Optimalisasi Supervisi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Madrasah Aliyah di Bengkulu

Okta Riski Tata Negara, Sofya Agustina, Helen Mahlena, Leza Apriyanti, Nadsrotul Furoidah, Adam Kurniawan

Abstract


Abstract: Leadership supervision has not been optimally carried out, so the professionalism of teachers has not increased. The purpose of this study is to describe and analyze the optimization of leadership supervision in improving the professionalism of Madrasah Aliyah teachers in Bengkulu. Using a descriptive qualitative method. The results of the study show that: (1) Leadership Supervision has been carried out through supervision based on the Pancasila philosophy in improving the learning process, but there is still leadership of school principals who have not optimally supervised it; (2) The professionalism of some teachers has not improved, because some teachers have not been able to show their professionalism in their work; (3) Supervision has not been optimally carried out by the leadership, so the professionalism of teachers has not increased. Therefore, it can be concluded that the optimization of leadership supervision can improve the professionalism of teachers. Thus, it can be suggested, to improve the professionalism of teachers, then optimize leadership supervision in Madrasas.

Keywords: Optimization, Leadership Supervision, and Teacher Professionalism

 

Abstrak: Supervisi kepemimpinan belum optimal dilakukan, sehingga profesionalitas guru belum meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi supervisi kepemimpinan dalam meningkatkan profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bengkulu. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Supervisi Kepemimpinan sudah dilaksanakan melalui pengawasan yang berlandasan falsafah pancasila dalam meningkatkan proses pembelajaran, namun masih ada kepemimpinan kepala sekolah yang belum optimal melakukan supervisi; (2) Profesionalitas sebagian guru belum meningkat, karena sebagian guru belum mampu menunjukkan keprofesionalannya dalam bekerja; (3) Supervisi belum optimal dilakukan oleh kepemimpinan, sehingga profesionalitas guru belum meningkat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa optimalisasi supervisi kepemimpinan dapat meningkatkan profesionalitas guru. Dengan demikian dapat disarankan, untuk meningkatkan profesionalitas guru, maka optimilisasikanlah surpevisi kepemimpinan di Madrasah.

Kata kunci: Optimalisasi, Supervisi Kepemimpinan, dan Profesionalitas Guru


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Achmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Prespektif Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).

Alma buchari, Guru Profesional, edisi revisi (Bandung: alfabeta, 2012).

Aroman, B., & Khairiah, K. (2023). Leadership Effectiveness in Improving the Professionalism of Madrasah Aliyah Teachers in Bengkulu. Al-Khair Journal: Management, Education, and Law, 3(2), 310-324.

Azizah, A. N. I., Abrori, M. S., Sabrina, A., Dzakiyyah, A., Hasan, A. M., Putra, A. S. A., ... & Ivany, Z. (2024). Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Penerbit Tahta Media.

Bambang Ismaya, Pengelolaan Pendidikan, Bandung, PT. Revika Aditama, 2015).

Faujiah, S., Afriza, A., & Andriani, T. (2023). Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 886-895.

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.

Maryam Rassouli and others, ‘COVID-19 Management in Iran as One of the Most Affected Countries in the World: Advantages and Weaknesses’, Frontiers in Public Health, 8.September (2020), 2019–21 https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00510>.

Michael Huberman, ‘Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study’, American Educational Research Journal, 27.2 (1990), 363–91 .

Megiati YE, Pratiwi NK. Persepsi Guru atas Supervisi Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. SAP (Susunan Artik Pendidikan). 2021;6(1). doi:10.30998/sap.v6i1.9357

Muhammad Amir Mahmud, (Gaya Kepemimpinan dan supervisi kepla madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di maputra al- ishlahudidiny kedir), Volume 5, Nomor 2, Agustus 2023, Jurnal Manajemen dan Pendidikan. Tahun 2023, hal. 669

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Cet. XI; Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005)

Khairiah, A. A., Amin, A., Muassomah, M., Mareta, M., Sulistyorini, S., & Yusuf, M. Challenges to professional teacher development through workplace culture management. Int J Eval & Res Educ ISSN, 2252(8822), 8822.

Khairiah, K., & Zakaria, Z. (2019, April). Organizational Culture and the Improvement of Teacher Performance. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 250-253). Atlantis Press.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta, 4, 118-134.

Riduwan, dkk, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru, (Bandung, Alfabeta, 2010).

Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawli Pres, 1992)

Soetjipto dan kosasi Raflis, Profesi Keguruan (Cetakan. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Sulani, S., Liana, R., & Khairiah, K. (2022). Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Madrasah IBTIDAIYAH. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1).

Suharsimi Arikunto, Manajemen Secara Manusiawi (Jakarta: Rineka Cipta, 1993), h. 236.

Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2014)

Suprihatiningrum jamil, guru profesional, Cetakan II (Jogjakarta: ARUZZ media, 2014), 45-46

Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16-25.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, (Cetatakan I; Jakarta: Quantum Teaching, 2005)

Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan guru profesional menghadapi generasi alpha.

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222-1230.

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61-66.

Zubaidah, Z., Muhajir, A., Muhajir, A., Barus, J., & Khairiah, K. (2022). Optimalisasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pidie Jaya. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 112-121.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4625

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4625.g3500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Okta Riski Tata Negara, Sofya Agustina, Helen Mahlena, Leza Apriyanti, Nadsrotul Furoidah, Adam Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :