MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELEGENCES DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAUD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achyanadia, S. (2018). ISU-ISU KRITIS PENGELOLAAN GURU. PROSIDING TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 1 (01). http://pkm.uikabogor.ac.id/index.php/PTP/article/view/213
Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis tipikal kekerasan pada anak dan faktor yang melatarbelakanginya. Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 110.http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/5956
Alex Kozulin dkk., (2003), Vygotsky’s Educational Theory in Cultural
Context (Cambridge: Cambridge University Press, 2003), h.177.
https://books.google.com/bookshl=id&lr=&id=mfCHutwHTcC&oi=fnd&pg=PA15&dq=Alex+Kozulin+dkk.,+(2003),+Vygotsky%E2%80%99s+Educational+Theory+in+Cultural+Context+(Cambridge:+Cambridge+University+Press,+2003),+h.177&ots=uisSkbkWly&sig=BagS0KbKj2m4weyuahGXNhpgT0U
Anggraini, D., Rahmanita, U., Jumanti, O., Wijiati, M., & Lestari, V. A. (2021). Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) di Indonesia. AlKhair Journal: Management, Education, and Law, 2(2), 87-98. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/article/view/6281
Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar
siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/7515
Badruzzaman.(2015). Upaya Meningkatkan Kualitas Pemebelajaran AUD. http://pgpaud.upi.edu/talular-upayameningkatkankualitaspembelajaran-aud/
Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. AtTajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-26. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/38
Darmadi. (2018). Asyiknya belajar sambil Bermain. Jurnal Guepedia.
https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=3j5tDwAAQBAJ&oi=fn
d&pg=PA3&dq=Darmadi.+(2018).+Asyiknya+belajar+sambil+Bermain.+Jurnal+Guepedia.&ots=ZKF4N57uI2&sig=TTgtlPS5DcyTD3QqGKxDiXE9bY
Eriani, E., & Rambe, A. S. (2021). MANAJEMEN PEMBELAJARAN
BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI YOGYAKARTA. TARBIYAH bil QALAM Jurnal Pendidikan, Agama dan Sain, 4(2). https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/stit/article/view/42European Commission, Classification of Learning Activities Manual (Luxembourg: Eurostat, 2006), h.9
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah
Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.381
Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266. http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/2092
Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan
Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim:
Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 91-110. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3685
Leni Nurmiyanti. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 2, 13-24. https://scholar.archive.org/work/ajyiodalrjbohfwi4pt4yppzha/access/wayback/https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/altanzim/article/download/646/pdf
Lensun. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran PAIKEM dan Media
Pembelajara yang Bervariasi Bagi Guru-gur PAUD Providentia Ceria
Desa Batu Kecamatan Likupang Timur. Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat Vol 1 No.1, 31-38 http://repo.unima.ac.id/id/eprint/291
/
Lilis Suryani. (2007). Analisis Permasalahan PAUD dalam Masyarakat Indonesia.Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal Vol. 2 No. 1, 42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php
/jiv/article/view/7482
Muafiah, E. (2016). Strategi pembelajaran multiple intelligences di TK/RA Ponorogo. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul
Athfal, 4(1), 63-88. http://repository.iainponorogo.ac.id/422/1/Thufula.pdf
Murniati, Wahyuni. (2018). Edutainment Dalam Pengembangan Multiple Intelligences Teori Howard Gardner Pada Anak Usia Dini, Vol.6, No. 2. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309078/pengabdian/penerapanmultiple-intelligences.pdf
Mushlih, A., Rahimah, S. P., Ma’fiyatun Insiyah, S. P., Muzdalifah, S. P.,
Uminar, A. N., Imami, F., ... & Yusuf, H. (2018). Analisis Kebijakan
PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Penerbit Mangku
Bumi. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=pJjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Mushlih,+A.,+Rahimah,+S.+P.,+Ma%E2%80%99fiyatun+Insiyah,+S.+P.,+Muzdalifah,+S.+P.,+Uminar,+A.+N.,+Imami,+F.,+...+%26+Yusuf,
+H.+(2018).+Analisis+Kebijakan+PAUD:+Mengungkap+isuisu+menarik+seputar+AUD.+Penerbit+Mangku+Bumi.&ots=9RkRoYwRzg&sig=UzSeasGk7sWExFxkdoFYGySpbyA
Ramanda, D., Rini, R., & Oktaria, R. (2020). Hubungan Kecerdasan
Emosional dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 77-84.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/22255
Rejeki, S. (2016). Pendidikan Psikologi Anak” Anti Bullying” pada Guru Guru PAUD. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 16(2), 235-248. https://scholar.archive.org/work/br6nyk4kpzd6jdkejjsolgjq5e/access/wayback/http://journal.walisongo.ac.id:80/index.php/dimas/article/download/1091/899
Rusdiana, A., Heryati, Y., & Saebani, B. A. (2015). Pendidikan Profesi
Keguruan: Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. http://senayan.iainpalangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11977&keywords=
Suratiyah, S. (2018). Kepemimpinan Transformasional Dan Organizational Citizenship Behaviour Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 65-85.
http://www.wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/19
Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 140-150.
http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/5180
Srihartini. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam
Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Religion education social laa roiba journal, Vol. 3 No. 2, 236-250. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/404
Supardi, (2013), Kinerja Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Suratiyah, S. (2018). Kepemimpinan Transformasional Dan Organizational Citizenship Behaviour Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 65-85.
http://www.wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/19
Yaumi, M. Penerapan Pembelajaran Aktif: Perspektif Multiple Intelligences. In Seminar Regional tentang Guru Profesional Di Era Digital (Vol. 1, pp. 42-60). Forum Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa. https://repositori.uinalauddin.ac.id/11785/Walter McKenzie, Multiple Intelligences and Instructional Technology(Washington DC: International Society for Technology in Education, 2005), h.58.https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=uhHXNQSwO8C&oi=fnd&pg=PR8&dq=Walter+McKenzie,+Multiple+Intelligences+and+Instructional+Technology+(Washington+DC:+International+Society+for+Technology+in+Education,+2005),+h.58.&ots=zjkhF_HvjL&sig=ezkKGipPS_HN27arDaoH6jbLT_Q
Yaumi, M. Penerapan Pembelajaran Aktif: Perspektif Multiple Intelligences. In Seminar Regional tentang Guru Profesional Di Era Digital (Vol. 1, pp. 42-60). Forum Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa. https://repositori.uinalauddin.ac.id/11785/
Yaumi, M. (2012). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Aktivitas Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Disertasi. Jakarta:Program
Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Yaumi2/publication/329528535_Increasing_Teachers'_Performance_through_Multiple_IntelligenceBased_Learning_Activities_PENINGKATAN_KINERJA_GURU_MELALUI_AKTIVITAS_PEMBELAJARAN_BERBASIS_KECERDASAN_JAMAK/links/5c0e2ed692851c39ebe1e599/Increasing-TeachersPerformance-through-MultipleIntelligence-BasedLearningActivities-PENINGKATANKINERJA-GURU-MELALUIAKTIVITAS-PEMBELAJARANBERBASIS-KECERDASANJAMAK.pdf
Yusi Srihartini. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud)
Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Religion education social laa roiba journal, Vol. 3 No. 2, 236-250. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/404
Yulmiati, Y. (2012). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multiple
Intelligences dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada
SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Makassar (Doctoral dissertation,
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). http://repositori.uinalauddin.ac.id/5762
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v6i1.4388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muridian Wijiati, Khairiah Khairiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
toto slot
bandar togel
situs togel