Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Pemahaman Nilai Agama Dan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di TK Witri 1 Kota Bengkulu

Ollyvia Mardatillah

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh pemahaman nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini dimana itu merupakan salah satu dari capaian pembelajaran yang harus dipenuhi dalam kurikulum merdeka. Dalam mencapaian tujuan tersebut banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh sekolah agar pemahaman mengenai nilai agama dan budi pekerti tercapai dengan baik dan optimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu metode pembiasaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembiasaan terhadap pemahaman nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah penelitian kombinasi (mixed methods) menggunakan desain Explanatory Sequential Design yang dimana penelitian ini mendahulukan penelitian kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembiasaan terhadap perkembangan nilai agama dan budi pekerti anak usia dini di TK Witri 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai  lebih besar dari dengan nilai  sebesar 6,436  dan  sebesar 2,013 dengan N-2 = 46 dan taraf signifikannya 5% (  > ). Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,474 atau sama dengan 47,4%. Angka tersebut mengandung arti bahwa sumbangan atau kontribusi penerapan metode pembiasaan terhadap pemahaman nilai agama dan budi pekerti anak usia dini sebesar 47,4%.  Hasil analisis perlakuan mengenai metode pembiasaan yang diterapkan oleh lguru di TK Witri 1 menunjukkan bahwa metode yang digunakan sudah cukup efektif dalam membentuk nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini. Guru-guru di TK Witri 1 telah menerapkan berbagai metode pembiasaan yang terstruktur, seperti rutinitas doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan belajar, memberikan contoh perilaku positif, serta penerapan aturan yang konsisten. Metode pembiasaan yang diterapkan di TK Witri membawa perubahan perilaku anak menjadi lebih positif dan juga perilaku anak lebih terarah dan melakukan kegiatan yang teratur setiap harinya.

Keywords


Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Pemahaman Nilai Agama Dan Budi Pekerti Anak

Full Text:

PDF

References


Abdul, Aren Rose Juwa, Lilif Muallifatul Khorida Filasofa, And Muslam. “Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini.” KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 2024, 9–33. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V5i1.14331.

Aini, Nadhifa Qurrotu, Nandang Faturohman, And Dadan Darmawan. “Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Guna Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Di KB Azzahroh Serang.” JECIE (Journal Of Early Childhood And Inclusive Education) 6, No. 2 (2023): 98–113. Https://Doi.Org/10.31537/Jecie.V6i2.1051.

Akhyar, Yundri, And Eli Sutrawati. “Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak.” Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, No. 2 (2021): 132–46. Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V18i2.363.

Alimni, Alfauzan Amin, And Muhammad Faaris. “Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Toleransi Di MI Plus Nur Rahman Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Edukasi Multikultural 3, No. 1 (2019): 8–28. Https://Www.Academia.Edu/Download/92541654/479048956.Pdf.

Amalia, J, A K Jaelani, And I Rachmayani. “Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Pembiasaan.” Journal Of Classroom … 5, No. 2 (2023). Https://Jppipa.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jcar/Article/View/3069/2407.

Amin, Alfauzan, Wiwinda Wiwinda, Alimni Alimni, And Ratmi Yulyana. “Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 17, No. 1 (2018): 151–60. Https://Doi.Org/10.29300/Attalim.V17i1.1418.

Amirudin, Ja’far, Elih Herlina, And Hani Siti Nuraeni. “Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Pada Anak Usia Dini.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2024): 82–90. Https://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan/Article/View/258/159.

Ananda, Rizki. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini” 1, No. 1 (2017): 19–31. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28.

Ashfarina, Indah Noer, And Dewie Tri Wijayati W. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )” 4 (2023): 1355–64.

Dhalu, M. A, And Sedya Santosa. “NILAI BUDI PEKERTI MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 16, No. 30 (October 25, 2020): 125–32. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No30.A2709.

Gafur, Abdul. “MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN MAWAR PUTIH MARDHOTILLAH DI INDRALAYA.” Titian : Jurnal Ilmu Humaniora 4, No. 1 (2020): 60–73. Https://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Index.Php/Titian.

Haseng, Nadia, And Munirah. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Limboto.” Early Childhood Islamic Education Journal 2, No. 2 (September 25, 2021): 130–47. Https://Doi.Org/10.58176/Eciejournal.V2i2.230.

Hidayati, Nur. “Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan.” TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam 3, No. 1 (2024): 138–42. Https://Jurnal.Staiuisu.Ac.Id/Index.Php/Tarbiyah/Article/View/49/29.

Lina Eka Retnaningsih, Nadya Nela Rosa. Trik Jitu Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jawa Timur: Nawa Litera Publishing, 68AD.

Mulianah, B, D Purwati, And B Mahmud. “Pengaruh Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Jujur Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Ihya Ulum: Early … 2 (2024): 242–57. Https://Jurnal-Fkip-Uim.Ac.Id/Index.Php/Ihyaulum/Article/View/185.

Munawaroh, Hidayatu, Maragustam Siregar, And Siti Fatonah. “PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME.” BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, No. 2829 (2023): 20–30.

Nareswari, Kanya. “Pembinaan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dinamika Sosial : Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Transformasi Kesejahteraan 1, No. 1 (2024): 10–18. Https://Pkm.Lpkd.Or.Id/Index.Php/Dinsos/Article/View/46/52.

Nurma, And Sigit Purnama. “Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK Harapan Bunda Woyla Barat.” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, No. 1 (2022): 53–62. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Yaabunayya/Article/View/11531.

Nursah, Ihlas, Lukman, And Retnoningsih. “IMPLEMENTASI NILAI AGAMA DALAM PENANAMAN NILAI MORAL MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK PEMBINA LAMBU.” Jurnal Pelangi : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6, No. 1 (2020): 1–31. Https://Ejournal.Iaimbima.Ac.Id/Index.Php/Pelangi/Article/View/2651/1051.

Paramitha, Cantika. “Jurnal Comm-Edu Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Paud Kb Al-Fina Tambun Selatan.” Jurnal Comm-Edu 6, No. 2 (2023): 124–28. Https://Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Comm-Edu/Article/View/12313/4363.

Rusdiani, Nurtina Irsad, Linda Setyowati, Nanda Putri Agustina, Nurleha Nurleha, And Ardhana Januar Mahardhani. “Penguatan Moral Dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di TK Negeri Pembina Ponorogo.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 11, No. 1 (February 6, 2023): 89–96. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V11i1.6553.

Sakwin, Dina Lestari, And Muqowim Muqowim. “Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam.” Generasi Emas 3, No. 2 (October 23, 2020): 77–85. Https://Doi.Org/10.25299/Jge.2020.Vol3(2).5137.

Sutrawati, Intan, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani, And Nurhasanah. “MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI.” IJECE: Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education 4, No. 4 (2026): 1–23. Https://Journal.Publication-Center.Com/Index.Php/Ijece/Article/View/1591/377.

Syaikhon, M, And N R Saleh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Pada Anak Usia Dini Di Ra Taam Adinda Kepatihan Menganti Gresik.” TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan … 9 (2023): 26–33. Http://Ejurnal.Unim.Ac.Id/Index.Php/Tarbiya/Article/View/2534.

Tolleng, Husen. “Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai - Nilai Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B PAUD Terpadu Mutiara Hati.” ECEIJ: Early Childhood Education Indonesian Jurnal 2, No. 2 (2018): 165. Https://Www.Jurnal.Unismuhpalu.Ac.Id/Index.Php/ECEIJ/Article/View/517/408.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i1.6792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/

AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International