RELEVANSI DONGENG DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Abstract
Pembentukan karakter pada anak usia dini bukan hanya menjadi tanggung jawab guru, tetapi juga tanggung jawab orangtua dan masyarakat lainnya. Sangat penting memahami perkembangan karakter anak sejak usia dini. Usiadini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menentukan perkembangan masa selanjutnya Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Relevansi dongeng dengan pembentukan karakter anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Relevansi dongeng dengan pembentukan karakter anak usia dini.Dalam penelitian ini penulis menggunakan (library tesearch), yaitu; penelitian teks/naskah, penelitian materi bahasa dan sastra, dan penelitian-penelitian suatu korpus yang sumbernya dari bahan-bahan pustaka. Dalam menjawab masalah ini, peneliti mengumpulkan data dengan menyusun atau mengklarifikasi, dan menganalisanya, teknik pengumpulan data mengadakan studi penelaan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubunganya dengan masalah yang dipecahkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dongeng merupakan metude yang sangat bagus untuk pembentukan karakter anak usia dini karena dangan dongeng anak akan lebih capat memahami pesan moral dan karakter apa yang ingin di sampaikan melalui dongeng tersebut . Oleh karena itu pembentukan karakter perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Ada puncara pengembangan karakter yaitu melalui pola pengasuhan dari lingkungan keluarga, sekolah, dan peran ligkungan masyarakat.
Kata kunci: Relevansi, Dongeng, pembentukan karakter
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah,Spd, Kamus basar bahasa indonesia, hal 274
Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan anak tiga tahun pertama, ( Jakarta: PT Refika Aditama, 2011) hlm 161
Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2017) hlm 1
Ahmad Susanto, perkembangan anak usia dini, (jakarta: kencana prenada media group, 2012) hal 2
Amirulloh Syarbini,model pedidikan karakter dalam keluarga,(Jakarta:PT Gramedia,2013) Hlm 39
Heri Gunawan, pendidikan karakter kondep dan implementasi, (Bandung: Alfabeta, 2017) hlm 3
Heru Kurniawan, keajaiban mendongeng, ( Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, 2013) hlm 71
Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep dan model pendidikan karakter,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011) Hlm 148
Mustika Zed, metode penelitian kepustakaan (jakarta; yayasan obor Indonesia,2017) hal 3
Novan Ardy Wiyani, Konsep Dasar PAUD ,(Yogyakarta: Gava Media, 2016) Hlm 8
Suyadi. Teori pembelajaran anak usia dini,(Bandung,PT Remaja Rosdakarya) Hlm22
Winda B. Nungtjik, Mendongeng untuk anak usia dini, ( Tanggerang Selatan: Aksara pustaka endukasi, 2016) Hlm 37
Yuliani Nurani Sujiono konsep dasar pendidikan anak usia dini, (jakarta:PT Indeks,2014) hal 6
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Eliya Nopita Sari, Husnul Bahri, Fatrima Santri Syafri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah


