PELAKSANANAN TERAPI WICARA DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS USIA 5-6 TAHUN DI SLB AUTIS CENTER KOTA BENGKULU

Nurmi Yanti, Husnul Bahri, Septi Fitriana

Abstract


Anak autis memiliki gangguan dalam perkembangan berkomunikasi, oleh karena itu perlu dilakukan terapi wicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui tahapan pelaksanaan terapi wicara dalam menstimulasi kemampuan berkomunikasi anak autis usia 5-6 tahun di SLB Autis Center Kota Bengkulu, 2) mengetahui hambatan pada pelaksanaan terapi wicara dalam menstimulasi kemampuan berkomunikasi anak autis usia 5-6 tahun di SLB Autis Center Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi wicara sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat perencanaan pelaksanaan terapi wicara yang memiliki tujuan, standar pelaksanaan yang jelas dan memiliki waktu pelaksanaan yang telah terjadwal yaitu seminggu dua kali selama kurang lebih 30 menit tiap terapi. Proses pelaksanaan terapi wicara terdiri dari beberapa tahapan tergantung dengan metode yang digunakan. Adapun metode yang digunakan di Autis Center Kota Bengkulu adalah metode Glenn Doman dan Applied Behavoiural Analysis (ABA). Sarana dan prasarana yang digunakan adalah kartu-kartu bergambar yang terdiri beberapa kosa kata. Evaluasi pelaksanaan terapi wicara dilakukan pada bulan ketiga anak autis mendapat terapi wicara. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan kemampuan berkomunikasi anak autis sebelum mendapat terapi wicara dengan kemampuan setelah mendapat terapi wicara. Kemampuan berkomunikasi dilihat dari aspek komunikasi repseptif dan ekspresif.Hambatan pelaksanaan terapi wicara adalah perilaku anak autis yang tidak fokus dan kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana terapi wicara.

Keywords


Terapi Wicara, Kemampuan Berkomunikasi, Anak Autis

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, 2011, Perkembangan

bAnak Usia Dini, Jakarta: Kencana

Ahmadi, F. 2014. Meningkatkan minat

membaca siswa sekolah dasar dengan

metode glenn doman berbasis

multimedia. Jurnal Penelitian

PendidikanVolume 27 Nomor 1

Tahun 2010 PGSD FIP UNNES

Elizabeth B. Hurlock, 1980, Psikologi

Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Fadlillah, 2018, Bermain Permainan Anak

Usia Dini, Jakarta: Prenamedia.

Hargio Santoso, 2012, Cara Memahami dan

Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus,

Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Helmawati, 2015, Mengenal dan Memahami

PAUD, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

I Nyoman Surna, 2014, Psikologi

Pendidikan, Jakarta: Erlangga.

Inna Hamida Zusfindhana, Penerapan Terapi

Wicara Konsonan B/P.M.W Untuk

Anak Lambat Bicara Usia 4 Tahun,

Jurnal Helper: Vol 35 No.1 di akses

http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/

helper/article/download/1455/1275/

Isjono, 2011, Model Pembelajaran Anak

Usia Dini, Bandung: Alfabeta.

Jaja Suteja, Bentuk dan Metode Terapi

Terhadap Anak Autisme Akibat Bentuk

Perilaku Sosial,

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa

/article/view/2900, pada hari Senin,

tanggal 12 September 2019, Pukul

00 Wib

Jalaludin Rakhmat, 2005, Psikologi

Komunikasi, Bandung: Rosdakarya.

Jenny Thompson, 2010, Memahami Anak

Berkebutuhan Khusus, Jakarta :

Erlangga.

Novan Ardi Wiyani, 2016, Penanganan

Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus,

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugraheni, Menguak Belantara Autisme,

Buletin Fakultas Psikologi Fakultas

Kesehatan Masyarakat UNDIP

Semarang,

https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikolo

gi/article/download/11944/8798, pada

hari Senin, tanggal 12 September

, Pukul 12.00 Wib

Nyoman Surna, 2014, Psikologi Pendidikan,

Jakarta: Erlangga.

Rini Hildayani, 2010, Penanganan Anak

Berkebutuhan Khusus, Jakarta:

Universitas Terbuka..

Saifuddin Azwar, 2012, Metode Penelitian,

Yogyakarta: Gava Media.

Sofan Amri dan Tatik Elisah, 2011,

Implementasi Pendidikan Karakter

Dalam Pembelajaran, Jakarta:

Prestasi Pustaka.

Sri Muji Rahayu, Deteksi dan Intervensi

Dini Pada Anak Autis,

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa

/article/view/2900, pada hari Senin,

tanggal 12 September 2019, Pukul

00 Wib.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif, Bandung:

Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 2014, Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi, 2014, Teori Pembelajaran Anak

Usia Dini, Bandung: Rosdakarya.

Tadkiroatun Musrifoh, 2008, Cerita Untuk

Anak Usia Dini, Yogyakarta: Tiara

Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v4i1.4343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurmi Yanti, Husnul Bahri, Septi Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online