Implementasi Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Self Management untuk Mereduksi Perilaku Kecanduan Bermain Game Online (online game addicted) dan Penggunaan Media Sosial

Lesmiatul Aini

Abstract


Abstract: It is difficult for students to excel in academics, because of the negative impact of addiction to playing online games, causing students to not focus on studying, to behave badly socially, to withdraw from social interactions in the real world. The aim of the research is to describe the implementation of group counseling self-management techniques in reducing the addictive behavior of playing excessive online games on social media. Using descriptive qualitative methods, a collaborative and participatory classroom action research approach in 3 cycles and 9 meetings where each cycle consists of planning, implementation and observation, and reflection. The sample includes 30 class VII students at MTs Negeri 01 Bengkulu City, academic year 2023-2024, the research focus is on reducing addictive behavior in playing online games (online game addicted) and excessive use of social media for students. Data collection techniques through observation, tests and practice. The results of the research can be concluded that the implementation of selfmanagement technique group counseling can reduce addictive behavior in playing online games and excessive use of social media for students. Thus, it can be suggested that students are not addicted to excessive playing of online games and social media, then implement self-management technique group counseling at school. Keywords: Group Counseling, Self Management Techniques, Reduction, and Social Media Abstrak: Siswa sulit berprestasi dibidang akademik, karena dampak negative kecanduan bermain game online, menyebabkan siswa tidak focus dalam belajar, berperilaku sosial buruk, menarik diri dari interaksi sosial di dunia nyata. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi konseling kelompok teknik self managemen dalam mereduksi perilaku kecanduan bermain game online berlebih di media sosial. Menggunakan metode kualitatif dekskriptif, pendekatan tindakan kelas (Classroom Action Research) secara kolaboratif dan partisipatif dalam 3 siklus dan 9 pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Sampel meliputi siswa kelas VII berjumlah 30 siswa di MTs Negeri 01 Kota Bengkulu, Tahun akademik 2023-2024, fokus penelitian pada mereduksi perilaku kecanduan bermain game online (online game addicted) dan penggunaan media sosial berlebihan bagi siswa. Teknik pengumpulan data melalui, obeservasi, tes dan praktek. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa impelentasi konseling kelompok teknik self management dapat mereduksi perilaku kecanduan bermain game online dan penggunaan media sosial berlebihan bagi siswa. Dengan demikian dapat disarankan agar siswa tidak kecanduan bermain game online dan media sosial yang berlebihan, maka implementasikan konseling kelompok teknik self management di sekolah. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Mereduksi, dan Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amaliyah, Amaliyah, Hamzah Hamzah, and

Farial Farial, ‘Layanan Konseling

Kelompok Dengan Teknik Self

Management Untuk Mengurangi

Perilaku Siswa Membolos Di Smpn 29

Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018’,

Jurnal Mahasiswa BK AN-NUR : BERBEDA,

BERMAKNA, MULIA, 4.1 (2018)

>

Aprilia, Rizki, Aat Sriati, and Sri Hendrawati,

‘Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada

Remaja’, Journal of Nursing Care, 3.1

(2020)

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Supardi,

Penelitian Tindakan Kelas, JURNAL UNY ,

JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI

INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008,

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Website: www.uinfasbengkulu.ac.id

URL : https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/

Email: alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

E-ISSN : 2808-4632

P-ISSN : 2808-828X

Contak person : 0853-8130-5810/0852-6824-1677

Division, Psychology, ‘Mark Griffiths The

Educational Benefits of Videogames

Videogames Have Great Positive

Potential In’, Education and Health, 20.3

(2002)

Faidlatul Habibah, Astrid, and Irwansyah

Irwansyah, ‘Era Masyarakat Informasi

Sebagai Dampak Media Baru’, Jurnal

Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3.2

(2021)

>

Febriyani, Annisa, and Dodi Pasila Putra,

‘Pengaruh Layanan Konseling Kelompok

Menggunakan Teknik Adaptive

Terhadap Kedisiplinan Remaja Di Lubuk

Basung’, Orien: Cakrawala Ilmiah

Mahasiswa, 1.3 (2022)

>

Gofar, Muhamad, ‘Dampak Game Online

Terhadap Kesehatan Mental Generasi Z’,

Gunung Djati Conference Series, 19 (2023)

Griffiths, M., ‘Mark Griffiths’, Education and

Health, 20.3 (2002)

Hanifaturrohmah, Zulvia, and Wikan Galuh

Widyarto, ‘Pengaruh Konseling

Kelompok Dengan Teknik Self

Management Untuk Mengurangi

Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS

SMAN 2 Trenggalek’, Anterior Jurnal, 21.2

(2022)

