Evaluasi Program Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Quran Bakti Ilaahi Bengkulu
Abstract
Abstract:In Arabic language learning, many students struggle with practicing daily conversational skills. This study aims to evaluate the teacher performance program in Arabic language instruction at Quran Bakti Ilaahi Elementary School in Bengkulu. The research employs a qualitative approach using a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The findings reveal that, in general, teachers have prepared lesson plans in accordance with the existing curriculum. Furthermore, improvement efforts have been made by providing Arabic language instruction for non-Arabic teachers and training in Arabic teaching methods for Arabic language teachers. Therefore, it can be concluded that in order to succeed in both theoretical and practical aspects of Arabic learning, the school must create a supportive environment for Arabic conversation. It must also be supported by other teachers who can encourage students to engage in Arabic speaking activities.
Keywords: evaluation, teacher performance, Arabic language, Quranic elementary school
Abstrack : Dalam pembelajaran Bahasa Arab banyak anak yang lemah dalam praktek percakapan dalam keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kinerja guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Quran Bakti Ilaahi Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru telah menyusun perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selanjutnya telah dilaksanakan Upaya perbaikan dengan mengadakan pembelajaran Bahasa arab untuk guru non Bahasa arab dan pelatihan metode pembelajaran Bahasa arab untuk guru Bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa agar sukses dalam pembelajaran Bahasa Arab baik teori maupun praktek, sekolah harus memiliki lingkungan yang mendukung untuk percakapan bahsa Arab. Serta harus didukung guru lain untuk merangsang anak-anak agar mau percakapan menggunakan Bahasa Arab.
Kata Kunci : Evaluasi, kinerja guru, Bahasa Arab, Sekolah Dasar Quran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Mubib Abdul Wahab , PERAN BAHASA ARAB DALAM PENGEMBANGAN ILMU DAN PERADABAN ISLAM, Jakarta, Arabiyat, 2014, hal. 4
Latifah Salim, Peran Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan, Jurnal Adabiyah Vol.15Nomor2/2015, h.168
Siddiq, Umar, Etika dan Profesi Keguruan, 2018, Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung
Hamzah dan Nina, Tugas Guru dalam Pembelajaran, Bumi Aksara, 2016, h. 2
Simenze Joen dkk, Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru, Palu, Magama, 2022, h14
Muhammad Muspawi, Strategi peningkatan Kinerja Guru, Jambi, JIUBJ, h.101
Partomuan Harahap, Perbandingan Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup, Arabiyatuna, 2017,h.176
Irhamudin Abdullah, dkk, PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA,
Nisa Arrohmanh,. Dkk, MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS ISLAM
NGRUKI SUKOHARJO, Al-Fakkar,V.5.N.1, 2024 h.124
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8301
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8301.g5662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hilman Nugraha, Leppe Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







