Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah di Bengkulu
Abstract
Abstract: The leadership role of madrasah has created difficulties in improving teacher professionalism, marked by some Aliyah madrasah teachers having difficulty in carrying out their main duties, functions and responsibilities as professional teachers and some other teachers are able to carry them out professionally. The purpose of this study is to map and describe the role of leadership in improving the professionalism of Aliyah madrasah teachers in Bengkulu. Using descriptive qualitative methods, with information sources in this study, using various sources, both online media data and print media data. Includes scientific books, scientific articles both national and international related about the role of leadership in improving teacher professionalism. The results of the study can be concluded that there are still some madrasah leadership that has not played an optimal role, it can be seen that decision making has not been brave and not decisive, has not focused on work programs, communication and leadership management of the head of the madrasah is not good, and control is still not continuous, so that there are still teachers who are less professional in learning, it can be seen that there are still some teachers who do not master their fields of knowledge, His teaching materials, learning methods, lack of motivation, lack of skill and his insight is still narrow. Thus, it can be suggested to improve teacher professionalism, then increase the leadership role optimally.
Keywords: Role, Leadership, Teacher Professionalism, Madrasah Aliyah.
Abstrak: Peran kepemimpinan madrasah telah menciptakan kesulitan dalam meningkatkan profesionalisme guru, ditandai dengan sebagian guru madrasah Aliyah mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya sebagai guru professional dan sebagian guru yang lain mampu melaksanakannya secara profesional. Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan mendeskripsikan peran kepemimpinan dalam meningkatkan profesionalisme guru madrasah Aliyah di Bengkulu. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan sumber informasi dalam penelitian ini, menggunakan berbagai sumber, baik data media online maupun data media cetak. Meliputi buku-buku ilmiah, artikel ilmiah baik nasional maupun internasional yang terkait tentang peran kepemimpinan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih terdapat sebagian kepemimpinan madrasah belum berperan secara optimal, terlihat dalam pengambilan keputusan belum berani dan belum tegas, belum fokus pada program kerja, komunikasi dan manajemen kepemimpinan kepala madrasah kurang baik, serta pengontrolan masih kurang kontinyu, sehingga masih terdapat guru yang kurang professional dalam pembelajaran, terlihat masih terdapat sebagian guru kurang menguasai bidang ilmunya, bahan ajarnya, metode pembelajarannya, kurang motivasi, kurang terampil dan wawasannya masih sempit. Dengan demikian dapat disarankan untuk meningkatkan profesionalisme guru maka tingkatkanlah peran kepemimpinan secara optimal.
Kata kunci: Peran, Kepemimpinan, Profesionalisme Guru, Madrasah Aliyah.Halamnan nanti, biar tim pengelola jurnal yang urus.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdullah, M. (2018). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173
Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Asmui, A., Sudirman, S., & Sridana, S. (2019). Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 61-66.
Aziz, H. (2019). Persepsi guru PAI tentang pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dengan kreativitas guru dalam mengajar (penelitian guru PAI di SMP seKecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). AL Murabi, 185–96.
Darwina, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Manajemen Pendidikan, 14(2).
E. Mulyasa, (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Rosda Karya, 2005), hlm. 98-120.
Farida, S., & Jamilah, F. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah (Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Perspektif Manajemen Pendidikan). Widya Balina, 4(7), 60–74.
Fitriatin, Y. (2020). Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(2), 111-116.
Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314.
John M. Echol& Hassan Shadily, 1990, kamus Inggris Indonesia, Jakarta, Gramedia
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201.
Khairiah, Khairiah (2021) KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA. IAIN Bengkulu Pres. ISBN 978-623-7558-51-4
Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266.
Khairiah, K., & Zakaria, Z. (2019, April). Organizational Culture and the Improvement of Teacher Performance. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 250-253). Atlantis Press.
Khairiah, K., dkk. (2022) Peran Fungsi Evaluasi dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran). Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. P ISSN: 2086-4493. E ISSN: 2684-9542. 15/2
Khairiah, K. U. Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu.
Khairiah, D. A., Rahmanita, U., & Jumanti, O. Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia Khairiah1, Diana Anggraini2, Ulya Rahmanita3, Okda Jumanti4, Murudian Wijiati5, Vevi Asri Lestari 6. Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 143-158.
Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2).
Lisna, A., & Munastiwi, E. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 7-13.
Man, S. (2018). Esensi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Sekolah. BenchmarkingJurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 10–21.
Mukodi, “Pendidikan Islam Terpadu: Reformulasi Pendidikan di Era Global”, Yogyakarta: Aura Pustaka, 2011. Hlm.20
Nursyam, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Pendidik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 27–38.
Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58-67.
Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. (2020). PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1).
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peningkatan profesional guru terhadap kinerja guru di masa pandemi Covid-19. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244-255.
Saragih, M. R., Nasution, I., & Marpaung, S. F. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMK YPK Medan. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 1(3).
Sari, N., Hamengkubuwono, H., & Mustar, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 200-216.
Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 159-168.
Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004) h. 42-43
Tarhid, T. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 5(2), 141-155.
Umam, A. K. (2017). Citra Diri Pemimpin. Nizham Journal of Islamic Studies, 1(1), 68– 82.
Wahyosumidjo, (2001). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), hlm. 89-93.
Yenni, Y., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Peran Instructional Leadership Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 295-300.
Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2618
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i1.2618.g2189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Heri Kurniawan, Irma Yofita Sari, Fatimah Nurlatifah, Desta Zalza Bellah, Fariza Nur Utami, Muhammad Irvan Hamidi
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







