Kompetensi Kepribadian Guru PAUD dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Delima Kota Bengkulu

Nasratul Husna, M. Nasron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru dalam pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Delima Kota Bengkulu. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di PAUD Delima kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan validasi data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di PAUD Delima  berusaha untuk terus meningkatkan kualitas diri dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak, sehingga dapat menciptakan generasi penerus yang unggul Namun, terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan, kondisi geografis guru yang tinggal cukup jauh dari tempat mengajar serta kendaraan yang tidak selalu ada. Kepala sekolah harus berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru melalui pemantauan, pembinaan, serta penerapan sistem teguran terhadap guru guru. Kepala sekolah juga  menyediakan kesempatan bagi tenaga pendidik untuk mengembangkan profesionalisme melalui pelatihan, seminar, dan kegiatan pembelajaran.Untuk meningkatkan kualitas kompetensi kepribadian guru PAUD penting bagi setiap pendidik untuk terus mengembangkan diri melalui berbagai pelatihan dan pengalaman.

Kata Kunci: Kompotensi Kepribadian Guru PAUD, Karakter,Anak Usia Dini

Abstract         

This research aims to analyze the personality competencies of teachers in forming the character of early childhood in PAUD Delima, Bengkulu City. Using a qualitative approach with descriptive methods, this research was carried out at PAUD Delima, Bengkulu City. Data was collected through observation, interviews and documentation, with data validation through triangulation. The results of the research show that teachers at PAUD Delima strive to continue to improve their quality and provide the best for children, so that they can create a superior next generation. However, there are external factors that influence discipline, the geographical condition of teachers who live quite far from their place. teaching and vehicles that are not always available. School principals must play an active role in improving teacher personality competence through monitoring, coaching, and implementing a warning system for teachers. School principals must also provide opportunities for teaching staff to develop professionalism through training, seminars and learning activities. To improve the quality of personality competence of PAUD teachers, it is important for every educator to continue to develop themselves through various training and experiences.


Keywords


Teacher Personality Competence in Early Childhood Education; Character; Early Childhood;

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni Dewi Anastasia.( 2017) Kompotensi kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini, e-jurnal Pendidikan Anak.3.(2):34

Ardiana, Dewa Putu Yhudi, Dkk. (2021). Metode Pembelajaran Guru.cet. 1; Yayasan Kita Menulis.

Alimni, Alfauzan Amin, Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Toleransi Di Mi Plus Nur Rahman Kota Bengkulu .Hal 5.

Alimni, Penerapan Pendekatan Deepdialogue And Critical Thingking (Dd&Ct) Untuk Meningkatkan Mutu Proses Dan Hasil Belajar Pai Siswa Kelas Viii Smpn 20 Kota Bengkulu, Jurnal An-Nizom | Vol. 2, No. 2, Agustus 2017.hal 230

Dewi aftika Resha, Suryana Dadan.(2021) Menganalisis Kompotensi Guru PAUD Yang Propesional.Journal(of Educational and Language Research).1.(5):3.

Daryanto dan Darmiatun,Suyatri. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.cet. 1; Jogjakarta: Gava Media.

Eka Sapti Cahyaningrum (2017), Pengembangan Nilai Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan,e-jurnal Karakter, 6(2):208-209.

Ellyn Sugeng Desyanty, Rezka Arina Rahmah, (2019) Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan,Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 kota malang. Jurnal Pendidikan Nonformal 6(1):94.

Farida, Anna. (2020). Membangun Kemitraan Kelurga dan Sekolah. Cet. 1; Bandung: Nuansa Cendikia.

Fakhrudin, Asep Umar. (2019). Menjadi Guru PAUD. Cet.1; Jakarta Gramedia.

Harun, Dkk. (2020) Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Pada Anak Usia Dini. UNY Press.

Hutami, Dian. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak . Cet.1 Yogyakarta; Media Nusantara.

Irhamna, Purnama Sigit,(2022). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1):73-74

Isnaenti Fat Rochimi Suismanto,(2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini di kelompok B2 TK Nurul Ummah Kota gede Yogyakarta, Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4):7.

Karmila. dkk. (2016). Analisis Kedisiplinan Kinerja Guru. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasir Pengaraian.

Kartikowati Endang, Dan Zubaedi.(2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Anak Usia Dini dan Dimensi Dimensinya. Cet,1; Jakarta: Prenamedia Group.

Muchtar Dahlan Achmad, Suryan Aisyah,(2019) Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud Jurnal Pendidikan. 3 (2):53

Nata, Abuddin.(2018). Psikologi Pendidikan Islam. Cet 1; Depok: Rajawali Pers.

Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permana intan ayu, Eliza delfi. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu.6(3):3.

Rahman, Hardianto. (2020). Model pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Cet.1; Jawa Tengah: Pena Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2017). Konsep dam Model Pendidikan Karakter.cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samsinar dkk. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Akademia Pustaka.

Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, (Jakarta: Pt Rajagrafindopersada, 2014), Hlm. 47

Vitaloka, Wulandari. (2021).Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.Cet.1; Bandung; Media Sains Indonesia.

Zubaedi, (2017).Strategi Taktis Pendidikan Karakter.Depok:PT Rajapindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i2.6796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/

AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International