Muslim Milenial Sebagai Katalisator Industri Pariwisata Halal Indonesia: Mencari Titik Temu Potensi dan Atensi

Shofi’unnafi Shofi’unnafi

Abstract


Industri pariwisata halal di Indonesia menajdi salah satu sektor penting
untuk meningkatkan perekonomian Negara. Keberadaan dan peran
Muslim milenial untuk mendorong perkembangan pariwisata halal di
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi
muslim milenial sebagai pemercepat sekaligus menjadi pasar industri
pariwisata halal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan library
research, yang mana sumber data diperoleh dari sumber pustaka yang
berasal dari buku-buku, hasil penelitian, jurnal dan bahan-bahan bacaan  lainnya yang masih ada relevansinya dengan topik penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa muslim milenial saat ini gemar untuk melakukan perjalanan dan mengeluarkan sejumlah uang yang dapat meningkatkan perputaran uang dilokasi wisata, sehingga peningkatan pendapatan dan peningkatan perekonomian dapat bergerak naik. Selain itu, muslim milenial begitu lekat dengan teknologi dan media sosial yang akan memberikan peranan sebagai endorser atau promoter bagi pariwisata halal, mengingat muslim milenial akan menceritan pengalaman yang ia dapat dengan kreatifitas yangdimilikinya kepada jutaan pengikut di media sosialnya. Hal ini mendorong pemerintah dan para pelaku industry pariwisata halal diminta menyediakan fasilitas pendukung dan atraksi di industry pariwisata halal serta memberikan perhatian pada wisatawan muslim milenial untuk mempercepat sekaligus menjadi pasar industry pariwisata halal di Indonesia yang dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian Indonesia.


Keywords


Muslim milenial, pariwisata halal, wisata halal, potensi wisata

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar, B, Tan, E, Nair, S, and Lim, T, “Halalifying’ Travel: Reaching For The Muslim

Milennial Travellers”, Proceedings of the Council for Australasian University Tourism and

Hospitality Education (CAUTHE) Conference, Newcastle, New South Wales: University of

Newcastle, 2018.

Alwafi Ridlo Subarkah, “Potensi dan Prospek Pariwisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi

Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat)”, Jurnal Sospol Vol. 4 No. 2, 49-72, 2018.

Bhuiyan, MAH., Siwar, C., Ismail, SM, dan Islam, R, “Potentials of Islamic Tourism: A Case

Study of Malaysia on East Coast Economic Region”, Australian Journal of Basic and Applied

Sciences. Vol. 5, No. 6, 2011.

Chandra, A. A., & Damarjati, D, “Tiga Tahun Jokowi-JK, Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar

Kedua”, https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3687715/tiga-tahunjokowijk-

pariwisata-sumbang-devisa-terbesar-kedua, akses pada 17 februari 2020

Chookaew, S., Chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P, dan Nimpaya, SIncreasing, “Halal

Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country”, Journal of

Economics, Business and Management, Vol. 3, No. 7, 2015.

Eka Dewi Satriana dan Hayyun Durrotul Faridah, “Pariwisata Halal: Perkembangan, Peluang,

dan Tantangan”, Journal of Halal Product and Research, Vol. 01 No. 02, 2018.

El-Gohary, H, “Halal Tourism, is it Really Halal? Tourism Management Perspective”, Vol. 19,

Fitratun dan Ahmad Ajib Ridlwan, “Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan

Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat”, Muslim Heritage, Vol. 3, No. 1, 2018.

Global Muslim Travel Index, “Global Muslim Travel Index 2018. Singapore: Mastercard &

Crescentrating”, 2018.

Herlambang, D. D, “Dampak Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Penduduk

Sekitar Lokasi Wisata Air Terjun Kedung Pedut di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo,

Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo”, GeoEducasia, Vol. 1, No. 1, 1-19, 2016.

Iflah dan Kinkin Yuliaty SSubarsa Putri, “Pariwisata Halal Muslim Milenial”, Jurnal Common,

Vol. 3 No. 2, 2019.

Rahmat, Ihsan., & Ashadi Cahyadi, “Desa Wisata Berkelanjutan di Nglanggeran: Sebuah Taktik

Inovasi”, Jurnal Pariwisata Pesona, Vol. 04, No. 1, 2019.

Intan Shafina Suid, Nor Ashikin Mohd Nor and Hamimi Omar, “A Review on Islamic Tourism

and the Practical of Islamic Attributes of Destination in Tourism Business”, International

Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 7, No. 12, 2017.

Jaelani, A, “Halal tourism industry in Indonesia: Potential and Prospect”, International Review

of Management and Marketing, Vol. 7 No. 3, 23-34, 2017.

Kementerian Pariwisata, “Laporan Akhir Kajian Pengembangan Pariwisata Syariah”.

Kementerian Pariwisata: Jakarta, 2015.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak & BPS, Profil Generasi Milenial

Indonesia, 2018

Kim, S., Im, HH, dan King, BE, “Muslim Travelers in Asia: The Destination Preferences and

Brand Perceptions of Malaysian Tourists”. Journal of Vacation Marketing. 21(1): 3–21,

Kusumaningrum, D. N., Fairuz, A. M., Putri, E. P., & Amalia, E. P, “Trend Pariwisat Halal

Korea Selatan”, Seminar Nasional Gelar Produk (pp. 855-865), Malang: Universitas

Muhammadiyah Malang, 2017.

Master Card and Crescent Rating, “Global Muslim Travel Index 2016”

https://www.crescentrating.com/reports/mastercard-crescentrating-global-muslimtravelindex

- gmti-2016.html, akses pada 17 februari 2020.

Mohsin, A., Ramli, N, dan Alkhulayfi, BA, “Halal Tourism: Emerging Opportunities”, Tourism

Management Perspective, Vol. 19, 2016.

Nugraheni, A. I. P., Nugraha, B. S., Yuda, N. P., & Pancawati, N, “Persepsi Generasi Milenial

Indonesia Terhadap Pariwisata Yang Berkelanjutan”, Jurnal Kepariwisataan, Vol. 13, No.

, 2019.

Organisasi Kerjasama Islam, “Strategic Roadmap for Development of Islamic Tourism in OIC Member

Countries”, Ankara-Turkey: Organisation of Islamic Cooperation: Statistical, Economic

and Social Research, and Training Center For Islamic Countries, 2017.

Pusat Kajian Anggaran / Badan Keahlian DPR RI, “Potensi dan Tantangan Wisata Halal

Indonesia”, Buletin APBN, Vol. 4, No. 9, 2019.

Ramadhany, Fitriani, D. R., Wulandari, C., & Ohorella, N, R, “The Power of “Instagrammable”

In Destination Branding: Jakarta Millenial Tourist Case Study”, In Conference on

Communication and News Media Studies, Vol. 1, 2019.

Remi, S. S., Waluyo, S. D., & Muljarijadi, B, “Peran Pariwisata Dalam Perkembangan

Perekonomian Daerah Studi Kasus Provinsi DKI Jakarta”, Fakultas Ekonomi Universitas

Padjadjaran Ikatan Sarana Ekonomi Indonesia, 122, 2016.

Samori, Z., Salleh, N. Z. M., & Khalid, M. M, “Current Trends on Halal Tourism: Cases on

Selected Asian Countries”, Tourism Management Perspectives, Vol. 19, 2016.

Singh, S, “Generation Z: Rules to Reach the Multinational Consumer,” Boston: Sapient, 2013.

Utama, I. G. B. R., & Mahadewi, N. M. E, “Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan”,

World Halal Travel Summit, “Post Show Report World Halal Travel Summit 2015”, Abu Dhabi:

Committee World Halal Travel Summit, 2015.

Zamani-Farahani, H, dan Henderson, JC, “Islamic Tourism and Managing Tourism

Development in Islamic Societies: The Cases of Iran and Saudi Arabia”, International

Journal of Tourism Research, Vol. 12, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/syr.v20i1.7175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Syi'ar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Syi'ar published by UINFAS Bengkulu and disseminated through lisencing below Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

__________________________________________________

JURNAL ILMIAH SYI'AR
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia