PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT MARIA MONTESSORI

fatrica Sayfri

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tentang pemikiran Maria Montessori tentang Pendidikan anak usia dini. Montessori meyakini bahwa ketika dilahirkan, anak secara bawaan sudah memiliki pola perkembangan psikis atau jiwa. Pola ini tidak dapat teramati sejak lahir. Tetapi sejalan dengan proses perkembangan yang dilaluinya maka akan dapat teramati. Anak memiliki motif atau dorongan yang kuat ke arah pembentukan jiwanya sendiri (Self Construction) sehingga secara spontan akan berusaha untuk membentuk dirinya melalui pemahaman terhadap lingkungannya. Metode yang dikembangkan Montessori yaitu pendidikan sendiri, memperhatikan masa peka, dan pendidikan kebebasan dengan pengawasan.  Tujuan pendidikan anak menurut Maria Montessori yaitu membantu para orang tua dalam menerapkan pola pengajaran yang efektif bagi anak mereka. Diharapkan orang tua atau guru, belajar memberikan kepercayaan kepada anak, sehingga memutuskan sendiri dan akan bertanggungjawab sendiri atas perbuatannya

Keywords


Pendidikan, anak usia dini, dan Maria Montessori.

Full Text:

PDF

References


Anita Yus, Model Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2012),

Maria Montessori, (Gerald Lee Gutek, ed.)., Metode Montessori. (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2013)

Agnes Tri Harjaningrum, Dyah Ayu Inayati, dkk. Peran orang tua, 2007.

Fansida PTE Ltd., “Book of Maria Montesoori”, dalam www.infeld.com. Copyright 2001.Diakses pada hari Sabtu, 8 Februari 2014.

Maria Montessori, The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2008)

Abdullah Nashi Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam : Kaidah-Kaidah Dasar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1993), h. 101-102.

Ahmad Janan Asifudin, Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam: Tinjauan Filosofis, (Yogyakarta, SUKA Press, 2009), hal. 17-18

Ja’far Siddik, Konsep Pendidikan Muhammadiyah, Sistematisasi dan Interpretasi Berdasarkan Perspektif Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 1997.

Maimunah Hasan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), (Yogyakarta: Diva Press, 2009.

Suyadi, Konsep Dasar PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Hibana, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta:PGTWI Press, 2002

Wijana, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta.:Universitas Terbuka, 2008)

Ahmad Rithaudin, Adaptasi Metode MontessoriSebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. (Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Elizabeth G Hainstock, Teaching Motessori Inthe Home The Pra School Years, (New York, Plume Book, 1976).

Al-Farani, Membesarkan Anak Dengan Metode Montessori.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v9i2.1529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors