Implementasi Teori Behaviorisme Ivan Pavlov dalam Membentuk Pola Perilaku Islami Pelajar di Bengkulu Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Teori Belajar Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov dalam membentuk perilaku islami siswa Kelas X (Sepuluh) SMK Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku yang dimiliki oleh siswa kelas sepuluh di SMK Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah secara umum bisa dikatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah, dan masih dalam batas kewajaran. Selanjutnya penerapan Teori Behaviorisme Ivan Pavlov terhadap perilaku islami siswa di kelas sepuluh SMK Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah sudah bisa dilihat melalui perilaku-perilaku yang ditunjukkan dalam keseharian mereka di sekolah. Seperti, siswa perempuan sudah berjilbab, tadarusan sebelum pembelajaran dimulai, dan percaya diri baik dalam proses pembelajaran maupun kegiatan lainnya..
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia group, 2013 Amir Tengku Ramli dan Erlin Trisyulianti.
Pumping student: Memompa Prestasi Menjadi Sang Bintang. Tangerang: Kawan Pustaka, 2016
Anissatul Mufarokah. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Teras, 2009
Annisatul mufarokah, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009
Annurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2014
Asep Jihad, Abdul haris, Evaluasi pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2012
Aslan, Pumping Teacher dalam Tantangan Pendidikan Abad 21, Jurnal Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Vol. 2, No. 2, April, 2017
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014
Dakir, Dasar-dasar Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1993
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Yayasan Penyelenggra Penerjemah/Penafsir Al-Qur’an,1971
Dimyati dan Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999
Eko Putro Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi
Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Emzir. Metodilogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakararta: Rajagrafindo, 2015
Fauzan Amin, Model Pembelajaran Agama Islam, Bengkulu: IAIN Bengkulu Press, 2015
Jakni. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016
Muhammad Takdir Ilahi, Revitalisasi Pendidikan Berbasil Moral, Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2016
Nazir, Model Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 2003 Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Rulam Ahmadi, Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
Saedarmayanti dan Hidayat, Metodologi Penelitian, Bandung : Mandar Maju, 2011
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2013
Sugiyono. Model Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015
Suharsimi Arikunto, Presedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :
Rineka Cipta, 2010
Supardi, Aplikasi Statistika Dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif, Jakarta: Change Publication, 2014
Syaiful Bahri Djaramah, Aswan Zain, Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v15i1.3620
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/
NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International