 tahun 2008 tentang Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit ISC.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Hendri Guntur. (1991). Metodelogi Pengajaran Bahasa 2. Bandung: Angkasa.

Team Pustaka Phoenix. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Phonix,

Yamin, Martinis. (2010). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Perss.

Zuchdi, Darmiyati. (2007). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yosi Yulizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)