PENGARUH KEGIATAN MERONCE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI KELAS 1 SLB C MUZDALIFAH MEDAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa Kelas VII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1), 711–719. https://doi.org/10.15294/usej.v4i1.4974.
Fauziyah, U. S., & Nugraheni, A. S. (2021). Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2) 116
https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.1402 2.
Gay, H., Taib, B., & Haryati, H. (2020). Penerapan Kegiatan Meronce Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 3044. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1955.
Gradini, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Mengurutkan Bilangan Melalui Meronce. Jurnal As Salam, 1(2), 156–166. https://www.jurnal assalam.org/index.php/JAS/article/view/67.
Hanel, S. R., & Rifki, M. S. (2020). Efektivitas Permainan Modifikasi
Bolabasket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Tunagrahita. Jurnal
MensSana, 5(1), 87 – 95. https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.143.
Hera, A. J., & Latief, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 99. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.1 6163.
Heri, M., Astriani, N. M., Purwantara, K., & Sari, P. (2020). Terapi Okupasi Memasang Tali Sepatu terhadap Motorik Halus pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Keperawatan Silampari,
(1), 239–247. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1771.
Koesmadi, D. P., & Kusumastuti, N. (2022). Peningkatan Perilaku Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Meronce Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Pojok. Jurnal Golden Age, 6(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2 .5468.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30–39.
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33 586.
Nuraya, N., Nurhasanah, N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengembangan Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Mekar Sari Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 26302638. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.105 2.
Octaviani, N. R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.
Oktafiani, A., & Rakimahwati, R. (2023). Penerapan Kegiatan Meronce dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2257–2262.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.41 63.
Puslika, D., & Kurniah, N. (2021). Penerapan Metode Bermain Dengan Meronce Untuk Meningkatkan Motorik Halus dan Kognitif Anak Pada Kelompok B TK Negeri 1 Pagar Alam. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 182–193. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.1 8517.
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 105 118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.56 2.
Roostin, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Dari Bahan Alam Biji Hanjeli. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 3(1). https://doi.org/10.24127/jsanak.v3i01.1514.
Salam, A. P., & Mansur, M. (2015). Penerapan Media Manik-Manik untuk PENGARUH KEGIATAN MERONCE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI KELAS 1 SLB C MUZDALIFAH MEDANKhadijah,1 Alifia Nur Rahma, 2 Sabrina Patuzahra, 3 Salma Rozana, 4 Mhd. Iqbal 5 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dalam Materi Bilangan Bulat. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 133–156. https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2 985.
Saragih, A. A., & Andayani, B. (2019). Buku Panduan Aman untuk Mengajarkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Anak Tunagrahita. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychossional
Psychology, 5(2), 173 – 184. https://doi.org/10.22146/gamajpp.4995
Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.29 9.
Sutinah. (2019). Terapi Bermain Puzzle Berpengaruh Terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek Anak Tunagrahita. Jurnal Endurance, 4(3), 630 – 640. https://doi.org/10.22216/jen.v4i3.4385.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.42 1.
Trianisa, N., Rifameutia, T., & Septiana, E. (2018). Metode Sintetik dengan Token Economy Guna Meningkatkan Kemampuan Speechreading Anak Tunagrahita Dengan Gangguan Pendengaran. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 58-72. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.517.
Wahidah, F. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Classroom Action Research di RA Mutiara Hati).Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2),138–150. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.1 38-150.
Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik
Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong.
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.34 7.
Yosefa, V. (2021). Pengaruh Keterampilan Meronce Terhadap Motorik Halus Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SDLB Bhakti Luhur Cabang Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 40–44.
https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.400
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v7i2.6800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Khadijah Khadijah, Alifia Nur Rahma, Sabrina Patuzahra, Salma Rozana, Mhd. Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
toto slot
bandar togel
situs togel