Strategi Edutainment Berbasis Perkembangan Anak Usia Dini

Husnul Bahri

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis konsep pendidikan yang menyenangkan adalah Edutainment.  Edutainment yang diciptakan dengan berbasiskan aspek perkembangan anak usia dini akan dapat memacu tingkatan perkembangan anak usia dini. Jika pendidikan bagi orang dewasa adalah learning by doing maka pada usia dini yang lebih dominan adalah learning by playing. Karena pada usia dini dunia anak anak adalah bermain, bermain substansinya adalah menenangkankan, pendidikan anak usia dini harus dalam kondisi pendidikan yang menenangkan yang dapat diciptakan dalam berbagai bentuk interaksi edukatif yang dapat menimbulkan fantasi-fantasi besar sehingga dapat menumbuhkan ketertarikan anak untuk berada dalam situasi belajar, belajar, nyaman, enjoy, gembira dan tanpa adanya tekanan dan ketakutan dalam proses perkembangan dirinya. Salah satu contoh strategi edutainment berbasiskan aspek perkembangan anak adalah dengan penciptaan permainan edukatif. Permainan edukatif dapat membantu anak dalam mengembangkan dirinya seperti meningkatkan kemampuan berkomunikasi,  berinovasi, meningkatkan cara berfikir, memupuk rasa percaya diri bagi anak, mengembangkan kemampuan bahasa, meningkatkan kemampuan sosialisasi dan stabilitas emosi, serta meningkatkan kecerdasan spiritualnya. Pada akhirnya perkembangan Intelegensi, Emosional, akan membentuk irisan perkembangan spiritual.

Keywords


edutainment, anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Asti Inawati. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untu Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. 1

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa di TK. Jakarta : Depdikbud. -------. (1994). Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar TK (GBPKB TK) Jakarta : Depdikbud.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Echols, J. M. dan Shadily, H. (2005). Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia

Erna Purba. 2013. Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-6 Tahun, Pg-Paud Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.

Gulo,W. (2005). Strategi Belajar, Mengajar. Jakarta: PT.Grasindo.

Hamruni, 2008, Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset,

Hadis, Fawzia Aswin, (tt). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Kemmis, S. & Mctaggart, R. (2005). Participatory action research communicative action and the public sphere, Handbook of qualitative research. London: SAGE Publications.

Lawrence Kohlberg ; Richard H Hersh. 2010. “ Moral Development : a Review of the theory”, Theory into Practice, Vol. 16, No. 2

Moh.Sholeh Hamid, 2011, “Metode Edutainment”, Yogyakarta : Diva press

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana.

Risnawati, Vivit. 2012. Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona Paud, Vol.1.No. 2

R. Conny. (2000). Semsubjekwan. Belajar dan pembelajaran prasekolah dan sekolah dasar. Jakarta: PT. Index.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media Grup.

Sigmund Freud. 1996. Observations On Transference-Love: Further Recommendations On The Technique Of Psycho-Analysis III. The Journal of psychotherapy practice and research, , Vol.2 No.2

Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen. Pendidikan Nasional.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini, (Yogyakarta : Pt Pustaka Aadani)

Suyadi dan Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya. Suyadi. (2010). Psikomogi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Trianto. (2007). Model-ModelPembelajaran Inovatif BerorientasiKonstruktivis. Surabaya. Penerbit Pustaka Publisher.

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2013). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

William C Campbell, Frank J Cavico, Pedro F. Pellet, Bahaudin J. Mubtaja,. 2010. Applying Moral Development Literature And Aethnical Theories To Administration of Taxes In Kosovo, Internasional Business and Economics Research Journal, Vol. 9, No. 7




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i1.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors