Evaluasi Program Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Quran Bakti Ilaahi Bengkulu

Hilman Nugraha, Leppe Firmansyah

Abstract


Abstract:In Arabic language learning, many students struggle with practicing daily conversational skills. This study aims to evaluate the teacher performance program in Arabic language instruction at Quran Bakti Ilaahi Elementary School in Bengkulu. The research employs a qualitative approach using a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The findings reveal that, in general, teachers have prepared lesson plans in accordance with the existing curriculum. Furthermore, improvement efforts have been made by providing Arabic language instruction for non-Arabic teachers and training in Arabic teaching methods for Arabic language teachers. Therefore, it can be concluded that in order to succeed in both theoretical and practical aspects of Arabic learning, the school must create a supportive environment for Arabic conversation. It must also be supported by other teachers who can encourage students to engage in Arabic speaking activities.

Keywords: evaluation, teacher performance, Arabic language, Quranic elementary school

 

Abstrack : Dalam pembelajaran Bahasa Arab banyak anak yang lemah dalam praktek  percakapan dalam keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kinerja guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Quran Bakti Ilaahi Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru telah menyusun perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selanjutnya telah dilaksanakan Upaya perbaikan dengan mengadakan pembelajaran Bahasa arab untuk guru non Bahasa arab dan pelatihan metode pembelajaran Bahasa arab untuk guru Bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa agar sukses dalam  pembelajaran Bahasa Arab baik teori maupun praktek, sekolah harus memiliki lingkungan yang mendukung untuk percakapan bahsa Arab. Serta harus didukung guru lain untuk merangsang anak-anak agar mau percakapan menggunakan Bahasa Arab.

Kata Kunci : Evaluasi, kinerja guru, Bahasa Arab, Sekolah Dasar Quran


Keywords


evaluation, teacher performance, Arabic language, Quranic elementary school

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Mubib Abdul Wahab , PERAN BAHASA ARAB DALAM PENGEMBANGAN ILMU DAN PERADABAN ISLAM, Jakarta, Arabiyat, 2014, hal. 4

Latifah Salim, Peran Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan, Jurnal Adabiyah Vol.15Nomor2/2015, h.168

Siddiq, Umar, Etika dan Profesi Keguruan, 2018, Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung

Hamzah dan Nina, Tugas Guru dalam Pembelajaran, Bumi Aksara, 2016, h. 2

Simenze Joen dkk, Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru, Palu, Magama, 2022, h14

Muhammad Muspawi, Strategi peningkatan Kinerja Guru, Jambi, JIUBJ, h.101

Partomuan Harahap, Perbandingan Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup, Arabiyatuna, 2017,h.176

Irhamudin Abdullah, dkk, PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA,

Nisa Arrohmanh,. Dkk, MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS ISLAM

NGRUKI SUKOHARJO, Al-Fakkar,V.5.N.1, 2024 h.124




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8301

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v5i2.8301.g5662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hilman Nugraha, Leppe Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :