Evaluasi Penggunaan Teknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: Madrasah Ibtidaiyah creates inequalities in the quality of learning, characterized by existing human resources having difficulty in using new technologies today. The purpose of this study is to evaluate the use of technology in improving the quality of learning in ibtidaiyah madrasahs in Bengkulu. Using descriptive qualitative methods, the gap evaluation approach is the planning gap with implementation, the capability standard gap with the set standard, and the goal gap. The sources of information in this study used various sources, both online media data and print media data. Includes scientific books, scientific articles both nationally and internationally related to the use of technology in improving the quality of learning. The results of the study can be concluded that the use of technology in ibtidaiyah madrasahs in Bengkulu creates difficulties for various parties in improving the quality of learning due to limited human resources in the use of technology, and uneven internet networks in madrasahs. Thus, it can be suggested to improve the quality of learning in ibtidaiyah madrasahs conduct an in-depth evaluation of the use of technology and meet the needs of technology needs and internet networks of Madrasah Ibtidaiyah in Indonesia.
Keywords: Evaluation, Use of Technology, Quality of Learning, Madrasah Ibtidaiyah
Abstrak: Madrasah Ibtidaiyah menciptakan ketimpangan dalam mutu pembelajaran, ditandai dengan sebagian sumberdaya manusia dalam madrasah mengalami kesulitan dalam menggunakan teknologi baru dewasa ini dan sebaghagian sumberdaya manusia yang lain mampu menggunakan teknologi secara profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penggunaan teknologi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah ibtidaiyah di Bengkulu. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan tiga evaluasi kesenjangan yaitu evaluasi kesenjangan perencanaan dengan pelaksanaan, evaluasi kesenjangan standar kemampuan dengan standar yang ditetapkan, dan evaluasi kesenjangan tujuan. Sumber informasi dalam penelitian ini, menggunakan berbagai sumber, baik data media online maupun data media cetak. Meliputi buku-buku ilmiah, artikel ilmiah baik nasional maupun internasional yang terkait tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi di madrasah ibtidaiyah di Bengkulu menciptakan kesulitan kepada berbagai pihak dalam meningkatkan mutu pembelajaran dikarenakan keterbatasan sumberdaya manusia dalam penggunanaan teknologi, dan jaringan internet yang tidak merata di madrasah. Dengan demikian dapat disarankan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah ibtidaiyah lakukan evaluasi secara mendalam tentang penggunaan teknologi dan penuhi kebutuhan kebutuhan teknologi dan jaringan internet Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia.
Kata kunci: Evaluasi, Penggunaan Teknologi, Mutu Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi peningkatan mutu lulusan madrasah menggunakan diagram fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 11-22.
Ardina Friesty Rohmat Fathoni. 2017. Evaluasi Media Pembelajaran Ellis Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas 2 Smp Bopkri 3 Yogyakarta. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/154914079.Pdf
Bambang Warsita. 2013. Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik Vol. 17 - Nomor 4
Bond, M. (2021). Schools and emergency remote education during the COVID-19 pandemic: A living rapid systematic review. Asian Journal of Distance Education, 15(2), 191–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.4425683
Cronbach, L.J. 1963. Course improvement through evaluation. Teachers College Record, 64, 672–683, h. 236
Erwin Sawitri, Made Sumiati Astiti dan Yessi Fitriani. 2019. Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Universitas Pgri Palembang
Fernandes, Frans S.. (1988). Hubungan Internasional dan Peranan Bangsa Indonesia: Suatu Pendekatan Sejarah. Jakarta: P2LPTK.
Hamalik, Oemar. (1989). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. (Bandung: CV. Mandar Maju, 1989)
Hanum, R. (2017). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2).
Jarvis, D. S. L. (2017). Regulating higher education: Quality assurance and neo-liberal managerialism in higher education-A critical introduction. https://doi.org/10.1016/j.polsoc.2014.09.005
Kadek Dana Handika.2017. Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. https://www.researchgate.net/publication/315111340
Khairiah, K. (2019). Dari Ruang Kelas: Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam Program Studi manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu.
Khairiah, Khairiah (2021) KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA. IAIN Bengkulu Pres. ISBN 978-623-7558-51-4
Khairiah, K., dkk., (2022) Peran Fungsi Evaluasi dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran). Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. P ISSN: 2086-4493. E ISSN: 2684-9542. 15/2
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Total Quality Management (TQM) Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19-39.
Muhammad Yaumi. 2017. MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Universitas Muhammadiyah Pare-Pare dengan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Manda, M. (2016). Fungsi Pengorganisasian dan Evaluasi Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 89-101
Mahirah.B. (2017). Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2
Nunung Nuriyah. 2014 . Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Edueksos Vol III No 1
Nurmah, Kristiana (2021) Implementasi Model Pembelajaran E-Learning Dikelas IV-B Mi Negeri 3 Banyumas. Uin Prof. Kiai. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Sari, R. (2019). Analisa Kompetensi Alumni Pendidikan Matematika menggunakan Discrapancy Evaluation Model. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 6(1), 39-51.
Scriven, M. (1967) The Methodology of Evaluation, dalam Perspective of Curriculum Evaluation, AERA l (ed.Tyler, R.et.al), Chicago: Rand McNally and Company.
Siti Suryantyningsih. 2022. Analisis Kesenjangan Digital Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
Suprapto. 2006. Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Di Sekolah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1
Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). Potret Kesenjangan Pembelajaran Jarak Jauh. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3). Sungkono. Evaluasi Media Pembelajaran. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131666729/pengabdian/evaluasi-media.pdf
Puji Dayati. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Selama Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Di Sd Negeri 72 Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v2i2.2644
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v2i2.2644.g2215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ita Purnama Sari, Syarifuddin Syarifuddin
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
(0853-8130-5810 / 0852-6824-1677)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :