MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELEGENCES DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAUD

Muridian Wijiati, Khairiah Khairiah

Abstract


Lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) telah menciptakan kesulitan menerapkan model pembelajaran yang menjadi persyaratan sebagai kualitas kinerja guru. Tujuan tulisan ini untuk memetakan dan menganalisis model pembelajaran mutiple intelegences dalam meningkatkan kinerja guru PAUD. Menggunakan metode kualitatif dsekriptif dengan pendekatan library reseach (studi kepustakaan). Hasilnya menunjukkan bahwa masih terdapat guru belum melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran kecuali merasa cukup dengan mengulang materi yang sudah diajarkan tahun sebelumnya, guru meninggalkan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya, hanya mengerjakan untuk keperluan-keperluan pribadi yang tidak jelas. guru juga tidak hadir tepat waktu atau mengakhiri pelajaran sebelum waktunya habis, guru belum mampu menciptakan kondisi kelas yang nyaman malah sebaliknya masih terdapat guru melakukan kekerasan secara psikologis kepada siswa, guru kurang kreatif, dan proses pembelajaran lebih banyak bersifat akademik dengan mengabaikan perkembangan anak usia bermain. Pembelajaran model multiple intelegences terbukti dapat meningkatkan kinerja guru. pembelajaan berbasis multiple intelegences tidak hanya mampu mengembangkan intelektualitas masing-masing peserta didik, melainkan juga dapat membantu meningkatkan kinerja guru, meningkatkan kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang berbasis pada pengembangan intelektualitas dan kreativitas siswa, sehingga menyebabkan adanya kesadaran tentang terlayaninya semua kebutuhan peserta didik secara beradab dan berkeadilan. Dengan demikian dapat disarankan, jika ingin kinerja guru PAUD, maka terapkanlah model pembelajaran multiple intelegences secara sempurna.

Keywords


Kinerja Guru, Model Pembelajaran Multiple Intelegences, Lembaga PAUD

Full Text:

PDF

References


Achyanadia, S. (2018). ISU-ISU KRITIS PENGELOLAAN GURU. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 1 (01). http://pkm.uikabogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/213

Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis tipikal kekerasan pada anak dan faktor yang melatarbelakanginya. Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 110.http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/5956

Alex Kozulin dkk., (2003), Vygotsky’s Educational Theory in Cultural

Context (Cambridge: Cambridge University Press, 2003), h.177.

https://books.google.com/bookshl=id&lr=&id=mfCHutwHTcC&oi=fnd&pg=PA15&dq=Alex+Kozulin+dkk.,+(2003),+Vygotsky%E2%80%99s+Educational+Theory+in+Cultural+Context+(Cambridge:+Cambridge+University+Press,+2003),+h.177&ots=uisSkbkWly&sig=BagS0KbKj2m4weyuahGXNhpgT0U

Anggraini, D., Rahmanita, U., Jumanti, O., Wijiati, M., & Lestari, V. A. (2021). Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak

Usia Dini (PAUD) di Indonesia. AlKhair Journal: Management, Education, and Law, 2(2), 87-98. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/article/view/6281

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar

siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/7515

Badruzzaman.(2015). Upaya Meningkatkan Kualitas Pemebelajaran AUD. http://pgpaud.upi.edu/talular-upayameningkatkankualitaspembelajaran-aud/

Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. AtTajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-26. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/38

Darmadi. (2018). Asyiknya belajar sambil Bermain. Jurnal Guepedia.

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=3j5tDwAAQBAJ&oi=fn

d&pg=PA3&dq=Darmadi.+(2018).+Asyiknya+belajar+sambil+Bermain.+Jurnal+Guepedia.&ots=ZKF4N57uI2&sig=TTgtlPS5DcyTD3QqGKxDiXE9bY

Eriani, E., & Rambe, A. S. (2021). MANAJEMEN PEMBELAJARAN

BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI YOGYAKARTA. TARBIYAH bil QALAM Jurnal Pendidikan, Agama dan Sain, 4(2). https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/stit/article/view/42European Commission, Classification of Learning Activities Manual (Luxembourg: Eurostat, 2006), h.9

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah

Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.381

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266. http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/2092

Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan

Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim:

Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 91-110. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3685

Leni Nurmiyanti. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 2, 13-24. https://scholar.archive.org/work/ajyiodalrjbohfwi4pt4yppzha/access/wayback/https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/altanzim/article/download/646/pdf

Lensun. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran PAIKEM dan Media

Pembelajara yang Bervariasi Bagi Guru-gur PAUD Providentia Ceria

Desa Batu Kecamatan Likupang Timur. Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat Vol 1 No.1, 31-38 http://repo.unima.ac.id/id/eprint/291

/

Lilis Suryani. (2007). Analisis Permasalahan PAUD dalam Masyarakat Indonesia.Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal Vol. 2 No. 1, 42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php

/jiv/article/view/7482

Muafiah, E. (2016). Strategi pembelajaran multiple intelligences di TK/RA Ponorogo. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul

Athfal, 4(1), 63-88. http://repository.iainponorogo.ac.id/422/1/Thufula.pdf

Murniati, Wahyuni. (2018). Edutainment Dalam Pengembangan Multiple Intelligences Teori Howard Gardner Pada Anak Usia Dini, Vol.6, No. 2. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309078/pengabdian/penerapanmultiple-intelligences.pdf

Mushlih, A., Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P.,

Uminar, A. N., Imami, F., ... & Yusuf, H. (2018). Analisis Kebijakan

PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Penerbit Mangku

Bumi. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=pJjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Mushlih,+A.,+Rahimah,+S.+P.,+Ma%E2%80%99fiyatun+Insiyah,+S.+P.,+Muzdalifah,+S.+P.,+Uminar,+A.+N.,+Imami,+F.,+...+%26+Yusuf,

+H.+(2018).+Analisis+Kebijakan+PAUD:+Mengungkap+isuisu+menarik+seputar+AUD.+Penerbit+Mangku+Bumi.&ots=9RkRoYwRzg&sig=UzSeasGk7sWExFxkdoFYGySpbyA

Ramanda, D., Rini, R., & Oktaria, R. (2020). Hubungan Kecerdasan

Emosional dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 77-84.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/22255

Rejeki, S. (2016). Pendidikan Psikologi Anak” Anti Bullying” pada Guru Guru PAUD. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 16(2), 235-248. https://scholar.archive.org/work/br6nyk4kpzd6jdkejjsolgjq5e/access/wayback/http://journal.walisongo.ac.id:80/index.php/dimas/article/download/1091/899

Rusdiana, A., Heryati, Y., & Saebani, B. A. (2015). Pendidikan Profesi

Keguruan: Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. http://senayan.iainpalangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11977&keywords=

Suratiyah, S. (2018). Kepemimpinan Transformasional Dan Organizational Citizenship Behaviour Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 65-85.

http://www.wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/19

Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 140-150.

http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/5180

Srihartini. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam

Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Religion education social laa roiba journal, Vol. 3 No. 2, 236-250. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/404

Supardi, (2013), Kinerja Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Suratiyah, S. (2018). Kepemimpinan Transformasional Dan Organizational Citizenship Behaviour Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 65-85.

http://www.wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/19

Yaumi, M. Penerapan Pembelajaran Aktif: Perspektif Multiple Intelligences. In Seminar Regional tentang Guru Profesional Di Era Digital (Vol. 1, pp. 42-60). Forum Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa. https://repositori.uinalauddin.ac.id/11785/Walter McKenzie, Multiple Intelligences and Instructional Technology(Washington DC: International Society for Technology in Education, 2005), h.58.https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=uhHXNQSwO8C&oi=fnd&pg=PR8&dq=Walter+McKenzie,+Multiple+Intelligences+and+Instructional+Technology+(Washington+DC:+International+Society+for+Technology+in+Education,+2005),+h.58.&ots=zjkhF_HvjL&sig=ezkKGipPS_HN27arDaoH6jbLT_Q

Yaumi, M. Penerapan Pembelajaran Aktif: Perspektif Multiple Intelligences. In Seminar Regional tentang Guru Profesional Di Era Digital (Vol. 1, pp. 42-60). Forum Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa. https://repositori.uinalauddin.ac.id/11785/

Yaumi, M. (2012). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Aktivitas Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Disertasi. Jakarta:Program

Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Yaumi2/publication/329528535_Increasing_Teachers'_Performance_through_Multiple_IntelligenceBased_Learning_Activities_PENINGKATAN_KINERJA_GURU_MELALUI_AKTIVITAS_PEMBELAJARAN_BERBASIS_KECERDASAN_JAMAK/links/5c0e2ed692851c39ebe1e599/Increasing-TeachersPerformance-through-MultipleIntelligence-BasedLearningActivities-PENINGKATANKINERJA-GURU-MELALUIAKTIVITAS-PEMBELAJARANBERBASIS-KECERDASANJAMAK.pdf

Yusi Srihartini. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud)

Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Religion education social laa roiba journal, Vol. 3 No. 2, 236-250. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/404

Yulmiati, Y. (2012). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multiple

Intelligences dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada

SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Makassar (Doctoral dissertation,

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). http://repositori.uinalauddin.ac.id/5762




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v6i1.4388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muridian Wijiati, Khairiah Khairiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online