Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada Anak (Studi kajian secara umum pada Quran Surah Luqman)

Irsal Irsal, Elsya Chintya Dewi, Dini Mahfudzah Aulia, Henny Putri, Valentina Rahmdany, Viona Medwianti

Abstract


Abstract: This article discusses how Luqman Al-Hakim is a role model in character building in children. The results of this study indicate that Luqman al-Hakim in the Qur'an is contained in a surah that is attributed to his name. His name is famous because in the Qur'an there are many teachings and advice to his children in their relationship with Allah (vertical interaction), as well as with fellow humans (horizontal interaction). Ahmad Musthafa Al Maraghi also explained that the asbabun nuzul of the revelation of Surah Luqman Al- Hakim was when the Quraish people asked the Prophet Muhammad about the teachings and example of Lukman Al-Hakim to his son and his son's obedience and obedience to his father's teachings. The implications of Islamic educational values contained in Luqman's letter make the formation of an Islamic personality one of the options to protect children as early as possible from negative environmental influences. The formation of a child's personality is in principle an ongoing process. The process will be better and more successful when parents can combine two factors, namely the preparation factor functions as a process of forming a child's personality before he is born into the world (prenatal), and the implementation factor functions as a process of forming a child's personality after he is born, through formal education and non-formal education. To realize the formation of an Islamic personality both personally and socially.

Keywords: Luqman Al-Hakim, Surah Luqman, instilling moral values.

 

Abstrak: Artikel ini membahas tentang cara luqman Al-hakim sebagai tauladan dalam pembentukan karakter pada anak.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Luqman al-Hakim didalam Al-Quran termuat dalam surah yang dinisbatkan kepada namanya. Namanya terkenal sebab didalam Al-Quran banyak ajaran-ajaran dan nasihat-nasihatnya kepada anak nya dalam hubungan dengan Allah (interaksi vertikal), maupun dengan sesama manusia (interaksi horizontal). Ahmad Musthafa Al Maraghi juga menjelaskan bahwa asbabun nuzul turunnya surah Luqman Al-Hakim adalah tatkala kaum Quraish bertanya kepada Nabi Muhammad mengenai ajaran dan teladan Lukman Al-Hakim kepada anaknya dan kepatuhan dan ketaatan anaknya kepada ajaran ayahnya. Implikasi nilai-nilai pedidikan Islam yang terkandung dalam surat Luqman tersebut, menjadikan pembentukan kepribdian yang Islami sebagai salah satu pilihan guna membentengi anak sedini mungkin dari pengaruh lingkungan yang negatif. Pembentukan kepribadian anak pada prinsipnya merupakan proses yang berkelanjutan. Proses tersebut akan lebih baik dan berhasil manakala para orang tua dapat mengkombinasikan dua faktor, yaitu faktor persiapan berfungsi sebagai proses pembentukan kepribadian anak sebelum ia lahir di dunia (prenatal), dan faktor pelaksaan berfungsi sebagai proses pembentukan kepribadian anak setelah ia lahir,melalui pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Untuk merealisasikan pembentukan kepribadian yang islami baik secara personal maupun sosial.

Kata kunci: Luqman Al-Hakim, Surah Luqman, penanaman nilai akhlak.


Keywords


Luqman Al-Hakim, Surah Luqman, penanaman nilai akhlak.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aeni, Eneng Nur, Eka Yuliani Khoerunisa, and Nika Cahyati. “ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI TELAAH PENDAHULUAN

Pentingnya Pada Usia Dini Dan Uniknya Karakter Yang Dimilikinya Menuntut Adanya Pendekatan Dan Perhatian Yang Memusatkan Pada Anak Yaitu Pedidikan Anak Usia Dini Yang Disesuaikan Dan Pot.” Jurnal Pelita Paud 02 (2017).

Asyari, H, and L Mukarromah. “Pembentukan Spiritualistas Dan Karakter Anak Dalam Perspektif Lukman Al-Hakim. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2),

–171” 3, no. 2 (2020): 159–71.

Ayat, Q S Luqman, Devi Rofidah Celine, and Ahmad Yusam Thobroni. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN UNGGUL PERSPEKTIF” VII, no. 2 (2024): 106–33.

Ayyubi, Ibnu Imam Al, Ai Sri Masfuroh, Firda Noerzanah, Abdul Muhaemin, and Niken Siti Nur Apriyanti. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Q.S Luqman Ayat 13-19.” Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 3, no. 1 (2024): 31–41. https://doi.org/10.58363/alfahmu.

v3i1.181.

Hanif Maulana, Tajussubki. “WasiatLuqman Al-Hakim (Kajian Tafsir Surat Luqman Ayat 13-19).” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2016

(2023): 150.

Hardiansyah, Hardiansyah, Sriyanti Sriyanti, Masganti Sit, and Rahmaini Rahmaini. “Nilai-Nilai Pendidikan Dan Sosial Bagi Anak Dalam QS. Luqman: 12-19.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2023): 167–

https://doi.org/10.56832/edu.v1i2. 34.

Liriwati, Yustisari, Fahrina, and Armizi. “Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13.” Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, no. September (2021): 117–24. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index. php/paudhi/article/view/896.

Masyah, S H. Menjadi Ibu Bapa Genius: Berdasarkan Nasihat Luqman Al- Hakim, Seorang Tokoh Keibubapaan Yang Disebut Allah Di Dalam Quran. PTS Millennia, 2007.

https://books.google.co.id/books?i d=u2HGhZw3N-YC.

Muhammad Fariq, Wan, Amrina Rosyada, and Ulfa Rahma Dhini. “Peran Orang Tua Dalam

Membentuk Karakter Anak Berdasarkan Surah Luqman Ayat 17-19; Perspektif Tafsir Al-Misbah.” Al-Mau’izhoh 5, no. 2 (2023): 377–

https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7 587.

N.F, Siti Rahayu. “LUQMAN AL-HAKIM DALAM KITAB-KITAB TAFSIR.”

Pharmacognosy Magazine 75, no. 17 (2021): 399–405.

Nufus, Fika Pijaki, Siti Maulida Agustina, Via Laila Lutfiah, and Widya Yulianti. “Konsep Pendidikan Birrul Walidain Dalam Qs. Luqman (31): 14 Dan Qs. Al – Isra (17) : 23-24.” Jurnal Ilmiah

Didaktika 18, no. 1 (2018): 16. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1. 3082.

Permadi, Ade Salahudin, and Andriansyah. “Analisis Konsep Pendidikan Islam Parenting Dalam Surah Luqmanayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir.” Pedagogik Jurnal Pendidikan 17, no. 6 (2022):

–76.

Rahma, Annisa, and Kata Kunci. “PENYAMPAIAN PESAN MORAL DALAM ISLAM STUDI KASUS AYAT-AYAT SURAT LUQMAN

(31:16-19).” Multidiciplinary

Scientifict Journal 2, no. 2 (2024):

–19.

Rahmi, Mulia. “Penggunaan Metode Cerita Dalam Penanaman Nilai- Nilai Akhlak Anak.” Journal of Chemical Information and

Modeling 2, no. 2 (2019): 47.

Rohman, Abdul. “Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2016):

–78.

https://doi.org/10.21580/nw.2012. 6.1.462.

Susiatik, Titik, and Thusma Sholichah. “Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah” 1, no. 1 (2021): 16–26.

Syukur, Agus, and Abuddin Nata. “Pendidikan Akhlak Dalam Teladan Luqman Al Hakim.” Jurnal Riset Multidisiplin Dan Inovasi Teknologi 2, no. 01 (2023): 133–47. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i 01.375.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v9i1.8344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

   

 

     

 

Creative Commons License
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia (0853-8130-5810)