Evaluasi Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD IT Insan Mulia Kota Bengkulu

Anggi Santika, Afrizal Syafriantoni, Reska Norda Lesti

Abstract


ABSTRAK

Mutu pembelajaran di SD IT Insan Mulia Bengkulu masih belum optimal dengan hasil nilai akhir siswa, hal ini berkaitan dengan kemampuan guru mengajar di kelas mengelola kelas dan kemampuan guru dalam melakukan interaksi dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD IT Insan Mulia Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adala kualitatif deskriptif. Sumber informasi dalam penelitian ini, menggunakan berbagai sumber, media online ataupun media cetak. Seperti buku, artikel ilmiah, yang ada di nasional ataupun internasional yang berkaitan dengan fungsi evaluasi kelembagaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Hasil dari evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa evaluasi sumber daya manusia sangat menentukan mutu pembelajaran di SD IT Insal Mulia. Sehingga peneliti dapat menyarankan, jika ingin meningkatkan mutu pembelajaran di SD IT Insan Mulia, maka meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran di kelas dengan mengikuti berbagai pelatihan pengembangan kompetensi

 Abtrak wajib memiliki dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

 Penulisan abtsrak harus seuai template, didalamnya minimal memiliki gambarn umum hasil penelitian, tujuan, dan rekomendasiikan akademiknya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, R. (2021). Evaluasi Program Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah di Balai Diklat Keagamaan Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Andriani, S. (2015). Evaluasi CSE-UCLA pada studi proses pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 167-176.

Ayunda, W. A., Nurhadryani, Y., & Wijaya, S. (2020). Evaluasi guideline dan e- learning digital literacy menggunakan model CIPP. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 41(1), 99-110.

Bakhti, B.Y. 2017. Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(2),75-82.

Bulhayat, B. (2019). Evaluasi Model CIPP Pada Implementasi KTSP Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Jombang. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 85-102.

Cruickshank, D.R. (1990). Research that inform teacher and teacher educators. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Enget, E. (2020). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Prakarya Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 3(1).

Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1).

Indadihayati, W. (2020). Sistem Informasi Model Supervisi Klinik Berbasis. Jurnal DInamika Manajemen Pendidikan, 4(2), 122–130.

Juwarti, J., Abubakar, A., & Lilianti, L. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(2), 78–86.

Khairiah, K. (2019). Dari Ruang Kelas: Evaluasi Kelembagaan Pendidikan Islam Program Studi manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Bengkulu.

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 19-25. Loca, C., Noer, P., Kristiawan, M., & Puspita, Y. (2022). Strategi SMP Negeri 12 Palembang dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal pendidikan tambusai. 6, 2–3.

Neny Sulviana, Happy Fitria, & Achmad Wahidy. (2021). Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management.

Nurhayati, & Diah Kusyani. (2022). Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 108–116.

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam ‎Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia ‎Cianjur. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 63–76.

Rabbani, A. R., & Khairiah, K. (n.d.). Studi yang ada telah menjelaskan tiga mutu pendidikan yaitu ; Pertama , mutu pendidikan dari perspektif profesionalisme guru , dan disiplin kerja guru . 6. 78–90

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish. Ritonga, D. I. (2015). Isu-Isu Kritis Dalam Pendidikan Mengenai Kompetensi Guru/Dosen Pada Abad 21. Generasi Kampus, 8(1).

Sutikno, M., & Sari, R. S. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Alqur’an Hadits Kelas 4 Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Musthofa Nusa Tunggal. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2).

Sj, D. S., Maarif, M. A., & Zamroni, A. (2021). Strategi Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah: The Development Strategy of Islamic Religious Education Learning Programs. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 20-40.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Subali, B. (2014). Evaluasi pembelajaran (proses dan produk). In Makalah disajikan pada Workshop Evaluasi program Pembelajaran (Proses & Produk) bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Sabtu (Vol.23).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2621

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2621.g2192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggi Santika, Afrizal Syafriantoni, Reska Norda Lesti



Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :