Paradigma Ilmu Pengetahuan dalam Pengembangan Artificial Intelligence (AI): Positivisme vs Konstruktivisme

Didin Halim, Herman H, Ummi Kalsum Syam, Ibunga Tang, Muhammad Ibnu Kafsir Sudding, Muhammad Nur Alil Makmur

Abstract


Abstrak: Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menghadirkan transformasi besar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, kemajuan tersebut juga menimbulkan perdebatan filosofis terkait landasan epistemologis yang digunakan dalam pengembangannya. Artikel ini bertujuan untuk menelaah secara kritis dua paradigma utama dalam filsafat ilmu, yaitu positivisme dan konstruktivisme, serta implikasinya terhadap pengembangan AI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif-deskriptif terhadap literatur akademik terbaru. Hasil kajian menunjukkan bahwa paradigma positivistik mendominasi pengembangan AI modern karena fokus pada objektivitas, data empiris, dan logika algoritmik, sementara konstruktivisme menawarkan pendekatan yang lebih humanistik dengan menekankan nilai sosial, etika, dan konteks budaya. Artikel ini menyimpulkan bahwa integrasi keduanya diperlukan untuk menciptakan sistem AI yang tidak hanya cerdas secara teknis, tetapi juga etis dan berorientasi pada kemanusiaan.


Keywords


Paradigma ilmu pengetahuan, Positivisme, Konstruktivisme, Artificial Inteligence, Etika Teknologi.

Full Text:

PDF

References


Afdilati, A. (2025). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efektivitas Administrasi Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Administrasi Publik Dan Kebijakan Negara, 2(3), 140. https://doi.org/10.62383/komunikasi.v2i3.491

Afriyanti Simorangkir. (2024). PERSEPSI GURU DAN SISWA DALAM PENGGUNAAN ARTIFICAL INTELEGEN CHATGPT SEBAGAI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 8 MEDAN.

Azizah, D. Z. , W. A. P. , & B. L. (2021). Hakikat Epistemologi Artificial Intelligence. Jurnal Inovasi-Teknologi-Dan-Edukasi Teknik, 1(8),592. https://doi.org/10.17977/um068v1i82021p592-598

Billingsley, W. (2024). The Practical Epistemologies of Design and Artificial Intelligence. Science & Education. https://doi.org/10.1007/s11191-024-00517-z

Chen, Y. , A. M. J. , & W. Y. (2023). Artificial Intelligence and Public Values: Value Impacts and Governance in the Public Sector. Sustainability, 15(6), 4796. https://doi.org/10.3390/su15064796

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH . DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

HABIBANI, R. A. , & F. S. (2024). POSITIVISME: KONSEP, PERKEMBANGAN, DAN IMPLEMENTASI DALAM KAJIAN ILMU PENGETAHUAN DAN HUKUM. CENDEKIA Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 524. https://doi.org/10.51878/cendekia.v4i4.3831

JABAR, S. , F. A. , & F. S. (2024). PERAN FILSAFAT ILMU DALAM MENGEMBANGKAN METODE PENELITIAN ILMIAH. CENDEKIA Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 524. https://doi.org/10.51878/cendekia.v4i4.3831

Kudina, O. , & P. I. van de. (2024). A sociotechnical system perspective on AI. Minds and Machines, 34(3). https://doi.org/10.1007/s11023-024-09680-2

Kurniawan, T. (2022). Urgensi Pengesahan Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi Dalam Digitalisasi Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Smart Government. Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2(2), 264. https://doi.org/10.15294/ipmhi.v2i2.55032

Pflanzer, M. , D. V. , B. W. A. , O. D. , L. G. , & S. M. P. (2023). Embedding AI in society: ethics, policy, governance, and impacts. Embedding AI in society: ethics, policy, governance, and impacts. AI & Society, 38(4), 1267. https://doi.org/10.1007/s00146-023-01704-2

Ramadilla, H. S. , S. H. B. , & N. M. (2025). ARTIFICIAL INTELLIGENCE AND LINGUISTICS: THE SYNERGY OF ENGLISH IN SCIENCE AND TECHNOLOGY. LINGUISTICS: THE SYNERGY OF ENGLISH IN SCIENCE AND TECHNOLOGY. CENDEKIA Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 45. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4115

Rasyid, F. , E. & L. A. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF Teori, Metode, Dan Praktek.

Roche, C. , W. P. J. , & L. D. (2022). Ethics and diversity in artificial intelligence policies, strategies and initiatives. AI and Ethics, 3(4), 1095. https://doi.org/10.1007/s43681-022-00218-9

Sarjito, A. (2024). Memahami Dinamika Administrasi Publik dan Implementasi Kebijakan. Saraq Opat Jurnal Administrasi Publik. Saraq Opat Jurnal Administrasi Publik, 5(2), 76. https://doi.org/10.55542/saraqopat.v5i2.670

Shipley, G. P. , & W. D. (2023). Critical AI Theory: The Ontological Problem. Open Journal of Social Sciences, 11(12), 618. https://doi.org/10.4236/jss.2023.1112041

Sigfrids, A. , L. J. , S.-P. H. , & K. E. (2023). Human-centricity in AI governance: A systemic approach. Frontiers in Artificial Intelligence, 6. https://doi.org/10.3389/frai.2023.976887

Tsamados, A. , A. N. , C. J. , M. J. , R. H. , T. M. , & F. L. (2020). The Ethics of Algorithms: Key Problems and Solutions. . SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3662302

Zebua, N. (2024). Optimalisasi Potensi dan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Mendukung Pembelajaran di Era Society 5.0. Pentagon Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, , 2(4), 185. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.314




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v9i2.9530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

   

 

     

 

Creative Commons License
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia (0853-8130-5810)