Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di Smk Negeri 1 Musi Rawas
Abstract
Abstrak: Manajemen adalah proses kerjasama dengan mendayagunakan sumber daya manusia dan sumber daya non-manusia dengan menerapkan fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam rangka menunjang kelancaran proses kegiatanya, sehingga pengelolaan sarana dan prasarana sangat diperlukan oleh setiap sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) pengadaan dan perencanaan sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, (2) pendistribusian sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, (3) penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, (4) inventarisasi sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, (5) penghapusan sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran (6) usaha-usaha yang dilakuakan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: (1) observasi partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas dan konfiirmabilitas. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengadaan dan perencanaan sarana dan prasarana di Smk Negeri 1 Musi Rawas yaitu dilakukan dengan tujuan agar mengetahui semua kebutuhan sarana dan prasarana sekoah, direncanakan sejak awal tahun dengan melihat hasil evaluasi pada tahun sebelumnya (2) pendistribusian sarana dan prasarana di Smk Negeri 1 Musi Rawas yaitu dilakukan dengan cara menyeleksi sesuai kebutuhan, selanjutnya barang yang dibeli kemudian disalurkan kepada tiap program jurusana dan kelas. (3) penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di di Smk Negeri 1 Musi Rawas yaitu disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa, ada tat tertib yang harus dipatuhi, diserahkan pada masing-masing program jurusan dan kelas. (4) inventaris sarana dan prasarana di Smk Negeri 1 Musi Rawas yaitu ada staf semdiri yang diberi tugas untuk pencatatan barang yang telah diadakan. (5) penghapusan sarana dan prasarana Smk Negeri 1 Musi Rawas yaitu terlebih dahulu membuat berita acara kepada kepala sekolah, dilakukan karena sarana dan prasarana tersebut sudah rusak. (6) usahausaha yang dilakukan di Smk Negeri 1 Musi Rawas
Keywords: manajemen sarana dan prasarana, upaya peningkatan kualitas pembelajaran
Abstract: Management is the process of cooperation by utilizing human resources and non-human resources to implement the management functions of planning, organizing, implementing and monitoring to achieve the objectives of effective and efficient. In learning activities facilities and infrastructure is needed in order to support the smooth process of its activities, so that the management infrastructure is required by each school. The focus of this research are: (1) procurement and planning of facilities and infrastructure in order to improve the quality of learning, (2) the distribution of facilities and infrastructure in order to improve the quality of learning, (3) the use and maintenance of facilities and infrastructure in order to improve the quality of learning, (4) an inventory of facilities and infrastructure in order to increase quality of learning, (5) elimination of facilities and infrastructure in order to improve the quality of learning (6) Some efforts which are made by the principal to improve the quality of learning. The approach that is used in this research is qualitative approach, while the research design is case study. To collect the data, the researcher uses some techniques, such; (1) Participant observation, (2) In-dep itnterview, and (3) Documentation study. Analysis using reduction, presentation, verification In addition, the researcher uses credibility, transferability, dependability, and confirmability as techniques to verify the data. The result of this research can be explained as follows: 10 (1) the procurement and infrastructure planning in Smk Negeri 1 Musi Rawas is done so that you know all the needs of school infrastructure, planned since the beginning of the year to see the results of the evaluation in the previous year (2) the distribution of the means and infrastructure in Smk Negeri 1 Musi Rawas is done by selecting as needed, subsequent items purchased and then distributed to each program jurusana and class. (3) the use and maintenance of facilities and infrastructure in Smk Negeri 1 Musi Rawas that is tailored to the needs of teachers and students, there are rules that must be obeyed tat, delivered in each program majors and classes. (4) inventory of facilities and infrastructure in Smk Negeri 1 Musi Rawas is no semdiri staff were given the task of recording the goods that have been held. (5) elimination of facilities and infrastructure Smk Negeri 1 Musi Rawas is to first make an official report to the principal, because the infrastructure has been damaged. (6) the efforts made in Smk Negeri 1 Musi Rawas that has expert staff and good administration, the support from the school community.
Kata kunci: infrastructure management, improve the quality of learning
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Answar, H, Basyiruddin, Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press
Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajememn Perlengkapan Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara
Gunawan, Ary H. 2010. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Hasil Observasi Kamis,2 november 2023
Hasil Observasi SMK N 1 Musi Rawas, Kamis 2023
Munarti, Sri. 2010. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya
Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya
Naim, Ngainun, Patoni, Achmad. 2007. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Observasi Awal, rabu 1 november 2023
Peraturan Pemerintah Nomer 19 Tahun 2005
Rahayu, Tahrirul. 2009. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Malang. (http://female.store.co.id, diakses pada tanggal 11 Februari 2013)
Sadiman, Arief. 2003.Media Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Supervisi lapangan di Smk N 1 Musi Rawas
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2610
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2610.g2181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lilis Merlita, Ilham Syukri
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







