PENGARUH MEDIA E-FLASHCARD DALAM PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI SIMPANG EMPAT PASAMAN BARAT

Nisakhairani Sinaga, Elise Muryanti

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh media E- flashcard dalam pengenalan kosakata Bahasa Inggris pada anak di Taman Kanakkanak Pertiwi Simpang Empat Pasaman Barat. Sampel Penelitian sebanyak 26 anak yang mana 13 anak sampel kelas eksperimen dan 13 anak sampel kelas kontrol. Metode yang dipakai yaitu kuantitatif dengan pendekatan quasi ekperimen. Pengolahan data memakai SPSS 25.0 for a window. Pada penelitian ini teknik yang dipakai untuk pengumpulan data adalah tes perbuatan, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan media Eflashcard dapat meningkatkan kosakata Bahasa Inggris pada anak. Dilihat dari kelas eksperimen yang menggunakan media Eflashcard mendapatkan nilai lebih besar daripada kelas kontrol yang menggunakan gambar ditempel di papan tulis.

Keywords


Kosakata Bahasa Inggris, Eflashcard, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Agustin, E. D. Peningkatan Pengenalan

Kosa Kata Bahasa Inggris Pada

Anak Kelompok B1 Melalui

Metode Demonstrasi Berbantu

Media E-flashcard di TK Siswa

Budhi Kecamatan Kaliwates

Kabupaten Jember Tahun Pelajaran

/2017.

Byrd, D. R., & Lansing, B. (2016).

Electronic flashcards inside the

classroom: Practical and effective.

Journal of Language Teaching and

Learning, 6(2), 1-13.

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media

pembelajaran bahasa: aplikasi teori

belajar dan strategi pengoptimalan

pembelajaran. Universitas

Brawijaya Press.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games

Edukasi Bahasa Inggris untuk

Pengembangan Kosakata Bahasa

Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan Tambusai,4 (2),1216-

Handayani, S. (2016). Urgensi Pengenalan

Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dipandang Dari Perspektif

Psikolinguistik. Widya

Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(2).

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan

kosakata Bahasa Inggris melalui

media audio visual (animasi) pada

paud. Faktor: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 3(2),133-140.

Nashir, M., & Laili, R. N. (2018). The

Implementation Of Electronic

Flashcard To Increase Students

Vocabulary Mastery. Edukasi:

Jurnal Penelitian dan Artikel

Pendidikan, 10(2), 125-136.

Nurhadi, A. (2012). Teaching English To

Young Learners (Pengajaran

Bahasa Inggris Pada Anak Usia

Dini).Educate,1(1).

Pintubatu, R., Ardana, I. K., Tirtayani, L.

A., & Psi,

S. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi

Melalui Media E-flashcard

Bilingual Terhadap Kemampuan

Kosakata Bahasa Inggris Pada

Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini Undiksha, 5(3),368-377.

Pransiska, R. (2013). Pemanfaatan IT

Sebagai Media dalam Mengenalkan

Bahasa Ingris pada Pendidikan

Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal

Ilmu Pendidikan,13(2),107-112.

Purwanti, R. (2019). Pengenalan Aspek

Bahasa (Bahasa Inggris) Untuk

Anak Usia Dini Melalui Nyanyian. -

, 5(2), 135-146.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia

dini teori dan praktik pembelajaran.

Prenada Media.

Susanto, A, M. P. (2011). Perkembangan

Anak Usia Dini: pengantar dalam

berbagai aspeknya.

Jakarta:Kencana.

Umi, G., Karmila, M., Guru, P., Anak, P., &

Dini,

U. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup

( Life Skill) Anak Usia Dini Selama

Masa Pandemi Covid-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v6i2.4390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nisakhairani Sinaga, Elise Muryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online