Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini

Elvis Winda

Abstract


Research aims to develop valid traditional game-based teaching materials to improve the development of children's religious and social emotional values at Nabilah Kindergarten, Bengkulu City. Type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE development model, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjects were 14 children. Instruments used validation sheets (material experts, language experts, practitioner experts), teacher response questionnaires, pretest and posttest. Results were validated by validators from 3 expert teams, namely material experts with a percentage of 95%, language experts of 95%, and practitioner experts of 97.5% in the very valid category. Assessment sheet on the practicality of teachers' responses to teaching materials that have been developed have an average score of 88.8% in the very practical category. Pretest results obtained were 2.0 with poor assessment criteria and the posttest results were 4.1 with good criteria, this shows that traditional game-based teaching materials are effective for children

Full Text:

PDF

References


Abidin Ja‟far, Peranan Sholat Tahajjud & Doa dalam Kesehatan Mental. Yogyakarta: Robait Usman, 2012), 102-105.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Ali Nugraha, Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka,2011).

Alfauzan Amin. Pengembangan Bahan Ajar PAI Pokok Bahasan Aspek Akidah Berbasis Pembelajaran Metafora Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Smpn 17 Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat | Vol. 3 No. 1, 2018.

Alfauzan Amin, Alimni. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog And Criticsl Thinking Dan Peningkatan Karakter Siswa Mandrasah Tsanawiyah’. Tanggerang: Media Edukasi Indonesia, 2021. hal. 8.

Alimni; dkk. Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muara Pinang. Jurnal Pendidikan Tematik.

Alimni. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Al Fadilah Kota Bengkulu. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 2 Desember 2023, Pages 257-265 ISSN: 2830-5868 (Online); ISSN: 2614-7831(Printed).

Alimni, Alfauzan Amin, Meri Lestari. Intensitas Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Agama Islam Siswa Sekolah Menegah Pertama Kota Bengkulu Jurnal El-Ta’dib Program Studi Pendidikan Agama Islam E-Issn: 2775-5533 Universitas Muhammadiyah Bengkulu Volume. 01 Nomor. 02 September 2021.

Asri Musandi Waraulia. 2020. Bahan Ajar: Teori Dan Prosedur Penyusunan. UNIPMA Press (Anggota IKAPI) Universitas PGRI Madiun. ISBN: 978-602-0725-90-1

Ari Wibowo. 2019. Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka Media.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rinekacipta.

Baiq Yunia Herlina. Pengembangan Permainan Tradisional Raba-Raba Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Dusun Sundak Desa Rarang. Jurnal Ilmiah Profesi PendidikanVolume 7, Nomor 4, Desember 2022 ISSN (Print): 2502-7069; ISSN (Online): 2620-8326

Bisri Musthofa, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Pra Sekolah. Yogyakarta: Dua Satria Offset, 2016).

Capaian Pembelajaran Untuk Satuan PAUD. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia 2022.

Conny R.S. 2008. Belajar & Pembelajaran Prasekolah & Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Dalima Septiria. 2020. Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui Alat Permainan Edukatif Magic Box. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Daryanto. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. (Yogyakarta: Gava Media 2013).

Dya Nurli Herliza, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Sway Dalam Pembelajaran Saians Subtema Gejala Alam Kelompok B Di Tk Aisyiyah I Pasar Manna” (2023).

Eka Susanti, dkk. Upaya Mengatasi Anak Hiperaktif Dengan Metode Bermain Raba-Raba Di Ra Al-Hasanah Desa Muara Megang. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-ilmu Keislaman, Volume. 7, Number. 2, Oktober. 2022, Hal: 159 - 172 p-ISSN: 2088-9453, e-ISSN: 2775-1139.

Elizabeth B. Hurlock. Perkembangan Anak.

Elfan Fanhas Fatwa, dkk. 2020. Indonesian Parenting. Jawa Barat: Edu Publisher.

Euis Kurniati, Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak( Jakarta : Prenadamedia Group, 2016).

Hamzah Amir, Metode Penelitian Dan Pengembangan Research & Development (Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019).

Hasan Bin Ahmad Hammam, Terapi Dengan Ibadah “Istighfar, Sedekah, Doa, Al-Qur’an, Shalat, Puasa” (Solo: Aqwam,2010), 81-82.

Hurlock, Elizabeth. 2013. Perkembangan Anak. Erlangga. Jakarta.

Ina Magdalena, dkk. Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 311-326.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: alfabeta.

Iswinarti, Permainan Tradisional Prosedur Dan Analisis Manfaat Psikologis (Malang:Universitas Muhammadiyah Press, 2017). h. 7.

Julia Citra Afriza dan Serli Marlina. Efektivitas Permainan Tradisional Raba-Raba terhadap Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Bahari Pasie Nan Tigo Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 2335-2344 Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Kumpulan Doa Sehari-Hari. Subdit Publikasi Dakwah dan HBI Direktorat Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Cetakan III: November 2013.

Kementrian Pendidikan Nasional: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini; Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal. Membangun Sosial Emosi Anak di Usia 0-2 Tahun. 2011.

Khadijah, Dkk. Hubungan Sosial Emosional Dengan Perkembangan Agama Anak Usia Dini Raudhah Proud To Be Profesional Journal Tarbiyah Islamiyah Volume 6 Edisi 2 Desember 2021 P Issn : 2541 – 3686 E Issn : 2746 – 2447.

Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, “Pengembangan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Lingustik Verbal Anak Usia 4-5 Tahun.”

Linda Arsita. Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kcamatan Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H.

M. Khalilurrahman Al-marfani, Keutamaan Do'a & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Dan Sejahtera, (Jakarta: Wahyu Media, 2016), Hal. 30

Masganti Sit, Perkembangan Peserta Didik (Medan: Perdana Publishing, 2012), 1.

Mawardi Labay El Suithni, Zikir dan Doa dalam Kesibukan, (Jakarta, Al-Mawardi Prima : 2013), h. 64.

Megawangi, Pendidikan Karakter. Jakarta: Heritage Foundation, 2011). hal. 23

Meilian Arsanti. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Jurnal Kredo Vol. 1 No. 2 April 2018.

Misnaiyah, dkk Universitas Bina Bangsa Getsempena (Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 3, Nomor 2, September 2022, E-ISSN: 2807-8624) dengan judul Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Permainan Tradisional Raba-Raba Pada Anak Kelompok A TK Negeri Beurabo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik), (Jakarta: bumi aksara, 2010), h. 68

Nabilah ‘Ainun Nafi. 2023. Pembiasaan Membaca Doa Sehari-Hari Sebagai Upaya Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla, Thailand Selatan. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Nilawati Tadjuddin. 2014. Meneropong Perkembangan Anak dalam Prespektif AlQuran, Heyra Media, Depok.

Novan Ardy Wiyani, Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).

Novi Ade Suryani Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A, , Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (2), 141-150 e-issn:2621-2382 p-issn: 2527-9270, Publish: 28 Juli 2019

Nurjannah. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Jurnal Hisbah: Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam Vol.14, No. Juni 2017

Permainan Anak-Anak Daerah Lampung. Departement Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Lampung Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Lampung Tahun 1981/1982.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi RI Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Poni Saltifa, “Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berorientasi Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa,” Equation 3, no. 1 (2020): 34–45.

Rachmawati, Yeni. Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. PAUD4103

Rahmadani. Pengenalan Permainan Tradisional Jawa, Sunda, Batak & Cina untuk tingkat sekolah dasar. Batam: Abdimas-Polibatam Vol.1 No.1 Juni 2019

Rini dkk dalam Nurjannah. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Jurnal Hisbah: Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam Vol.14, No. Juni 2017

Saifuddin Aman, Belajar Islam Bersama Ayah Dan Bunda, (Jakarta, ABC Al-Mawardi: 2010), hal. 12

Siti Aisyah, Evih Noviyanti, dan Triyanto. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. (Jurnal Salaka Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabda, 2013. Metode Penelitian Pendidikan, 23rd edn (Bandung: Alfabeta, 2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research and Development (Bandung: Alfabeta, 2019).Hal.766.

Sukirman Dharmamulya, Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press, 2008).

Tadkiroatun Musfiroh dan Sri Tatmingsih, Bermain dan Permainan Anak, (Tangerang selatan: Universitas Terbuka, 2015).

TM. Hasbi Ash Shiddieqy, Pedoman Dzikir dan Doa, (Jakarta, PT. Bulan Bintang: 2011) Cet. 2. hal.99.

Umi Khomsiyatun, dkk. 2018. Permainan Tradisional untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Spektrum Nusantara.

Winda Gunarti, dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Jakarta.

Wati, Ruja. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar Di Lingkungan Keluarga Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 8, Nomor 2, November 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i1.5604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/

AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International