>

Khairiah, ‘Overcoming Difficulties in

Managing Online Learning in the Era of

the Covid-19 Pandemic’, JTP - Jurnal

Teknologi Pendidikan, 24.3 (2022), 365–

>

Khairiah, Khairiah, Zulfi Mubaraq, Asmendri

Asmendri, Suswati Hendriani, Dahniar Th

Musa, and Adison Adrianus Sihombing,

‘Delegitimization of Leadership in

Overcoming Difficulties in Online

Learning during the COVID-19

Pandemic’, World Journal on Educational

Technology: Current Issues, 14.3 (2022),

–39

>

Khairiah, Khairiah, and Sirajuddin Sirajuddin,

‘The Effects of University Leadership

Management: Efforts to Improve the

Education Quality of State Institute for

Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu’,

Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2019), 239–

>

Kuswara, Rapizon, Pudji Hartuti, and Rita

Sinthia, ‘Efektivitas Layanan Konseling

Kelompok Teknik Modelling Dalam

Membentuk Keterampilan

Kepemimpinan Siswa’, Consilia : Jurnal

Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1.2

(2018)

>

Lebho, Maria Agustina, M. Dinah Ch. Lerik, R.

Pasifikus Christa Wijaya, and Serlie K. A.

Littik, ‘Perilaku Kecanduan Game Online

Ditinjau Dari Kesepian Dan Kebutuhan

Berafiliasi Pada Remaja’, Journal of

Health and Behavioral Science, 2.3 (2020)

Madidar, Sophie Maylinda, and Abdul Muhid,

‘Literature Review: Efektivitas Layanan

Konseling Kelompok Dengan Teknik SelfManagement Untuk Mengurangi

Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa’,

GUIDING WORLD (BIMBINGAN DAN

KONSELING), 5.1 (2022)

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Website: www.uinfasbengkulu.ac.id

URL : https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/

Email: alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

E-ISSN : 2808-4632

P-ISSN : 2808-828X

Contak person : 0853-8130-5810/0852-6824-1677

Mairistia, Roza, ‘Kecanduan Game Online Dan

Penanganannya’, Kecanduan Game

Online Dan Penanganannya Pada Siswa

Sekolah Menengah Pertama Di Kota

Madya Sabang, 2020

Meliani Putri, Rice, Diah Suci Ramadhani,

Silvianetri, and Ardimen, ‘Efektivitas

Layanan Konseling Kelompok

Pendekatan Cognitive Behavior

Theraphy (CBT) Dalam Meningkatkan

Self Esteem Siswa’, Jurnal Konseling

Integratif-Interkonektif, 1 (2022)

Mertika, Mertika, and Dewi Mariana,

‘Fenomena Game Online Di Kalangan

Anak Sekolah Dasar’, Journal of

Educational Review and Research, 3.2

(2020)

Miharja, Sugandi, ‘Menegaskan Definisi

Bimbingan Konseling Islam, Suatu

Pandangan Ontologis’, At-Taujih :

Bimbingan Dan Konseling Islam, 3.1 (2020)

>

Miswanto, Armitasari, and Muhazir,

‘Kecanduan Game Online Ditinjau Dari

Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan’,

Prosiding Seminar Nasional Bimbingan

Dan Konseling, 2009, 2020

Ningtyas, Izzati Wahyu, ‘Pelayanan Konseling

Kelompok Dalam Menangani Kasus

Bullying’, Counseling AS SYAMIL: Jurnal

Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1.1

(2021)

Putra, Muhammad, Dinata Saragi, Laila

Tasmara, Rohiyati Berutu, and

Muhammad Ihsan, ‘Pengaruh Layanan

Konseling Kelompok (Role Playing)

Dalam Mengatasi Bulliying Di Yayasan

Penyantun Anak Yatim Piatu’, Jurnal

Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda,

Bermakna, Mulia, 8.3 (2022)

Rahayu, Gusti, Neviyarni, Marjohan, Ifdil, and

Afdal, ‘Konseling Kelompok Realita

Untuk Peningkatan Identitas Diri Siswa

Pengguna Aplikasi Tiktok’, Wahana

Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21.1

(2023)

Sa’diah, P W, Y K Karamoy, and ...,

‘Implementasi Layanan Konseling

Kelompok Dengan Teknik Self

Management Untuk Meningkatkan Self

Control Siswa Kelas VIII MTs …’, … :

Jurnal Bimbingan Dan …, 2022

Sahara, Uli, and Nurul Faqih Isro’i, ‘Efektivitas

Layanan Konseling Kelompok Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar’, IJoCE:

Indonesian Journal of Counseling and

Education, 1.2 (2020)

Sutanti, Tri, ‘Pelaksnaan Layanan Konseling

Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa

Di Sma Negeri Kota Yogyakarta’, Jurnal

Konseling GusjiganG, 1.1 (2015)

Vania, Nella Rizqi, Ecep Supriatna, and Siti

Fatimah, ‘Penerapan Konseling

Kelompok Dengan Teknik Self

Management Dalam Rangka

Pengelolaan Stres Akademik Peserta

Didik Kelas VIII SMP’, FOKUS (Kajian

Bimbingan & Konseling Dalam

Pendidikan), 2.6 (2019)

>

Yunita, Yunita, ‘Pentingnya Layanan

Konseling Kelompok Terhadap Harga

Diri Remaja’, jurnal penelitian pendidikan,

psikologi dan kesehatan (J-P3K), 1.3

(2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4621

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4621.g3496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lesmiatul Aini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :