Penerapan Model Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Kelas VIII SMP PGRI Pagar Alam Tahun Pelajaran 2018/2019

Rani Agustina, Henny Nopriani

Abstract


Menulis teks eksposisi menduduki peraanan penting dalam pembelajaran menulis. Hal ini disebabkan menulis eksposisi adalah suatu proses untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas VIII SMP PGRI Pagar Alam Tahun 2018/019. Populasi berjumlah 230 orang. Sampel penelitian ini diambil secara bertujuan hanya 1 kelas yaitu kelas VII.4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja menulis teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model group investigatio (GI) dalam menulis teks eksposisi kelas VIII4 SMP PGRI Pagar Alam dapat diperoleh nilai rata-rata 85.5.


Keywords


teks, eksposisi, model investigasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Aulia, W. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 03 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 35. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1902

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrapindo Presada.

Djumingin. (2017). Teks Eksposisi dan Perangkatnya. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Efnawarty, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi Dengan Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Debat Pada Siswa Kelas Viii H Smp Negeri 1 Rejang Lebong. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 78. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1903

Huda, M. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: pustaka belajar.

Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Tanpa tempat terbit: Kata pena.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatf dan R&D, Penerbit Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rani Agustina, Henny Nopriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

disastra@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, Indonesia

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is indexed by:


DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0)