Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: Students still have difficulty achieving, because some teachers have difficulty using learning media, so that there is no variation in the learning process, students feel bored and bored in the learning process. The aim of this research is to map and describe the use of learning media in improving student learning achievement. Using library research or library study methods. The results of the research can be concluded that learning media can improve student achievement, because learning media is a means of conveying subject matter that can be uniform, the learning process becomes clearer and more interesting, the learning process becomes more interactive, efficiency in time and energy, improves the quality of student learning outcomes. , media allows the learning process to be carried out anywhere and at any time, media can foster students' positive attitudes towards the material and learning and learning processes, and learning media can change the role of teachers in a more positive and productive direction.
Keywords: Use of Learning Media, Student Achievement, Junior High School
Abstrak: Siswa masih menciptakan kesulitan dalam berprestasi, dikarenakan sebagian guru kesulitan dalam penggunaan dan pengembangan media pembelajaran dalam proses pembelajaran tidak ada variasinya, sehingga para siswa merasa bosan, jenuh dan ngntuk. Tujuan penelitian ini untuk memetakan dan mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Menggunakan metode penelitian kepustakaan atau studi pustaka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi siswa, karena media pembelajaran merupakan alat penyampaian materi pelajaran yang dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, media pembelajaran memungkinkan proses pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, media pembelajaran juga dapat menumbuhkan sikap positip siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran, dan media pembelajaran dapat mengubah para guru ke arah yang lebih positif dan produktif. Dengan demikian dapat disarankan, jika ingin meningkatkan prestasi siswa maka tingkatkan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah.
Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran, Prestasi Siswa, Sekolah Menengah PertamaFull Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdul Wahid. (2018). Pentingnya media pebelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa. Istiqro’:2
Afniola, S., Ruslan, R., & Artika, W. (2020). Intelegensi dan bakat pada prestasi siswa. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(1).
Ahdar Djamaluddin, Wardana. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Kaffah Learning Center 2019) h 13
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Astika, I. W. M., Suwindra, I. N. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Hubungan self-efficacy dan self-esteem dengan prestasi belajar Fisika siswa di kelas X MIPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undhiksa, 8(2), 77–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v8i.2 0642
Baron, R. A., & Bryne, D. (2004). Psikologi Sosial. Erlangga.
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.
Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. Freeman and Company
Dimas Qondias, Erna Laurensia Anu, Irama Niftalia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kabupaten Ngada Flores
Diputra Sujendra Komang. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar
Hamzah P, A Syawaluddin & Sayidman. Media Pembelajaran. (Badan Penerbit UNM : 2022) h 5
Hariyanto, H. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Sevagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan HAsil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hidayat, R. D., & Sariyatun, S. (2016). Pembelajaran Sejarah Berbasis Isu-Isu Kontroversial di Media Massa Untuk Meningkatkan Kesadaran Demokrasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2015/2016. Candi, 13(1), 160-176.
Inah, E. N., Ghazali, M., & Santoso, E. (2017). Hubungan Belajar Mandiri Dengan Prestasi Belajar PAI di MTsN 1 Konawe Selatan. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2).
Intan Vandini (2015). Peran Kepercayaan Diri T erhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal formatif 5(3).
Khairiah, K., & Wijiati, M. (2022). Model Pembelajaran Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAUD. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1)
Khairiah, K., Antari, A. R. N., Samsidar, E., Hidayat, A. S., & Mubiarto, A. N. (2023). Prestasi Kerja Pendidikan Tinggi (PT) Menurun Dalam Manajemen Kinerja Era Sars-Covid-19. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1(1), 1-11.
Khairiah, Akbarjono, Zubaedi, Mus Mulyadi, & Irsal,. (2023). Misperceptions of Leadership in Education Management in the Metaverse Era. Migration Letters, 20(6), 465–481. https://doi.org/10.59670/ml.v20i6.3498
Kokom Komalasari, Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, (Bandung : PT Refika Aditama, 2011), hal.3
Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
Lufti G, dkk, (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. PENSA : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 2(1).
Luh Putu Spyana Wati dan Kadek Yogi Parta Lesmana. 2016. Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha.
M Andi Setiawan, Belajar dan pembelajaran. h. 20
Mahdoni, Syahniar, & Bentri, A. (2017). Hubungan selfesteem dengan prestasi belajar siswa underachiever serta implikasinya dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling. Proceedings Internasional Counseling and Education, 80–87. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/11183
Moh. Uzer Usman. 2021. Menjadi Guru Profesional, Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya,
Mulyasa. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono Abdurrahmam. 2013 Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta,
Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Cet. II; Bandung: Alfabeta
Mustofa Abi Hamid dkk. Media Pembelajaran (Yayasan Kita Menulis, 2020).h.3-4
Nugraheni, E. 2007. Student centered learning dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 8(2). 1-10.
Nurul Audie (2019) Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2 (1)
Puskur Balitbang Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis kompetensi. Jakarta: Depdiknas. Rasyid, Harun & Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Rahmanita, U., & Khairiah, K. (2012). Model Pembelajaran Edutaiment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 2(1), 13-23.
Ratminingsih.2016.Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar .
Risa Panti Ariani, Ni Made Suriani, Ni Wayan Marti. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan HasilHasil Penelitian Boga Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Pangan.
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., Abdurachman, J., & Damayanti, D. (2016). Media pembelajaran.
Siti Kalisum (2021). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mulok Materi Upacara Adat Daerah Bima di SMAN 4 Kota Bima Kelas X IPS 4 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1 (2).
Siti N, & P Otavi . (2020) Proses pembelajaran siswa sekolah dasar di MI Nuerul Hikmah. As Sabiqun : jurnal pendidikan anak usia dini. 2(1).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana (2012), Proses Pembelajaran Siswa: Education Jurnal, 28.
Suweken Gede. 2013. Pengintegrasian Media Pembelajaran Virtual Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 6 Singaraja.
Syarifuddin Syarifuddin, Zubaidah Zubaidah, Khairiah Khairiah (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(1), 15-24.
Teni Nurnita (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa : Miskat 03(01).
Toto Ruhimat. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Wahdaniah, Rahman, U., & Sulateri, S. (2017). Pengaruh efikasi diri, harga diri dan motivasi terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. MaPan: Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a5
Zahroh, D. A., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 140-148.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2606
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2606.g2176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dimas Sartika, Angga Pratama, Lia Kurniati
Al-Khair Journal: Management Education
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :







