Implementasi Metode Pembelajaran 3T+1M Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur’an Juz 30 Santri di TPQ Nurul Huda

Ai Siti Hodijah, Alimni Alimni

Abstract


Abstract: The learning method used by the teacher is still ineffective, so students still have difficulty memorizing the Qur'an, especially juz 30. The purpose of this study is to describe the implementation of the 3T + 1M method in improving the quality of memorization of 30 students in TPQ Nurul Huda Desa Marga Mulya, Kec. Air Rami, Kab. Mukomuko. Using qualitative methods with data collection instruments, namely observation, interviews and literature. The source of information in this study uses sources derived from journals, books, articles, documents and interviews with authorized parties. The results of this study can be concluded that the 3T + 1M method can help improve the quality of memorization of juz 30 at TPQ Nurul Huda, but with various inhibiting factors such as lack of educators, differences in the ability levels of students and lack of parental participation, and the existence of this program has a very positive impact on both the general public, parents of students and the students themselves. Thus, it can be suggested to improve the pattern of implementing the 3T + 1M method by involving more educators and involving the role of parents through various ways such as providing books that must be filled out and signed by parents in order to prove that parents / guardians have helped students in doing muroja'ah at home.

Keywords: Learning Method, 3T+1M, Memorization Quality, Qur'an Juz 30, TPQ Nurul Huda.

 

Abstrak: Metode pembelajaran yang dipakai guru masih tidak efektif, sehingga santri masih kesulitan menghafal Al-Qur’an kususnya juz 30. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode 3T+1M dalam meningkatkan kualitas hafalan juz 30 siswa di TPQ Nurul Huda Desa Marga Mulya, Kec. Air Rami, Kab. Mukomuko. Menggunakan metode kualitatif dengan istrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kepustakaan. Sumber informasi dalam penelitian ini menggunakan sumber yang berasal dari jurnal, buku, artiker, dokumen maupun wawancara dengan pihak-pihak yang berwenang. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode 3T+1M mampu membantu meningkatkan kualitas hafalan juz 30 di TPQ Nurul Huda, namun dengan berbagai faktor penghambat seperti kurangnya tenaga pendidik, perbedaan tingkat kemampuan santri dan kurangnya pasrtisipasi orang tua, serta adanya program ini sangat berdampak positif baik bagi masyarakat umum, orang tua santri maupun santri itu sendiri. Dengan demikian dapat disarankan untuk memperbaiki pola pengimplementasian metode 3T+1M dengan cara melibatkan lebih banyak tenaga pendidik serta melibatkan peran orang tua santri melalui berbagai cara seperti memberikan buku yang harus diisi dan ditandatangani oleh orang tua santri dalam rangka membuktikan bahwa orang tua/wali telah membantu santri dalam melakukan muroja’ah di rumah.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, 3T+1M, Kualitas Hafalan, Al-Qur’an Juz 30, TPQ Nurul Huda.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

A Syahid Robbani. 2021. Menghafal AL- QUR ’ AN ( Metode , Problematika , Dan Solusinya, Sembari Belajar Bahasa Arab). (Bandung: Mujahid Press) .

Amirotun Sholikhah. 2016. Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif’, KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. 10.2. 342–62 .

Ardianti Yunita Putri, Elia Mariza, & Alimni. 2023. Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahirnya Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Sejarah Perkembangan Pesantren/ Sistem Pendidikan, Dan Perkembangannya Masa Kini. INNOVATIVE:Journal Of Social Science Research. 3.2, 83–96.

Asiyah & Alimni. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Bersih Desa Di Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. MANHAJ: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 4.2. 135–45.

Dewi Rustiana & Muhammad Anas Ma`arif. Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. 1.1. 12–24 .

KBBI. 2018. Arti kata dampak - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. diakses pada 15 Oktober 2023

KBBI. 2018. Arti kata sosial - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. diakses pada 15 Oktober 2023

Khairiah, K., & Wijiati, M. (2022). Model Pembelajaran Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAUD. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 1-13.

Lailatul Mubarokah, Umaymah Nurul Azizah & Brylian Nurfan Nugroho. 2021. Pentingnya Inovasi Pendidik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2.9. 1349–58.

Lailli Nurhidayati, Asiyah Asiyah, & Zubaidah Zubaidah. 2021. Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah. Journal of Primary Education (JPE). 1.1. 19 .

M Misbah. 2022. Metode Tikrar Dalam Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an Di Pondok Pesantren Modern Darul Qur ’ an Al -Karim Baturraden. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 8.2. 332–38 .

M Nasron. 2023. Problematika Penggunaan Metode Talaqqi Dan Metode Takrir Dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di SMP N 13 Kota Bengkulu. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3.3. 76–74 .

Ni Kadek Santya Pratiwi. 2018. Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3., 83–91.

P.o Adesemowo and Sotonade O. A. T. 2022. Basic Of Education: The Meaning And Scope Of Education. ResearchGate. 1–9.

Rabudin. 2020. Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi. dari Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi - Detik Pendidikan, diakses pada Oktoner 2023.

Rakanita Dyah Ayu Kinesti, dkk. 2023. Penerapan Metode Talqin Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Tahfidzul Qur’an Al-Ma’shum Surakarta. ANWARUL : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah. 3. 613–23.

Rahmanita, U., & Khairiah, K. (2012). Model Pembelajaran Edutaiment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 2(1), 13-23.

Sutarto Sutarto. 2017. Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran’, Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 1.2. 1 .

Tauffiq affandi. 2023. Cara Menghafal Al-qur’an: Metode 3T+1M, Mudah dan Efektif”, artiker diakses pada 8 oktober 2023 dari (gontor.ac.id)

Tim humas. 2023. 5 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar – Universitas Islam An Nur Lampung (an-nur.ac.id), 2023, diakses pada 10 oktober 2023.

Yoki Yusanto. 2020. Various Qualitative Research Approaches. Journal of Scientific Communication (Jsc). 1.1. 1–13.

M. Hanif Satria Budi and Sita Arifah Richana. 2022. Manajemen Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Di Pesantren. Dirasah, 5.1 .




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2600

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v3i2.2600.g2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ai Siti Hodijah, Alimni Alimni



Al-Khair Journal: Management  Education 
alkhair@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
( 0852-6824-1677 )

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :