Mispersepsi Evaluasi dalam Pengelolaan Kelembagaan Pendidikan Islam di Indonesia

Kardiyo Kardiyo, Ririn Handayani, Vera Nopianti

Abstract


Abstract: Management of educational institutions still has misunderstandings in evaluations, characterized by immature and inconsistent strategic plans because they are not balanced with budget availability, resulting in plans being left to plan, there is no ability to implement the strategic plan. The aim of this research is to evaluate misperceptions in the management of educational institutions. Using descriptive qualitative methods. The sources of information in this research use various sources, both online media data and print media data, including scientific books, national and international scientific articles. The data obtained went through several stages of data collection, data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results of the research can be concluded that there has been a misperception of evaluation in the management of Islamic educational institutions due to a lack of understanding of the standards for managing educational institutions, resulting in misunderstanding of the provisions set out, and budget limitations, so that the programs that have been prepared cannot be implemented. Thus, it can be suggested that to avoid misperceptions, increase evaluation in the management of Islamic school education institutions in Indonesia. Keywords: Misperception, Evaluation, Islamic Education Institutions Abstrak: Pengelolaan kelembagaan pendidikan masih terjadi salah persepsi dalam evaluasi, ditandai dengan rencana strategis yang tidak matang dan tidak konsisten disebabkan tidak diimbangi dengan ketersediaan anggaran, sehingga mengakibatkan rencana tinggal rencana, tidak ada kemampuan dalam mengimplementasikan renstra. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi mispersepsi dalam pengelolaan kelembagaan Pendidikan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber informasi dalam penelitian ini, menggunakan berbagai sumber, baik data media online maupun data media cetak, meliputi buku-buku ilmiah, artikel ilmiah baik nasional maupun internasional. Data yang didapat melalui beberapa tahapan pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian dapat disimpulkan telah terjadi mispersepsi evaluasi dalam pengelolaan kelembagaan pendidikan Islam disebabkan karena kurangnya pemahaman tentang standar pengelolaan kelembagaan pendidikan, sehingga terjadi salah dalam memahami ketentuan yang ditetapkan, dan keterbatasan anggaran, sehingga program yang telah disusun tidak bisa diimplementasikan. Dengan demikian dapat disarankan untuk tidak terjadi salah persepsi, maka tingkatkanlah evaluasi dalam pengelolaan kelembagaan pendidikan Islam sekolah di Indonesia. Kata kunci: Mispersepsi, Evaluasi, Kelembagaan Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Aziz. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah

Gagasan Membangun Pendidikan Islam.

Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.

Abu Muhammad Iqbal. Pemikiran Pendidikan

Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam 1.

Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Akyuni, Q. (2018). Pengorganisasian dalam

Pendidikan Islam. Serambi

Tarbawi, 6(2).

Alfyan Nur Wardana, pengaruh persepsi siswa

SMAN 2 Samarinda Terhadap Minat

Dalam Memilih Universitas

Mulawarman. Journal llmu

Komunikasi, 2018, Volume 6, Nomor 4,

hal.333

Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 17 |

No.|2019

Anas Sudjiono. Pengantar Evaluasi Pendidikan.

Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum,

(Yogyakarta: C.V Andi, 2017), hal.102

Dalmia, D., & Alam, F. A. (2021). Evaluasi

Program Model Context dan Input

dalam Bimbingan Konseling. Jurnal

Bimbingan Konseling Dan

Psikologi, 1(2), 111-124.

Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka

Cipta, 2012. Haidar Putra Daulay.

Pendidikan Islam Dalam Perspektif

Filsafat. Jakarta: Kencana, 2014.

Doyok, R. (2021). Model evaluasi CIPP dalam

mengevaluasi program tahfiz selama

daring di SMP Islam Al-Ishlah

Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan,

Sosial, dan Budaya, 7(3), 73-82.

Ernita Arif, Strategi Komunikasi Lembaga

Pendidikan Islam Terpadu, (Studi Pada

Lembaga Pendidikan Adzkia Kota

Padang, 2021), hlm. 2.

Farida Yusuf Tayibnapis, Evaluasi Program dan

Instrumen Evaluasi untuk Program

Pendidikan dan Penelitian, (Jakarta:

Rineka Cipta, 2008), h. 7

Gege Agus S, “Integrasi Pendidikan Hindu

dalam PembelajaranBahasa Sansk

Hidayah, N. (2021). Pengelolaan Lembaga

Pendidikan Islam Swasta Berbasis

Moderasi Beragama. Edukasi Islami:

Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Huberman, M. (1990). Linkage Between

Researchers and Practitioners: A

Qualitative Study. American

Educational Research Journal, 27(2),

–391.

https://doi.org/10.3102/0002831202700

Imam Faizin, Strategi Pemasaran Jasa

Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai

Jual Madrasah. Madaniyah 7(2), 2017,

hlm. 261-283.

Ismail, S., & Khairiah, K. The Function of

Institutional Evaluation in the Quality

of Madrasah Aliyah Education in

Indonesia.

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta:

Raja Grafindo Persada, 1994). Hal 60.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan

model evaluasi CIPP dalam

mengevaluasi program layanan PAUD

holistik integratif. PERNIK, 1(1), 10-25.

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The effects

of university leadership management:

efforts to improve the education

quality of state institute for Islamic

studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal

Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-

Khairiah, K. (2019). Dari Ruang Kelas: Evaluasi

Kelembagaan Pendidikan Islam

Program Studi manajemen Pendidikan

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Website: www.uinfasbengkulu.ac.id

URL : https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/index

Email: jmkhair@iainbengkulu.ac.id

E-ISSN : 2808-4632

P-ISSN : 2808-828X

Contak person : 0853-8130-5810/0852-6824-1677

Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu.

Khairiah, K. Peran Fungsi Evaluasi Dalam

Lembaga Pendidikan (Program

Pembelajaran).

Khairiah, K., & Irsal, I. (2023). Fungsi Evaluasi

Kelembagaan Dalam Meningkatkan

Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

di Kota Bengkulu. Annizom, 8(2), 24-37.

Khairiah, K. (2021). Kinerja Guru Dalam

Perspektif Budaya Organisasi,

Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja.

Khairiah, K., Mulyadi, M.dkk. (2023).

Misperceptions of Leadership in

Education Management in the

Metaverse Era. Migration

Letters, 20(6), 465-481.

Khairiah, K., Mubaraq, Z., Asmendri, A., &

Hendriani, S. (2022). Delegitimization

of leadership in overcoming difficulties

in online learning during the COVID-19

pandemic. World Journal on

Educational Technology: Current Issues,

-739.

Khairiah, K. PENGARUH IMPLEMENTASI

KURIKULUM BERBASIS KKNI

TERHADAP PENINGKATAN MUTU

PENDIDIKAN PTAIN.

Kurniawati, E. W. (2020). Evaluasi Program

pendidikan perspektif model cipp

(context, input, process,

product). GHAITSA: Islamic Education

Journal, 1(1), 19-25.

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019).

Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam

Mengevaluasi Program Layanan PAUD

Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346-

Meliza,” Persepsi Masyarakat Sukaraja, Rejang

Lebong Terhadap Edaran Menteri

Agama Nomor: SE. 6. Tahun 2020

Mengenai Tata Cara beribadah Saat

Pandemi” Jurnal Penelitian dan

Pengabdian Masyarakat Vol. 9 No. 1,

Hal.6

Muyana, S. (2017). Context Input Process

Product (CIPP): Model Evaluasi

Layanan Informasi. In Prosiding

Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol.

, No. 1, pp. 342-347).

Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A.

