Pola Konsumsi Hajiyyah dan Tahsiniyyah Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Rahmat Hidayat, Asnaini Asnaini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pola konsumsi hajiyyah dan tahsiniyyah, 2) faktor-fakor yang mempengaruhi pola konsumsi hajiyyah dan tahsiniyyah, 3) penerapan pola konsumsi hajiyyah dan tahsiniyyah pada civitas akademika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan penelitian adalah tenaga pendidik (Dosen) sebanyak 20 orang yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan tahapan Miles dan Hubarman yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), data verification (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pola konsumsi yang dilakukan pada civitas akademika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu menerapkan pola konsumsi Hajiiyah; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi tersebut adalah faktor kekayaan (pendapatan), sikap hemat dan keadaan perekonomian. Penerapan pola konsumsinya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip konsumsi dalam Islam.

Keywords


Pola Konsumi, Hajiyyah, Tahsiniyyah, Prinsip Konsumsi Islam

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Al Yasa. Metode Istihlahiah Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan Dalam Ushul Fiqh. Banda Aceh: C.V Diandra Primamitra Media. 2012.

Anasari Mevi, , Pola Konsumsi Hajiyyah Dan Tahsiniyyah Rumah Tangga Muslim (Studi Ibu Rumah Tangga Desa Sukarami II Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur) (2017).

Asnaini, Asnaini. "Islamic Sosial Finance: Konsep Keadilan Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam." Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan 1.1 (2014).

Asnaini, A., & Hilmi, MI. Hubungan Pengetahuan Terhadap Persepsi Pembangunan Ekonomi Berbasis Zakat (PEZ). Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah , 4 (2), (2019) h. 174-185.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, edisi kedua. Jakarta: Kencana. 2007.

Daryanto. Sari Kulia Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Saran Tutorial Nurani Sejahtera. 2011.

Damanhur Dan Rahmatullah, “Pengaruh Pola Konsumsi Islami Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Malikussaleh,” Jurnal Ekonomi Manajemen & Bisnis - Vol. 19, No. 2, (2018).

Devi Ria Listiana, , Analisis Pola Konsumsi Mahasantri Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Mahasantri Putri Ma’had Al-jamiah Ulil Abshar IAIN Ponorogo). (2020).

Dosen Mata Kulia Pengantar Ekonomi Islam. Pengantar Ekonomi Islam. Bengkulu: Savana Publisher. 2014.

Fahmi, Irham. Prilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. 2016.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Hakim, Lukman. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarata: Penerbit Erlangga. 2012.

Hasanah, Erni Umi. Danang Sunyoto. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Pubishing Service). 2014.

Idri, Hadis Ekonomi (Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi). Jakarta: Kencana. 2015.

Kaelany. Islam dan Aspek-Aspek Kemasyarakatan. Jakarta: Sinar Grafika Offset. 2000.

Mulyani, Sri. Pola Konsumsi Non Makanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. 2015.

Nabilla, Wulan Alyu, and Muhammad Yazid. "Perilaku Konsumtif Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Surabaya Saat Flash Sale Dalam Perspektif Konsumsi Islam." EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi 4.1 (2024): 3207-3216.

Nur kholidah, “Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumen Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan),”majalah neraca.5-7

Putriani Yolanda hani dan shofawati atina, “Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau Dari Tingkat Religiusitas,” Jurnal Ekonomi Bisnis Islam, no 7 vol 2. (2015).

Safitri, Wahyu, et al. "Pengaruh Zakat Infak Sedekah, Ekspor dan Konsumsi Rumah Tangga terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2015-2019." Jurnal Baabu Al-Ilmi 6.2 (2021): h. 11-20.

Sakti Deni Arya Purnama, Identifikasi Pola Konsumsi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). (2018).

Suryati, Desi. Pola Konsumsi Pangan dan Non Pangan Rumah Tangga Muslim Kaya dan Rumah Tangga Miskin di Kota Bima. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. 2017.

Suryani, Zulfa, and Muhammad Taufiq. "Penerapan Konsep Maslahah Dalam Konsumsi Untuk Mencapai Maximum Utility." Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi 2.1 (2023): 208-219.

Suharyono. Prilaku Konsumsi Dalam Menggunakan Smartphone Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu). Skripsi. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu. 2015.

Thoyibah Muthiatu, Fasa Muhammad Iqbal, dan Suharto, “Pola Konsumsi Hedonisme Generasi Millenial Muslim Terhadap Teori Konsumsi Dalam Prespektif Ekonomi Islam,” Jurnal Ekonomi Islam, no 2 vol 7. (2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ba.v10i1.7145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :