IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PKBM MELATI KEC. RIMBA MELINTANG, RIAU

Andri Hardiyana, Amah Marhamah, As’syifa Nur Fikri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran konstruktivisme sebagai upaya peningkatan nilai moral dan agama pada anak serta mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran kontruktivisme dalam meningkatkan nilai moral dan agama pada anak. Nilai moral dan agama merupakan satu aspek terpenting dalam kehidupan seorang anak, karena aspek ini akan menentukan baik buruknya tigkah laku anak. Model pembelajaran kontruktisvitik perlu di terapkan, agar nilai moral dan agama pada diri anak dapat tertanam dengan baik. Pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan yang menjelaskan bahwa pengetahuan seseorang dibangun oleh dirinya sendiri, pendekatan ini mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuallitatif. Adapun teknik pengumuplan datanya yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan disekolah selama kegiatan berlangsung, sementara wawancara dilakukan kepada guru kelas A TK PKBM Melati Kec.Rimba Melintang, Riau. Berdasarkan penelitian didapat hasil bahwa perkembangan nilai agama moral anak usia 4-5 tahun di TK PKBM Melati Kec. Rimba Meling, Riau memperoleh hasil 75% dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).

Keywords


Model Pembelajaran Kontruktivisme, Nilai Moral dan Agama

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 1.

Asmar, M. d. (2018). Effort to Developt Fine Motor Aspects in Coordinating Eyes and Hands to Make Complex Movement Using Expilicit Instruction Model and Assigment Method. Journal of K6, Education and Management, Vol. 1 No. 3.

Dr. Dadan Suryana, M. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Fauziddin. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curicula, 1 (3).

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. 2.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age

Hamzanwady University, Vol. 3 No. 1.

Putra, H. P. (2019). Konsep Teori Belajar Konstruktivisme Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Primearly, Vol. 2 No. 2.

Siti Aisyah, d. (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks Pertama Putri Media.

Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Dan Pendidikan Keagamaan Orang Tua. Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 3 No. 1.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam

Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. Ulfadhilah, K. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Efektif di Masa

Pandemi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 1.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Jurnal Pendidikan, Vol. 1 No. 1.

Windayani, N. L. (2020). Model Pembelajaran Nilai Agama Dan Moral Bagi Anak Usia Dini Berorientasi Konstruktivistik. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No. 1.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i2.4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andri Hardiyana, Amah Marhamah, As’syifa Nur Fikri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online