(2022). Model evaluasi CIPP dalam

mengevaluasi program pendidikan

karakter sebagai fungsi

pendidikan. Jurnal Inovasi

Penelitian, 2(8), 2353-2362.

Nursobah, A. (2022). The manajemen

pembiayaan pada lembaga pendidikan

Islam. An-Nahdliyyah: Jurnal Studi

Keislaman, 1(1).

Nyhan, B., & Reifler, J. (2010). Ketika koreksi

gagal: Bertahannya kesalahan persepsi

politik. Perilaku Politik, 32(2), 303–330.

https://doi. org/10.1007/s11109-010-

-2.

Pennycook, G., McPhetres, J., Bago, B., &

Rand, D. G. Predictors of attitudes and

misperceptions about COVID-19 in

Canada, the U.K., and the U.S.A.

(2020). PsyArXiv [Working Paper], 19,

–25.

Rabbani, A. R., & Khairiah, K. (2012). Evaluasi

Fungsi Kepemimpinan Dalam

Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Sekolah Dasar Di Bengkulu. Al-Khair

Journal: Management, Education, and

Law, 2(2), 83-94.

Sari, L. M. (2018). Evaluasi dalam pendidikan

Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan

Islam, 9(2), 211-231.

Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Evaluasi

Program Pendidikan

Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan

Agama Islam, 2(1), 65-74.

Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Website: www.uinfasbengkulu.ac.id

URL : https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/index

Email: jmkhair@iainbengkulu.ac.id

E-ISSN : 2808-4632

P-ISSN : 2808-828X

Contak person : 0853-8130-5810/0852-6824-1677

Sukardi. Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan

Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara,

Siti Khodijah dan Mohammad Syahidul Haq,

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah

dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Di Masa Pandemi Covid-19, Manajemen

Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Universitas Negeri Surabaya, hlm. 159.

Sumadi, S., Kusumaningrum, S., & Rahayu, D.

(2023). Implementasi Model Evaluasi

Context, Input, Process, and Product

(CIPP) dalam Program Asistensi

Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten

Sorong. MATHEMA: Jurnal Pendidikan

Matematika, 5(1), 20-29.

Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., &

Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen

Kepemimpinan dalam Pengelolaan

Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332-338.

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Syamsul Kurniawan. Ilmu Pendidikan Islam

Sebuah Kajian Komprehensif.

Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.

Syamsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam

Pendekatan Historis, Teoritis, Dan

Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W.,

Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S.

(2022). Literature review: evaluasi

keterlaksanaan kurikulum 2013

menggunakan model evaluasi cipp

(context, input, process, dan

product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-

Uci Sanusi, and Rudi Ahmad Suryadi. Ilmu

Pendidikan Islam. Yogyakarta:

Deepublihs, 2018.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pennycook, G., McPhetres, J., Bago, B., & Rand,

D. G. (2020). Predictors of attitudes and

misperceptions about COVID-19 in

Canada, the U.K., and the U.S.A.

PsyArXiv [Working Paper], 19, 1–25.

https://psyarxiv.com/zhjkp/.

Prasetyo, M. A. M., & Salabi, A. S. (2021).

Model evaluasi dan instrumen

program pendidikan pelatihan di

lembaga pendidikan Islam. IDARAH|

Jurnal Pendidikan Dan

Kependidikan, 5(2), 101-117.

Warlizasusi, J. (2018). Analisis Perencanaan

Strategis, Rencana Strategis Dan

Manajemen Strategis STAIN Curup

-2019. Tadbir: Jurnal Studi

Manajemen Pendidikan, 2(2), 155-180.

Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Standar,

Aplikasi, dan Profesi, (Jakarta: Rajawali

Pers, 2012), h. 92

Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan

Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan

Pendidikan Islam. An Nida.

Zaenal Arifin. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip,

Tehnik, Prosedur. Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2009.

Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam.

Jakarta: Bumi Aksara, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4622

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4622.g3497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kardiyo Kardiyo, Ririn Handayani, Vera Nopianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :