Islamic Propagation in Tiktok Algorithm: The Effectiveness of Proselytizing Millennials in The Digital Era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R., & Ubidia, A. T. (2022). Hubungan media sosial TikTok terhadap minat belajar mahasiswa. ISTISYFA: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1, 128–139. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/istisyfa
Chandra, E. (2023). Kekuatan algoritma dalam komunikasi pemasaran digital aplikasi TikTok. Jurnal Komunikasi Digital, 7, 191-200.
Chowdhury, M. A. I. (2024). Usage of social media: Islamic perspective. International Journal for Multidisciplinary Research, 6, 1-3.
Gardner, V., Mayes, E. C., & Hameed, S. (2018). Preaching science and Islam: Dr. Zakir Naik and discourses of science and Islam in internet videos. Die Welt des Islams, 58, 357-391. https://doi.org/10.1163/15700607-00583P04
Hakim, S. (2024). TikTok jadi platform media sosial paling populer pada tahun 2024. Antara News. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/4556802/tiktok-jadi-platform-media-sosial-paling-populer-pada-tahun-2024
Halizah, L. (2024). Dakwah digital: Pengaruh dan potensi TikTok dalam menyebarkan ajaran Islam. Journal of Society and Development, 3, 1-10. https://doi.org/10.57032/jsd.v3i1.109
Hidayana, R. A. (2024). Innovating Islamic preaching through TikTok live streaming and Mobile Legends gaming. International Journal of Linguistics, Communication, and Broadcasting, 2, 90-94. Retrieved from https://ejournal.corespub.com/index.php/ijlcb/index
Jauhari, M., Najikh, A. H., & Maghfiroh, E. (2023). Digital preaching activism: A critical perspective of public relations. Shahih, 8, 46-49.
Kasir, I., & Awali, S. (2024). Peran dakwah digital dalam menyebarkan pesan Islam di era modern. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah dalam Mata Tinta, 11, 59-60.
Matori, Z. A. (2024). Peluang dan tantangan media sosial TikTok dalam pendidikan agama Islam pada era society 5.0. Inspirasi: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 8, 76-88.
Muvid, M. B., Arnandy, D. A., & Arrosyidi, A. (2024). TikTok social media: A breakthrough to the moderation in da’wah education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16, 1193-1204. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.472
Narto, S., & Rizky, R. I. (2023). TikTok menjadi tren 2022 di platform sosial media. Journal of Social and Political Science, 3, 101-114. Retrieved from https://jfisip.uniss.ac.id
Nusti, A., Asmurti, & Kasim, H. S. (2024). Efektivitas konten dakwah pada media sosial TikTok terhadap perilaku mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2, 153–159. Retrieved from https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik
Putri, A. (2024). Strategi pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media dakwah di era milenial. Qawwam: The Leader’s Writing, 5, Juni.
Rahmadhani, S. A., Pratama, D. I., Putri, R. N. A. Z., Rochimah, Z. N., & Ludiansyah, A. R. (2024). Potensi dakwah di media sosial TikTok: Peluang tantangan Islam di era digital. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3, 222-227. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2184
Ramadhan, F. (2020). Algoritma dan ekosistem dakwah: Studi tentang penyebaran konten Islam di platform digital. Jurnal Penelitian Agama, 12, 65-80. https://doi.org/10.23456/jpa.2020.123.65
Rizky, M. R. N. (2024). Analisis literasi digital pustakawan dalam menghadapi era transformasi masyarakat informasi. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5, 21-28.
Rochmah, N. H. (2022). Effectiveness of using the TikTok application as a digital da’wah media for Generation Z (Study of TikTok accounts @Basyasman00). QAULAN, 3, 55-58.
Suwahyu, I. (2024). Peran aplikasi TikTok dalam dakwah Islam. Referensi Islamika: Jurnal Studi Islam, 2, 45-53.
Wulansari, S. M. (2024). Metode dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di aplikasi TikTok [Disertasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].
Febriana, A. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok sebagai Media Dakwah; Studi Kasus Ustad Syam di akun @syam_elmarusy. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 11(2), 180-194. ejurnal.iainpare.ac.id
Nurmaya, S., & Rizki, J. S. W. (2024). Pemanfaatan TikTok sebagai Media Dakwah di Kalangan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Al-Jamahiria: Journal Komunikasi dan Dakwah Islam, 2(1), 90-105. ejournal.uinbukittinggi.ac.id
Putra, R. A., & Adde, E. (2023). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Dakwah untuk Generasi Z. Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 7(1), 58-70. e-journal.metrouniv.ac.id
Agis, D. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Dakwah di Kalangan Remaja Islam. Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 15(1), 45-60. jurnal.uinsyahada.ac.id
Sari, D. P., & Putri, A. M. (2023). Sistem Komunikasi Dakwah di Era Digital melalui Instagram, TikTok, dan YouTube. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 13(1), 85-100. e-journal.uac.ac.id
Rahman, A. (2024). Potensi Dakwah di Media Sosial TikTok: Peluang dan Tantangan Islam di Era Digital. Sidu: Jurnal Ilmu Dakwah, 9(2), 150-165. journal.unimaramni.ac.id
Hidayatullah, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Dakwah bagi Generasi Milenial. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 23(1), 112-125. journal.uim.ac.id
Basyasman, H. (2022). Penggunaan Akun TikTok @husainbasyasman sebagai Media Dakwah Digital. Jurnal Komunikasi dan Dakwah Islam, 5(3), 200-215. jurnal.minartis.com
Carolin, I., & Pratiwi, S. (2023). FYP Dakwah Digital Creator Milenial melalui TikTok di Era 5.0. Al-Qalam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 12(1), 67-80. jurnal.stiq-amuntai.ac.id
Pratiwi, S. (2022). Peran TikTok dalam Dakwah Digital: Studi Kasus pada Generasi Milenial. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 14(2), 99-115.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/syi'ar.v25i01.8498
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by :




