PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BAGI ANAK USIA DINI
Abstract
Kajian ini menjelaskan tentang Pendidikan resolusi konflik bagi anak usia dini. Pendidikan resolusi konflik pada anak usia dini merupakan hal yang sangat urgen. Hal ini disebabkan anak usia dini adalah pondasi awal dalam penanaman dan penengenalan serta pembiasaan karakter damai dalam menyelesaikan konflik. Dalam mengembangkan pendidikan resolusi konflik bagi anak usia dini, perlu memperhatikan tentang pendidikan menguraikan masalah, pemecahan masalah dan menghilangkan permasalahan atau peace bulding education. Pendidikan tersebut tetap memperhatikan kemampuan orientasi, kemampuan persepsi atau menghargai perbedaan, komampuan saling percaya, dan kemampuan emosi atau kecerdasan emosi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berfikir kreatif, dan kemampuan berfikir kritis.
Kata Kunci : Pendidikan, Resolusi Konflik, dan Anak Usia Dini.
Full Text:
PDFReferences
Atosokhi, Antonius Gea, dkk, 2002. Relasi dengan Sesama, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Depag RI, Manajemen Konflik Umat Beragama (Jakarta: Depag RI FKUB, 2003), hlm. 28.
Depdiknas. 2008. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2008; Taman Kanak-kanak, Jakarta: Depdiknas.
Deutsch, Morton dan Colemen, 2006. The Handbook of Conflict Resolution, Theory and Practice, San Fransisco: Jossey Bass Publisher.
Fisher, Simon, 2001Mengelola Konflik, Keterampailan dan Strategi untuk Bertindak, (Jakarta: The British Council.
Hasan, Maimunah. 2009. PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini Panduan Lengkap Manajemen Pendidikan Mutu Anak Untuk Para Guru dan Orang Tua, Yogyakarta: Diva Press.
Hunt M.P dan Metcalf, 1996. Ratio and Inquiry on Societys Closed Areas dalam Educating the Democratic Mind, New York: State University of New York Press.
Liliweri, Alo, 2005. Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultur (Yogyakarta: LkiS.
Maftuh, Bunyamin. (2005), Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas. Disertasi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Paul L, Jhon, 2003. The Little Book of Conflict Transformation, USA: Good Books
Pruitt, Dean G. dan Jeffrey Z. Rubin, 2004. Social Conflict Escalation, Stalemate, and Settlement, terj. Helly P. Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Teori Konflik Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rubaidi, 2007. “Diseminasi Pendidikan Perdamaian Berbasis Agama: Gagasan Intensifikasi Konsep Peace building Berbasis Agama”, dalam Thohah Hamim, Resolusi Konflik Islam Indonesia. Yogyakarta: LkiS.
Sugihartono dkk, 2007. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.
Sriyanto, Agus, “Penyelesaian Konflik Berbasis Budaya Lokal “, IBDA` Jurnal Studi Islam dan Budaya, Vol. 5, No. 2, Jul-Des 2007.
Wirawan, Sarlito, 2006. Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v2i1.1516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wira Hadi Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah


