PENINGKATAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERSUMBER DARI ALAM

Muh Nur Fuadi, Nur Fadhilah, Nurlina Jalil, Pebi Pebrianti, Tri Utami

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat peningkatan kognitif pada anak usia dini. Kognitif mempunyai peranan penting dalam keberhasilan belajar anak karena aktifitas dalam belajar selalu berhubungan dengan masalah mengingat dan berpikir. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan melalui tes yang dilakukan disetiap pra siklus. Penelitian ini dilakukan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melihat peningkatan kognitif anak melalui media pembelajaran yang bersumber dari alam. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran yang bersumber dari alam mengalami peningkatan terlihat dari persentase yang telah dilakuan melalui penelitian tindakan kelas dari pra siklus sampai tahap siklus II. Pada pra siklus hasil perolehan peningkatan kognitif anak belum mengalami peningkatan yang signifikan dibuktikan persentase nilai perkembangan sesuai tindakan berada pada kategori 0%, kategori mulai berkembang 15%. Pada perolehan siklus I didapatkan persentase kenaikan menjadi 85% dan pada tahap akhir siklus II meningkat menjadi 90%.

Keywords


Kognitif, Media Alam, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


, I. Y. (2020). KENDALA GURU DALAM

MENSTIMULASI KEMAMPUAN

MATEMATIKA AWALPADA ANAK

USIA 4-5 TAHUN DI PROVINSI

BANTEN. PEDAGOGIKA, 9(2).

https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.

Apriyani, N. (2021). Metode Bermain Dalam

Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul

Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak

Usia Dini, 5(2).

https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.8933

Hardianti, F., & Muzdalifah, F. (2023).

Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak

melalui Alat Permainan Edukatif Bahan

Daur Ulang. AS-SABIQUN, 5(1).

https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2

I Made Sutika, Sudiarta, I. N., & Anita Putri

Irmawati. (2020). STRATEGI GURU

DALAM PENINGKATAN

KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DI

KALANGAN ANAK. Widya Accarya,

(2).

https://doi.org/10.46650/wa.11.2.944.178

-187

I Pt. Fira Kumartha, Md. Putra, I. W. S.

(2013). Bernuansa Lingkungan Alam

Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas

Iv Sd Gugus 4 Selemadeg Timur

Tabanan. Portal Garuda, 1(1).

Ilmiah Potensia ; Anggraini, J., Nasirun, W., &

Yulidesni, M. (2020). Penerapan Strategi

Pemecahan Masalah Dalam

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah

Potensia, 5(1).

Nurlaela, N., & Suyadi, S. (2021). Peningkatan

Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

melalui Media Pembelajaran Beam

Number dari Kardus Bekas. Aulad:

Journal on Early Childhood, 4(1).

https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.94

Prawiranegara, H. (2019).

PENGEMBANGAN BAHAN

PEMBELAJARAN PENGENALAN

MATEMATIKA DASAR BERBASIS

KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI.

JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1).

https://doi.org/10.21009/jiv.1401.7

Prima, E., Masitah, R., & Dewi, N. (2019).

Alat Permainan Edukatif Bagi Anak Usia

Dini Di Taman Kanak-Kanak. Seminar

Nasional Aplikasi …, 2003.

Rahmatullah, & Inanna. (2019). Pelatihan

Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi

Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1).

Warsita, B. (2010). Gambar Macam Media

Pembeajaran. Media Pembelajaran.

Wilanda, N. S., & Zulminiati, Z. (2022).

PENGARUH PENDEKATAN

EKSPLORASI TERHADAP

KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN

KANAK-KANAK. JCE (Journal of

Childhood Education), 6(2).

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997

Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis

Pemanfaatan Lingkungan untuk

Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini.

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 7(1).

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v7i1.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh Nur Fuadi, Nur Fadhilah, Nurlina Jalil, Pebi Pebrianti, Tri Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online