Pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) Nurul ‘Ilmi Terhadap Pengamalan Ibadah dan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bengkulu

Dinda Putri Arini, Asiyah Asiyah, Moch Iqbal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk menganalisis pengaruh kegiatan rohis Nurul ‘Ilmi terhadap pengamalan ibadah pada siswa di MAN 1 Kota Bengkulu (2) untuk menganalisis pengaruh kegiatan rohis Nurul ‘Ilmi terhadap tahsin Al-Qur’an pada siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota Rohis yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, tes lisan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Rohis berpengaruh signifikan terhadap pengamalan ibadah dan tahsin Al-Qur’an siswa. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai konstanta α sebesar 18,796 dan koefisien variabel bebas (X) sebesar 0,802, menghasilkan persamaan regresi Y1 = 18,796 + 0,802X. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 92,3% menunjukkan pengaruh kegiatan Rohis terhadap pengamalan ibadah. Uji t menunjukkan t hitung 21,307 > t tabel 1,685 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Selanjutnya, uji regresi linier sederhana untuk tahsin Al-Qur’an menunjukkan nilai konstanta α sebesar 8,176 dan koefisien variabel bebas (X) sebesar 0,916, menghasilkan persamaan regresi Y2 = 8,176 + 0,916X. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 91,4% menunjukkan pengaruh kegiatan Rohis terhadap tahsin Al-Qur’an. Uji t menunjukkan t hitung 20,110 > t tabel 1,685 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan Kerohanian Islam Nurul Ilmi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengamalan ibadah dan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Oleh karena itu, kegiatan Rohis ini penting untuk terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan siswa.


Keywords


Kegiatan Kerohanian Islam; Pengamalan Ibadah; Tahsin Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abror, Khoirul. Fiqih Ibadah. Yogyakarta: Phoenix Publisher (2019)

Aderibigbe. “Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Akhlak Siswa Di Smk Negeri 29 (Stm Penerbangan) Jakarta.” Energies 6, No. 1 (2018):1–8.

Afifah, I., & Sopiany, H. M. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Terhadap Tingkat Keberagamaan Siswa Di Smp N 7 Bandar Lampung Tahun. Vol. 87, 2017.

Arfina. “Pengaruh Kegiatan Rohis Terhadap Perkembangan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Pengurus Dan Peserta Kegiatan Rohis Di Smk Negeri I Sinjai” (2020).

Firly. Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Di Sma Negeri 1 Bulakamba Brebes, 2020.

Ying Gao, et.al. “Peran Ekstrakurikuler kerohanian Islam Dalam menumbuhkan Semangat Beribadah Siswa Di Sma Negeri 5 Kota Bengkulu.” Aleph 87, No. 1,2 (2023): 149–200.

Hsb, Nella Rahmadani. “Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Rohis Dan Kedisiplinan Melaksanakan Sholat Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa Di Smk Swasta Dewi Sartika Bilah Negeri Lama Kabupaten Labuhan Batu” (2022).

Irfannuddin. “Pengamalan Ibadah Melalui Pendidikan Islam Di Majelis Ta’lim An-Nahdiah Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa.” A Psicanalise Dos Contos De Fadas. Tradução Arlene Caetano (2018): 466.

Ke, Molaba. “Pengaruh Keikutsertaan Siswa Dalam Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Sma N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016.”: 147, No. March (2016): 11–40.

Mts, D I, And Negeri Biringkanaya. Pengamalan Ibadah Peserta Didik, 2022.

Mushbihah Rodliyatun, “Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Siswa Di Smp Nahdlatul Ulama Palembang”, 15

Mustafa. “Pengaruh Pemahaman Fikih Terhadap Pengamalan Ibadah Siswa Di

Purnamasari, Rana. “Faktor Penyebab Kurangnya Pengamalan Ibadah Pada Remaja” (2023).

Raudatul Mardiah. “Pengaruh Aktivitas Mengikuti Pembelajaran Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar” (2016): 1–23.

Rohibah. “Minat Siswa Mis Hidayatul Muhajirin Palangkaraya Terhadap Membaca Al- Qur’an Melalui Tahsin Al- Qur’an” (2020).

Rokib. “Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas X.” Repository.Uinjkt.Ac.Id (2018). Sari, Ria Dona. “Pengaruh Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Desa Ngestirahayu Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.” Iain Metro Lampung (2018): 2.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed methods), (Bandung: Alfabeta, 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.3976

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i1.3976.g4118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinda Putri Arini, Asiyah Asiyah, Moch Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.