Leadership Effectiveness in Improving The Professionalism of Madrasah Aliyah Teachers in Bengkulu

Bandit Aroman, Khairiah Khairiah

Abstract


Abstract: Teachers still create difficulties in improving professionalism, it can be seen that teacher professionalism is not optimal, certification policies have not improved teacher professionalism, teacher qualifications in carrying out duties are still low, teacher preparation in the teaching process is still not steady, less use of media and learning resources, creativity is still low, mastery of science and technology is still lacking, teachers lack creativity in teaching because it is not in their field. The purpose of this study is to map and analyze the effectiveness of leadership in improving the professionalism of Madrasah Aliyah Bengkulu teachers.Using descriptive qualitative methods. Data sources from scientific books, scientific articles, scientific journals both print and online, both nationally and internationally. The results showed that in developing teacher professionalism, leadership has provided guidance, direction, supervision and provided opportunities for teachers to attend training or trainings, include teachers in certification programs, provide opportunities to continue their studies, collaborate with other institutions / agencies, and carry out visits to other schools. So that professional teachers master the ins and outs of education and teaching and other sciences, teachers also get special education to become teachers who have special skills or expertise, and have competence. Thus it can be concluded that leadership effectiveness can improve teacher professionalism, so it can be recommended to improve teacher professionalism, thereby increasing the effectiveness of Aliyah madrasah leadership in Indonesia.

Keywords: Effectiveness, Leadership, Teacher Professionalism, Madrasah Aliyah

 

Abstrak: Guru masih menciptakan kesulitan dalam meningkatkan profesionalitas, hal ini terlihat sikap profesionalitas guru belum optimal, kebijakan sertifikasi belum ada peningkatan profesionalitas guru, kualifikasi guru dalam melaksanakan tugas masih rendah, persiapan guru dalam proses pengajaran masih kurang mantap, kurang memanfaatkan media dan sumber belajar, kreativitas masih rendah, penguasaan ilmu dan teknologi masih kurang, guru kurang kreatifitas dalam mengajar karena bukan pada bidangnya. Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan menganalisis efektivitas kepemimpinan dalam meningkatkan profesionalitas guru Madrasah Aliyah Bengkulu.Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dari buku-buku ilmiah, artikel ilmiah, jurnal ilmiah baik cetak maupun online, baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan profesionalitas guru, kepemimpinan telah memberikan bimbingan, pengarahan, pengawasan dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti diklat atau pelatihan, mengikutkan guru dalam program sertifikasi, memberikan kesempatan melanjutkan studinya, melaksanakan kerjasama dengan lembaga/ instansi lain, serta melaksanakan kunjungan ke sekolah lain. Sehingga guru professional menguasai betul seluk beluk pendidikan dan pengajaran serta ilmu-ilmu lainnya, guru juga mendapatkan pendidikan khusus untuk menjadi guru yang memiliki keterampilan atau keahlian khusus, dan memiliki kompetensi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas kepemimpinan dapat meningkatkan profesionalitas guru, sehingga dapat disarankan untuk meningkatkan profesionalitas guru, maka tingkatkan efektivitas kepemimpinan madrasah Aliyah di Indonesia.

Kata kunci: Efektivitas, Kepemimpinan, Profesionalitas Guru, Madrasah Aliyah


Full Text:

PDF

References


References

Ajan, A., Mahruddin, A., & Mulyana, M. A. (2018). Efektivitas Kepemimpinan Karismatik Kyai dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(1), 33-45.

Amirotun Sholikhah. 2016. Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif’, KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. 10.2. 342–62 .

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.

Ariyani, R. (2017). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.135

Aruni, F., & Faisal, F. (2021). Efektivitas Kebijakan Sertifikasi Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 42-48.

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.

Azizah, Alif Luthvi, Abdul Majid Latief, and Anen Tumanggung. 2018. “Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi”. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1 (02):199-219. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.16.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(1), 150-159.

DJAFRI, Novianty. Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 97-104, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: .

Enas, E. (2018). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Management Review, 2(3), 252-260.

Gultom, N. E., Risma N Munthe, & Dian G.Purba. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru Dan Pegawai Di Sekolah Dasar Negeri NO.122382 Kota Pematangsiantar. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.36985/manajemen.v3i2.122

Hasmayanti, Y. (2011). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru (Studi pada Jurusan Bisnis dan Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang). Jurnal Manajerial, 10(1), 78-86.

Helmi, J. (2015). Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318-336.

Huberman, M. (1990). Linkage Between Researchers and Practitioners: A Qualitative Study. American Educational Research Journal, 27(2), 363–391. https://doi.org/10.3102/00028312027002363

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Ismail, S. (2020). Analisis Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Manajemen Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(3), 161-167.

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(1), 19- 36. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The effects of university leadership management: efforts to improve the education quality of state institute for Islamic studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 239-266.

Khairiah, K., Mubaraq, Z., Asmendri, A., Hendriani, S., Musa, D. T. & Sihombing, A. A. (2022). Delegitimization of leadership in overcoming difficulties in online learning during the COVID-19 pandemic. World Journal on Educational Technology: Current Issues. 14(3), 726-739. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i3.7209

Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19 (1), 91-110.

Khairiah, Akbarjono, Zubaedi, Mus Mulyadi, & Irsal. (2023). Misperceptions of Leadership in Education Management in the Metaverse Era. Migration Letters, 20(6), 465–481. https://doi.org/10.59670/ml.v20i6.3498

Khairiah, K. (2021). KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA.

Khairiah, K., Mubaraq, Z., Mareta, M., & Musa, D. T. (2023). Discrimination in online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesian higher education. Journal of Law and Sustainable Development, 11(3), e710-e710.

Krisbiyanto, A. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52-69. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.182

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Kurniawan, B. D. (2011). Implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru di Kota Yogyakarta. Jurnal Studi Pemerintahan.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228-10233.

Muljono, H., & Sa'ud, U. S. (2015). Studi efektivitas kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2).

Muslim, A. (2020). Manajemen konflik interpersonal di sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17-27.

Mutholib, A., Hanim, Z., & Azainil, A. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(1), 1-8.

Nurrahmi, H. (2015). Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling. Jurnal Dakwah Alhikmah, 9(1), 45-55.

Nursalam, N. (2020). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Terhadap Peningkatan Kinerja Perawat. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 11(4), 381-384.

Oktaviani, L., Aminatun, D., & Ahmad, I. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru SDN 4 Mesuji Timur Melalui Program T2KT. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(2), 333-345.

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98-111.

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. In Makalah Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, No. 1, pp. 671-683).

Purwanti, S. (2016). Peranan kepala madrasah terhadap kinerja guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).

Rabbani, A. R., & Khairiah, K. (2012). Evaluasi Fungsi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Di Bengkulu. Al-Khair Journal: Management, Education, and Law, 2(2), 83-94.

Ratnasari, Y. T. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0.

Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di Indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202.

Rostini, D., khalifaturramah, K., Sulaiman, S., & Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 173-180. Retrieved from https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/234

Rostiawati, E. (2020). Efektifitas Manajemen Kepemimpinan Dalam Menciptkan Good Governance. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 59-69.

Saiful Bahri. (2014). SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Visipena, 5(1), 100-112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236

Sari, Y. K. (2020). Kepemimpinan Pendidikan.

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

SYAHRIL, Sulthon. (2023) TEORI-TEORI KEPEMIMPINAN. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 4, n. 02, p. 208-215, dec. 2019. ISSN 2548-6446. Available at: .

Tambak, S., & Sukenti, D. (2020). Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 41-66.

Tampubolon, M. (2022). Dinamika Kepemimpinan. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(1), 1-7.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Tanyid, M. (2018). Kualitas Pemimpin Sebagai Pendidik Dalam Menghadapi Konflik. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 124-137.

Yoki Yusanto. (2020). Various Qualitative Research Approaches. Journal of Scientific Communication (Jsc). 1.1. 1–13.

Yuliana, A. I., & Karo-Karo, D. (2023). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DALAM MEWUJUDKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SD NEGERI 101777 SAENTIS TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 10724-10732.

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122-130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2615

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2615.g2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bandit Aroman, Khairiah Khairiah



Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :