Evaluasi Manajemen Kepemimpinan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SMP Pancasila Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to evaluate the principal's leadership management in improving teacher professionalism at SMP Pancasila Kota Bengkulu. Using qualitative descriptive methods CIPP approach. The subjects in this study were the principal, vice principal of the curriculum, and teachers at SMP Pancasila. The results of the study can be concluded as follows; (1) Leadership has created a conducive school climate, provided advice and encouragement to school residents and implemented an attractive learning model that is contextual; (2) Input evaluation, that human resources still do not meet the standards, because this school lacks educators, while supporting facilities for the teaching and learning process are also still lacking. Funds sourced from foundations, BOS and third party assistance that are considered insufficient for school needs; (3) process evaluation, it can be seen that the principal's managerial program has been implemented based on management functions, namely: planning, organizing, supervising, and assessing well, but the level of implementation is still lacking both in quantity and quality and teacher motivation is also still lacking, it can be seen that curriculum development is still weak, at the time of conducting PBM there are still teachers who teach not in accordance with the existing material or theme, So they don't understand the material yet. RPP does not match the learning theme; and (4) product evaluation, In general, leadership management has been achieved, although not optimally, so that the results of the evaluation can be suggested that it is necessary to improve the implementation of learning through leadership management evaluation
Keywords: Evaluation, Leadership Management, Teacher Professionalism
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi manjemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMP Pancasila Kota Bengkulu. Menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan CIPP. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, dan guru di SMP Pancasila. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Kepemimpinan telah menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasehat dan dorongan kepada warga sekolah serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik yang merupakan kontek; (2) Evaluasi input, bahwa SDM masih belum memenuhi standar, karena sekolah ini kekurangan tenaga pendidik, sedang fasilitas pendukung proses belajar mengajar juga masih kurang. Dana bersumber dari yayasan, BOS dan bantuan pihak ketiga yang dirasa belum mencukupi kebutuhan sekolah; (3) evaluasi proses, terlihat program manajerial Kepala Sekolah telah dilaksanakan berdasarkan fungsi–fungsi manajemen yakni: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan penilaian secara baik, namun tingkat implementasi masih kurang baik kuantitas maupun kualitas dan motivasi guru juga masih kurang, terlihat pada pengembangan kurikulum masih lemah, pada saat melakukan PBM masih ada guru yang mengajar belum sesuai dengan materi atau tema yang ada, sehingga belum memahami materi. RPP tidak sesuai tema pembelajaran; dan (4) evaluasi produk, Secara umum manajemen kepemimpinan sudah tercapai, meskipun belum maksimal, sehingga hasil evaluasi dapat disarankan perlu perbaikan pelaksanaan pembelajaran melalui evaluasi manajemen kepemimpinan
Kata Kunci : Evaluasi, Manjemen Kepemimpinan, Profesionalitas Guru
Full Text:
PDFReferences
References
Amirudin, (2017) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik, Al Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol 7 No.2
Ariyani, Rika (2017), Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru, Jurnal Al-Afkar
Asmendri, A., Sari, M., Khairiah, K., Ibarra, F. P., Santos, M. R. H. M. D., & Quicho, R. F. (2023). The Roles of Principals in Teacher Competency Development for Students' Morale Improvement. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(11), 125-137.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Eka Swasta B, Pentingnya kebugaran Jasmani bagi guru Profesional
Eliterius Sennen, (2017), Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru, Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI
Harapan, Edi (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145.
Huberman, M. (1990). Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study. American Educational Research Journal, 27(2), 363–391. https://doi.org/10.3102/00028312027002363
Ismail, S., & Khairiah, K. The Function Of Institutional Evaluation In the Quality Of Madrasah Aliyah Education In Indonesia.
Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The effects of university leadership management: efforts to improve the education quality of state institute for Islamic studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266.
Khairiah, K. (2021). Kinerja Guru Dalam Perspektif Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja.
Khairiah, A. A., Amin, A., Muassomah, M., Mareta, M., Sulistyorini, S., & Yusuf, M. (2024) Challenges to professional teacher development through workplace culture management. Int J Eval & Res Educ ISSN, 2252(8822), 8822.
Khairiah, K., Mulyadi, M., dkk. (2023). Misperceptions of Leadership in Education Management in the Metaverse Era. Migration Letters, 20(6), 465-481.
Khairiah, K. (2019). Dari Ruang Kelas: Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam Program Studi manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu.
Kippenberger, Tony, (2002) Leadership Styles, United Kinfdom: Capstone Publisging, 2002
Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(3), 76-81. Retrieved from https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/138
Musbikin, Imam, (2013) Menjadi Kepala Sekolah Yang Hebat, Riau: Zanafa Publishing,
Nugraheni, A. S., & Khanifah, S. (2016). Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 15–23.
Rivayanti, R., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 10-17.
Sennen, Eliterius (2017), Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru, Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI
Sinaga, Sulasmi, (2018), Upaya Pembinaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan, Majalah Ilmiah INTI, Volume 6, Nomor 1, Oktober 2018
Suprihatiningrum, (2013), Guru Profesional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, Tambunan,
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332-338.
Tengku Darmansah, dkk, Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru, Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 2024
Toman Sonny, (2015) Pemimpin dan Kepemimpinan, Yogyakarta: Graha Ilmu,
Tony Kippenberger, Leadership Styles, (United Kinfdom: Capstone Publisging, 2002)
U. Saifullah, (2012) Manajemen Pendidikan Islam, Pustaka Setia: Bandung
Ukim Komarudin, Tanggap, Tanggon, Trengginas, https://www.kompasiana.com/ukimkomarudin/54f6eca1a33311b3518b4d82/tanggap-tanggon-trengginas, di akseas 30 april 2024
Undang –undang Guru dan Dosen, (2010), Jakarta, Sinar Grafika, 2010
Wahjosumidjo, (2005) Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grapindo Persada,
Warni, Masnely, (2021), Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah, Jurnal Pendidikan Tambusai
Wibowo, Ari (2022) Achadi Budi Santosa, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4512
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v4i1.4512.g3463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Shidiq, Dimas Sartika, Try Widyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :