PEMBAHARUAN PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA ( NU) DALAM ERA DIGITALISASI DI PROVINSI BENGKULU

JULIANSYAH JULIANSYAH

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dan fenomena dalam era digitalisasi yang penuh dengan perubahan paradigma, perubahan kebutuhan, perubahan kebijakkan, sehingga mempengaruhi system nilai budaya (tradisi) suatu bangsa khususnya Indonesia. Berangkat dari latar belakang tersebut, yang ingin dicari jawabannya adalah apa saja apa faktor pendukung Pembaharuan sitem pendidikan Ma’arif Nahḍatul ‘Ulamā’ (NU) dalam era digitalisasi di Provinsi Bengkulu?, lalu apa faktor penghambat Pembaharuan sitem pendidikan Ma’arif Nahḍatul ‘Ulamā’ (NU) dalam era digitalisasi di Provinsi Bengkulu? Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Hasil Secara keseluruhan Pembaharuan sistem pendidikan Ma’arif NU dilakukan dalam segala aspek pendidikan, seperti: tujuan, kurikulum, metode dan model pembelajaran, pendidik dan Tenaga kependidikan, dan jenis dan manajemen lembaga. Fakta yang dapat dilihat adalah semakin berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Ma’arif NU tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidai’yah dan Madrasah Aliayah (MA), serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sampai perguruan Tinggi .Dalam aspek Pembaharuan yang sudah dihasilkan tidak terlepas dari suatu proses perjuangan dalam usahapembahruan pada sistem pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam era digitalisasi di Provinsi Bengkulu, kemudian yang menajdi faktor penghambat, yaitu karena Nahdlatul Ulama memilki kader yang banyak tetapi belum terorganisir secara rapi yang disebabkan mayoritas para tokohNahdlatul Ulama memilkilembaga pendidikan sendiri, yang terutama pondok pesantren.


Keywords


Pembaharuan ,Pendidikan Ma’arif NU dan Era Digitalisasi

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1993. At-Tarbiyah al- Islamiyah, terj. Bustaman A. Ghani dan

Djohar Bahry, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi,Pendekatan Itegratif- Interkonektif, Cet; I Yogyakarta; Pustaka Pelajar Darmawan,

Abdullah, Taufik. 1998. Tradisi dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara , Jakarta: PT. Karya Unipress.

Abdurrahman AR, Susilo dan Labulan. 2017. ”Manajemen Kelembagaan dan

Akademik Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama”. JurnalUniversitas Mulawarman Samarinda, Samarinda Kalimantan Timur. 2. (3). 197-206.

Abdullah, Amin, dkk. 1993. Islamic Studies; Dalam Paradigma Integrasi Interkoneksi. Yogyakarta: Suka Press.

Al-Jamali, Muhammad Fadhil. 1987. Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya:

Bina Ilmu.

Ali, Mohammad. 2007. Dkk, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Pedagogiana Press.

Ali, Mohammad. 2007. Penjaminan Mutu Pendidikan, dalam Muhammad Ali, Dkk, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Paedagogiana Press.

Arifin, 2003. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Assegaf, Rahman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tipologi Kondisi Kasus dan Konsep,

Yogyakarta: Tiara Wacana.

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam; Tradisi Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ancok. 2011. Djamaluddin, Psikologi Kepemimpinan dan Pembaharuan , Surabaya: Erlangga.

Al-Syaibany. 1979. Omar Mohammad Al- Taumy Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di

Sekolah,Yogyakarta: Diva Press.

Andriani, Durri, Dkk. 2003. Cakrawala Pendidikan: E-Learning dalam Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Aunillah, Nuria Isna. 2011. Panduan menerapkan Pendidikan Karakter diSekolah, Yogyakarta: Laksana.

Arifi, Ahmad. (ed). 2009. Politik Pendidikan Islam: Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Digitalisasi. Yogyakarta: Teras.

Azizy, A. Qodri. 2003. Melawan Digitalisasi: Interpretasi Agama Islam. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Azra, Azyumardi. 1995. Pendidikan, Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Azra, Azyurmadi.1998.Pendidikan Islam, TradisibModernisasi Menuju Milinium. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Azra,Azyumardi. 20012. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Mellenium III. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Bawani, Imam . 1993. Tradisionalisme, Surabaya:al-Ikhlas.

Hendro dkk. 2010. Kamus Imiah Populer, Yogyakarta: Bintang Cemerlang

Tafsir, Ahmad. 2000. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Zaini, Hisyam. 2007. Bermawy Munthe, & Sekar Ayu, Strategi Pembelajaran Aktif. (Yogyakarta: CTSD Sunan Kalijaga.

Zuriah Nurul dan Sunaryo Hari. 2009. Pembaharuan Model Pembelajaran Berperspektif Gender, Teori dan Aplikasinya di Sekolah, Cet.I; Malang: UMM Press,

Zuhairini, dkk. 2006. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v14i2.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors