Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa di MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu

Rulita Mandasari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa. 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu sebanyak 105 orang, kemudian pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dengan teknik pengambillan sampel menggunakan sampling secara probabilitas, yaitu proportionate stratified random sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 78 orang. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara sumber belajar  dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa sebesar 3,99 dengan F hitung sebesar 5,843 dan nilai F tabel untuk responden sebesar 78 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 3,99 maka dapat diketahui F hitung > F tabel atau 5,843 > 3,99 dan F sig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikansi antara sumber belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi  belajar siswa sebesar 15,2%. Hal ini semakin sering memanfaatkan sumber belajar dan pengelolaan kelas maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu.


Keywords


Pengelolaan kelas, sumber belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2010

Abdullah, Ramli. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XII No. 2

Afriza. 2014. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi

Ardiamto, Chandra Ertikanto dan I Dewa Putu Nyeneng. 2019. Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. JPF. Vol. VII. No. 1

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Aslamiah dkk. 2022. Pengelolaan Kelas. Depok: Rajawali Pers

Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia

Djabba, Rasmi. 2019. Implementasi Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Sulawesi Selatan: Agma

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Febry, Timotius dan Teofilus. 2020. SPSS Aplikasi Pada Penelitian Manajemen Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Jailani, M. Syahran dan Abdul Hamid. 2016. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Nadwa Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10, Nomor 2

Jiwandono, Nahnu Robid. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Mahasiswa Semester 4 (Empat) Pada Mata Kuliah Psikolinguistik. Ed-Humanistics. Volume 04 Nomor 01

Kusnadi, Edi. 2008. Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis. Lampung: Ramayana Press dan STAIN Metro

M, Hamdani dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference Volume 16, Nomor 1

Mahmudah. 2018. Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. JK 6 (1)

Mu'awanah. 2011. Strategi Pembelajaran Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru. Jawa Timur: STAIN Kediri Press

Nuryanti, Lilis dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2

Pristiwanti, Desi dkk. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6

Rambe, Andina Halimsyah. 2021. Media Dan Sumber Belajar Di MI/SD. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Rusman. 2018. Manajemen Pengelolaan Kelas (Pendekatan dan prosedur). Surabaya: UMSurabaya Publishing

S., Samsinar. 2019. Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 13, No. 2

Sudrajat, Dicky Ramadhan dkk. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Khz Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 9, No.2

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan. Bandung: Alfabeta

Suhirman. 2018. Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah Journal of Early Childhood Islamic Education Vol.2 No.1

Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1

Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 3 No. 2

Tim Penyusun. 2010. Buku Pedoman Karya Ilmiah. Lampung: STAIN Metro

Widiawati, Hema. 2019. Pengaruh Manajemen Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri Di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 1

Wulansari, Andhita Dessy. 2016. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Felicha

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA)

Zakiah, Linda dan Ika Lestari. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i2.4986

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i2.4986.g4143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rulita Mandasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.