Dominasi Gerakan Salafi di Pogung Dalangan Yogyakarta
Abstract
Salafism is more and more interested byIndonesian’s muslims, specifically in Yogyakarta. The writer gets one of core of salafi studies in Yogyakarta namely Pogung Dalangan region. There are two cores of religion studies namely Pogung Dalangan Mosque (MPD) and Pogung Raya Mosque (MPR). This article explain how Yogyajartas salafi actors do spread their religions doctrine. Theory used is Pierre Bordieu’s theory which is concepts of nigasi, arena,modal,doxa and heterodoxa. Author will view some important things which want to solve in this article. The result of this research is Salafis domination in Yogyakarta producing integration and acception by Pogungs civilians. Refering on Bordieu principals theory, domination can occur because of four principals. First, Economic principal, salafi movement has mosque which can be used as da’wah means. Foundation has strength in economic because it is supported by strong enough donors. Second, Cuture principal, Salafi actors always capaign and purify Islam doctrine. Thirth, social principal, salafi movement in Yogyakarta is connected Global Salafi movement. Arabs fund support and strong network in Indonesia create salafi in Pogung as deep-rooted religions authority. Fourth, Symbolic principal, salafi actroy with “middle east label” make people more trusting
Salafi, semakin hari kian banyak diminati masyarakat muslim Indonesia, terkhusus di Yogyakarta. Penulis menangkap salah satu pusat kajian Salafi di Yogyakarta yakni daerah Pogung Dalangan. Terdapat dua pusat pembelajaran keagamaan yakni Masjid Pogung Dalangan (MPD) dan Masjid Pogung Raya (MPR). Tulisan ini akan melihat bagaimana tokoh- tokoh Salafi Yogyakarta melakukan penyebaran paham keagamaan mereka. Pendekatan yang digunakan memeakai teori Pierre Bordieu yakni konsep unigasi, arena, modal, doxa dan heterodoxa. Penulis akan melihat beberapa hal penting yang ingin dipecahkan tulisan ini. Hasil penelitian ini adalah Dominasi Salafi di Yogyakarta terbukti melahirkan integrasi dan penerimaaan di masyarakat Pogung sendiri. Jika merujuk pada teori modal Bordieu, dominasi terjadi dikarenakan mereka memiliki empat modal. Modal Ekonomi yakni gerakan Salafi memiliki masjid yang bisa digunakan sebagai sarana dakwah. Yayasan kuat secara modal ekonominya dikarenakan ia disokong banyak donatur baik dari dalam maupun luar yang cukup kuat. Modal budaya, Para aktor Salafi selalu di Pogung selali mengkampanyekan, memurnikan ajaran Islam. Modal Sosial ialah Gerakan Salafi di Yogyakarta terhubungan dengan gerakan Salafi dunia. Sokongan Arab dan kuatnya jaringan di Indonesia menjadikan Salafi di Pogung sebagai otoritas keagamaan yang mengakar kuat. Modal Simbolik ialah para aktor Salafi dengan iming-iming label “Alumni Timur Tengah” menjadikan masyarakat lebih percaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Muhammad, dan Yulia Hafizah. 2019. “Conflict and Integration in The Salafi Wahabi Purification Movement in South Kalimantan.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 4:191–201. doi: 10.15575/jw.v4i2.6194.
Amin, M. Ali Syamsuddin. 2019. “Interaksi Sosial Pengikut Salafi Di Kabupaten Majalengka.” JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) 1(2).
Anon. 2023. “Masjid Pogung Raya – Masjid Pogung Raya.” Diambil 6 Mei 2023 (https://masjidpogungraya.com/).
Anon. t.t. “Biografi – Ustadz Abu Nida.” Diambil 6 Mei 2023 (https://abunida.atturots.or.id/?page _id=2).
Asmadi. 2008. Teknik Prosedural Konsep & Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Sleman, Yogyakarta: Salemba. Penerbit
Branchais, Jeudi Aneigia, dan Agus Machfud Fauzi. 2021. “Aktivitas Dakwah Gerakan Salafi Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al- Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(1):52–61. doi: 10.46781/al- mutharahah.v18i1.225.
Darmawan, Arif. 2022. Penggalangan Dana Wakaf di Masjid Pogung Dalangan Yogyakarta.” skripsi, UIN Sunan Kalijaga.
Fajar Sodiq. 2016. “Patung Yesus dan Bunda Maria diduga dirusak di Jawa Tengah dan Yogyakarta.” BBC News Indonesia. Diambil 7 Mei 2023 (https://www.bbc.com/indonesia/be “Strategi rita_indonesia/2016/08/160809_ind onesia_gereja_klaten_vandalisme).
Hidayat, Faiq. 2015. “Ini 16 kelompok radikal Indonesia yang dibai’at pemimpin ISIS | merdeka.com.” merdeka.com. Diambil 6 Mei 2023 (https://www.merdeka.com/peristi wa/ini-16-kelompok-radikal- indonesia-yang-dibaiat-pemimpin- isis.html).
Krismono, Krismono. 2017. “Salafisme Di Indonesia: Ideologi, Politik Negara, Dan Fragmentasi.” Millah: Journal of Religious Studies 173–202. doi: 10.20885/millah.vol16.iss2.art2.
Lembaga Survei Indonesia. 2023. Laporan Survei Nasional: Kekerasan Ekstrem, Toleransi, dan Kehidupan Beragama di Indonesia. Jakarta: Lemnaga Survei Indonesia.
Muhammad Lutfi Zuhdi dan Muh. Ikhsan. 2011. “- PDM Kabupaten Banyuwangi | Muhammadiyah.” muhammadiyah. Diambil 6 Mei 2023
(http://banyuwangi.muhammadiyah.or.id/a rtikel-gerakan-salafi-modern-di- indonesia-detail-225.html).
Noorhaidi Hasan, -. 2018. “Salafism in Indonesia Transnational Islam, Violent Activism, and Cultural Resistance.” Hlm. 246–56 dalam. London: Routledge Taylor & Francis Group.
Nuraini, Pratik Rizki. 2014. “Interaksi Sosial Keagamaan Muslimah Salafi Dengan Masyarakat Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.” skripsi, UIN Sunan Kalijaga.
Saputra, Eko, Iswandi Syahputra, dan Bono Setyo. 2020. “Pemberitaan Media Online: Studi Kasus Konflik Budaya ‘Sedekah Laut’ di Pantai Baru, Ngentak, Bantul, Yogyakarta.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 9(2):175–88. doi: 10.23887/jish- undiksha.v9i2.17542.
Sirait, Arbi Mulya. 2020. “Jemaah Mahasiswa Salafi Di Masjid Pogung Yogyakarta.” Jurnal Sosiologi Agama 14(2):215–34. doi: 10.14421/jsa.2020.142-05.
Syahputra, Muhammad Farhan. 2022. “Islamic Social Enterprise Berbasis Masjid: Studi Pada Bumm Pogung Dalangan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.” skripsi, Universitas Islam Indonsia, Yogyakarta`.
Syarief, Divani Majidullah, Ufairoh Shoofii Abiyyi, Umu Hana Amini, Maiyang Resmanti, dan Asep Yudha Wirajaya. 2022. “Habitus Masyarakat Krapyak Kidul Kota Pekalongan Terkait Tradisi Lopis Raksasa.” CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics) 8(1):105–16. doi: 10.30872/calls.v8i1.6289.
Tuasikal, Muhammad Abduh. 2022. “About Me.” Rumaysho.Com. Diambil 17 Mei 2023 (https://rumaysho.com/about-me).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v16i1.4018
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/
NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International