Mispersepsi Evaluasi dalam Pengelolaan Kelembagaan Pendidikan Islam di Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdul Aziz. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah
Gagasan Membangun Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Abu Muhammad Iqbal. Pemikiran Pendidikan
Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam 1.
Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Akyuni, Q. (2018). Pengorganisasian dalam
Pendidikan Islam. Serambi
Tarbawi, 6(2).
Alfyan Nur Wardana, pengaruh persepsi siswa
SMAN 2 Samarinda Terhadap Minat
Dalam Memilih Universitas
Mulawarman. Journal llmu
Komunikasi, 2018, Volume 6, Nomor 4,
hal.333
Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 17 |
No.|2019
Anas Sudjiono. Pengantar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum,
(Yogyakarta: C.V Andi, 2017), hal.102
Dalmia, D., & Alam, F. A. (2021). Evaluasi
Program Model Context dan Input
dalam Bimbingan Konseling. Jurnal
Bimbingan Konseling Dan
Psikologi, 1(2), 111-124.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka
Cipta, 2012. Haidar Putra Daulay.
Pendidikan Islam Dalam Perspektif
Filsafat. Jakarta: Kencana, 2014.
Doyok, R. (2021). Model evaluasi CIPP dalam
mengevaluasi program tahfiz selama
daring di SMP Islam Al-Ishlah
Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan,
Sosial, dan Budaya, 7(3), 73-82.
Ernita Arif, Strategi Komunikasi Lembaga
Pendidikan Islam Terpadu, (Studi Pada
Lembaga Pendidikan Adzkia Kota
Padang, 2021), hlm. 2.
Farida Yusuf Tayibnapis, Evaluasi Program dan
Instrumen Evaluasi untuk Program
Pendidikan dan Penelitian, (Jakarta:
Rineka Cipta, 2008), h. 7
Gege Agus S, “Integrasi Pendidikan Hindu
dalam PembelajaranBahasa Sansk
Hidayah, N. (2021). Pengelolaan Lembaga
Pendidikan Islam Swasta Berbasis
Moderasi Beragama. Edukasi Islami:
Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Huberman, M. (1990). Linkage Between
Researchers and Practitioners: A
Qualitative Study. American
Educational Research Journal, 27(2),
–391.
https://doi.org/10.3102/0002831202700
Imam Faizin, Strategi Pemasaran Jasa
Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai
Jual Madrasah. Madaniyah 7(2), 2017,
hlm. 261-283.
Ismail, S., & Khairiah, K. The Function of
Institutional Evaluation in the Quality
of Madrasah Aliyah Education in
Indonesia.
Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 1994). Hal 60.
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan
model evaluasi CIPP dalam
mengevaluasi program layanan PAUD
holistik integratif. PERNIK, 1(1), 10-25.
Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The effects
of university leadership management:
efforts to improve the education
quality of state institute for Islamic
studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal
Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-
Khairiah, K. (2019). Dari Ruang Kelas: Evaluasi
Kelembagaan Pendidikan Islam
Program Studi manajemen Pendidikan
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Website: www.uinfasbengkulu.ac.id
URL : https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/index
Email: jmkhair@iainbengkulu.ac.id
E-ISSN : 2808-4632
P-ISSN : 2808-828X
Contak person : 0853-8130-5810/0852-6824-1677
Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu.
Khairiah, K. Peran Fungsi Evaluasi Dalam
Lembaga Pendidikan (Program
Pembelajaran).
Khairiah, K., & Irsal, I. (2023). Fungsi Evaluasi
Kelembagaan Dalam Meningkatkan
Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
di Kota Bengkulu. Annizom, 8(2), 24-37.
Khairiah, K. (2021). Kinerja Guru Dalam
Perspektif Budaya Organisasi,
Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja.
Khairiah, K., Mulyadi, M.dkk. (2023).
Misperceptions of Leadership in
Education Management in the
Metaverse Era. Migration
Letters, 20(6), 465-481.
Khairiah, K., Mubaraq, Z., Asmendri, A., &
Hendriani, S. (2022). Delegitimization
of leadership in overcoming difficulties
in online learning during the COVID-19
pandemic. World Journal on
Educational Technology: Current Issues,
-739.
Khairiah, K. PENGARUH IMPLEMENTASI
KURIKULUM BERBASIS KKNI
TERHADAP PENINGKATAN MUTU
PENDIDIKAN PTAIN.
Kurniawati, E. W. (2020). Evaluasi Program
pendidikan perspektif model cipp
(context, input, process,
product). GHAITSA: Islamic Education
Journal, 1(1), 19-25.
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019).
Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam
Mengevaluasi Program Layanan PAUD
Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346-
Meliza,” Persepsi Masyarakat Sukaraja, Rejang
Lebong Terhadap Edaran Menteri
Agama Nomor: SE. 6. Tahun 2020
Mengenai Tata Cara beribadah Saat
Pandemi” Jurnal Penelitian dan
Pengabdian Masyarakat Vol. 9 No. 1,
Hal.6
Muyana, S. (2017). Context Input Process
Product (CIPP): Model Evaluasi
Layanan Informasi. In Prosiding
Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol.
, No. 1, pp. 342-347).
Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A.
(2022). Model evaluasi CIPP dalam
mengevaluasi program pendidikan
karakter sebagai fungsi
pendidikan. Jurnal Inovasi
Penelitian, 2(8), 2353-2362.
Nursobah, A. (2022). The manajemen
pembiayaan pada lembaga pendidikan
Islam. An-Nahdliyyah: Jurnal Studi
Keislaman, 1(1).
Nyhan, B., & Reifler, J. (2010). Ketika koreksi
gagal: Bertahannya kesalahan persepsi
politik. Perilaku Politik, 32(2), 303–330.
https://doi. org/10.1007/s11109-010-
-2.
Pennycook, G., McPhetres, J., Bago, B., &
Rand, D. G. Predictors of attitudes and
misperceptions about COVID-19 in
Canada, the U.K., and the U.S.A.
(2020). PsyArXiv [Working Paper], 19,
–25.
Rabbani, A. R., & Khairiah, K. (2012). Evaluasi
Fungsi Kepemimpinan Dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran
Sekolah Dasar Di Bengkulu. Al-Khair
Journal: Management, Education, and
Law, 2(2), 83-94.
Sari, L. M. (2018). Evaluasi dalam pendidikan
Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan
Islam, 9(2), 211-231.
Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Evaluasi
Program Pendidikan
Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan
Agama Islam, 2(1), 65-74.
Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Website: www.uinfasbengkulu.ac.id
URL : https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/index
Email: jmkhair@iainbengkulu.ac.id
E-ISSN : 2808-4632
P-ISSN : 2808-828X
Contak person : 0853-8130-5810/0852-6824-1677
Sukardi. Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan
Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara,
Siti Khodijah dan Mohammad Syahidul Haq,
Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Di Masa Pandemi Covid-19, Manajemen
Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Surabaya, hlm. 159.
Sumadi, S., Kusumaningrum, S., & Rahayu, D.
(2023). Implementasi Model Evaluasi
Context, Input, Process, and Product
(CIPP) dalam Program Asistensi
Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten
Sorong. MATHEMA: Jurnal Pendidikan
Matematika, 5(1), 20-29.
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., &
Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen
Kepemimpinan dalam Pengelolaan
Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332-338.
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Syamsul Kurniawan. Ilmu Pendidikan Islam
Sebuah Kajian Komprehensif.
Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.
Syamsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam
Pendekatan Historis, Teoritis, Dan
Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W.,
Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S.
(2022). Literature review: evaluasi
keterlaksanaan kurikulum 2013
menggunakan model evaluasi cipp
(context, input, process, dan
product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-
Uci Sanusi, and Rudi Ahmad Suryadi. Ilmu
Pendidikan Islam. Yogyakarta:
Deepublihs, 2018.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional
Pennycook, G., McPhetres, J., Bago, B., & Rand,
D. G. (2020). Predictors of attitudes and
misperceptions about COVID-19 in
Canada, the U.K., and the U.S.A.
PsyArXiv [Working Paper], 19, 1–25.
https://psyarxiv.com/zhjkp/.
Prasetyo, M. A. M., & Salabi, A. S. (2021).
Model evaluasi dan instrumen
program pendidikan pelatihan di
lembaga pendidikan Islam. IDARAH|
Jurnal Pendidikan Dan
Kependidikan, 5(2), 101-117.
Warlizasusi, J. (2018). Analisis Perencanaan
Strategis, Rencana Strategis Dan
Manajemen Strategis STAIN Curup
-2019. Tadbir: Jurnal Studi
Manajemen Pendidikan, 2(2), 155-180.
Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Standar,
Aplikasi, dan Profesi, (Jakarta: Rajawali
Pers, 2012), h. 92
Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan
Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan
Pendidikan Islam. An Nida.
Zaenal Arifin. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip,
Tehnik, Prosedur. Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2009.
Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam.
Jakarta: Bumi Aksara, 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4622
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4622.g3497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kardiyo Kardiyo, Ririn Handayani, Vera Nopianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







