Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Bengkulu
Abstract
Abstract: Islamic religious education has not played an optimal role, characterized by a moral crisis in students, and the professionalism of teachers is still weak. The purpose of this paper is to map and analyze the role of Islamic religious education in improving students' character. Using a descriptive qualitative method. The data sources are both primary data and secondary data. The results of the study can be concluded that in general, Islamic religious education has played a sufficient role in improving the character of students, Islamic religious education is used as the foundation of moral education for the nation's children, forming the attitude and behavior of student tolerance such as mutual respect, mutual respect, mutual help, mutual cooperation, mutual care, mutual advice, but the role is not optimal, there are still human resources still less professional and lacking quality, the welfare of educators is still low, the learning orientation is more cognitive, the approach to learning methods is still weak, the cost of education is still relatively low, resulting in the character of students not improving and even becoming a serious threat to the next generation which is increasingly uneven. Thus, it can be suggested that to improve the character of students, then increase the role of Islamic religious education in madrasas.
Keywords: The Role of Islamic Religious Education, Student Character, Madrasah Ibtidaiyah
Abstrak: Pendidikan agama Islam belum berperan secara optimal, ditandai dengan terjadinya krisis moral pada siswa, dan profesionalitas guru masih lemah. Tujuan tulisan ini untuk memetakan dan menganalisis peran pendidikan agama Islam dalam meningkakan karakter siswa. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumberdata baik data primer maupuan data skunder. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum pendidikan agama Islam telah cukup berperan dalam meningkatkan karakter siswa, pendidikan agama Islam dijadikan sebagai pondasi pendidikan moral anak bangsa, membentuk sikap dan perilaku toleransi siswa seperti saling menghormati, saling menghargai, saling tolong menolong, gotong royong, saling menjaga, saling menasehati dalam kebaikan, namun perannya belum optimal, masih terdapat sumberdaya manusia masih kurang professional dan kurang berkualitas, kesejahteraan tenaga pendidik masih rendah, orientasi pembelajaran lebih bersifat kognitif, pendekatan metode pembelajaran masih lemah, biaya pendidikan masih tergolong rendah, sehingga mengakibatkan karakter siswa belum meningkat bahkan menjadi ancaman serius bagi generasi berikutnya yang semakin senjang. Dengan demikian dapat disarankan, bahwa untuk meningkatkan karakter siswa, maka tingkatkan peran pendidikan agama Islam di madrasah.
Kata kunci: Peran Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa, Madrasah Ibtidaiyah
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Abdurahman Jemani, and M. Afif Zamroni, ‘Tantangan Pendiddikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0’, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16.2 (2020), 126–40
Achmad Sudaryo, ‘Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia’, INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1.1 (2023), 1–9
Alkhasanah, Nuraini, Darsinah, and Ernawati, ‘Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10.2 (2023), 355–65
Apriyanti, Nurliana, ‘Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Berorientasi Pada Karakter Siswa’, Jurnal Pendidikan Dasar, 2020
Arifand, Agus, Salsabila Enggar Fathikasari, Meytri Kurniasih, Novi Fitriyani Rahmadani, Aprilia Putri, Agus Andrian Setiawan, and others, ‘Membangun Harmoni Dan Toleransi Melalui Moderasi Beragama’, Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4.2 (2023), 164–77
Dr. Qolbi Khoiri, M.Pd.I, ‘Pondok Pesantren Dan Peradaban Modern; Eksistensi, Potensi, Dan Proyeksi Dalam Menghadapi Nilai-Nilai Peradaban Modern’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2020, 12–26
Efendy, Rustan, and Irmwaddah Irmwaddah, ‘PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA’, Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2022, Dialekt. J. Pendidik. Agama Islam
Efifani Krismitha Saroro, ‘Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar’, SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 1.1 (2022), 65–74
Elisa, Singgih Adhi Prasetyo, and Husnul Hadi, ‘Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka’, Mimbar PGSD Undiksha, 7.2 (2019), 114–21
Emilda, Andri, Khairiah, and Aisyah, ‘Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah’, JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2.1 (2021), 114–21
Faruk, Majida dkk, ‘Pendidikan Islam Di Tengah Masyarakat Multikultural’, Aksara Kamanua: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2.1 (2023), 54
Gantini, Herlina, and Endang Fauziati, ‘Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian Dalam Perspektif Behaviorisme’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3.2 (2021), 145–52
Huberman, Michael, ‘Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study’, American Educational Research Journal, 27.2 (1990), 363–91
Hulu, Yuniman, ‘Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa’, JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4.1 (2021), 18–23
Ikhwan, M., Azhar, Dedi Wahyudi, and Afif Alfiyanto, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Moderasi Beragama Di Indonesia’, Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 21.1 (2023), 1–15
Imamah, Yuli Habibatul, Etika Pujianti, and Dede Apriansyah, ‘Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa’, Jurnal Mubtadiin, 7.02 (2021), 1–11
Izzah, Ismatul, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani’, Pedagogik : Jurnal Pendidikan, 5.1 (2018), 50–68
Izzah, Lathifatul, ‘PENGUATAN KEISLAMAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER’, Lierasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 no 2 (2015)
Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10.2 (2020), 257–64
Jannah, Atiratul, ‘PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4.1 (2023), 88–100
Khairiah, Alfauzan Amin, Muassomah, Mira Mareta, Sulistyorini, and Mirna Yusuf, ‘Challenges to Professional Teacher Development through Workplace Culture Management’, International Journal of Evaluation and Research in Education , 13.2 (2024), 714–22
Khairiah, Khairiah, ‘Peran Fungsi Evaluasi Dalam Lembaga Pendidikan ( Program Pembelajaran )’, XV.1 (2022), 31–39
Khairiah, Khairiah, Zulfi Mubaraq, Asmendri Asmendri, Suswati Hendriani, Dahniar Th Musa, and Adison Adrianus Sihombing, ‘Delegitimization of Leadership in Overcoming Difficulties in Online Learning during the COVID-19 Pandemic’, World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14.3 (2022), 726–39
Khasanah, Indy Ilmi, and Deni Setiawan, ‘Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Lagu Penguatan Pendidikan Karakter’, Jurnal Basicedu, 6.5 (2022), 8529–36
Naimah, K, ‘Pendidikan Agama Islam Sebagai Basic Education Anak Usia Dini’, El Wahdah, 1 (2020), 91
Ningsih, Tutuk, ‘Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas’, INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24.2 (2019), 220–31
Nurazizah, Afifah, Ajat Rukajat, and Khalid Ramdhani, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Milenial’, PeTeKa, 5.3 (2022), 361–72
Nurhidaya, Nurhidaya, Adri Lundeto, and Meiskyarti Luma, ‘Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah’, Journal of Elementary Educational Research, 1.2 (2021), 56–67
Pradana, Yudha, ‘PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH’, 4.August (2016), 30–59
Prayogo, Tonny Ilham, ‘Implementasi Nilai Islamisasi Ilmu Dalam Membendung Arus Westernisasi’, EL-FIKR: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 4.2 (2023), 206–23
Rahmadania, Sinta, ‘PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang * Corresponding Author . E-Mail : Sintarahmadania192609@gmail.Com Pendidikan Dalam Keluarga Merupaka’, Edumaspul, 5.2 (2021), 221–26
Rohima, Siti, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Era Industri 4.0’, Ittihad, 4.1 (2020), 62–71
Sa’dijah, Sari Laela, and M. Misbah, ‘Internasilasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa’, Jurnal Kependidikan, 9.1 (2021), 83–98
Safitri Safitri, Sa’baniah Sa’baniah, and Eko Nursalim, ‘Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kaubun’, ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2.1 (2023), 30–45
Sakti, Bayu Purbha, ‘Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar’, Magistra Unwidha Klaten, 30.101 (2017), 1
Samsudin, Samsudin, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi’, Jurnal Pemikiran Keislaman, 30.1 (2019), 148–65
Sapitri, Amelia, Amirudin, and Mimin Maryati, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Revitalisasi Pendidikan Karakter’, Al-Afkar: Jurnal for Islamic Studies, 5.1 (2022), 252–67
Shinta, Mutiara, and Siti Quratul Ain, ‘Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2021), 4045–52
Sihotang, S A, ‘Pendidikan Agama Islam Dan Kesehatan Mental Remaja Dalam Pemikiran Zakiah Daradjat’, 2020, 117
Wiranata, Rz. Ricky Satria, ‘Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0’, Al-Manar, 8.1 (2019), 61–92
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4644
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4644.g3523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aida Susanti, Asraf Yasid, Mersi Titi Sari, Dea Meike Dwi Putri, Inndi Sifa Urrohmah, Elisah Veby Alvita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :