Ontologi Filsafat Pendidikan Islam: Studi di Pondok Pesantren Daar El Qolam
Abstract
Abstract: This research uses a qualitative approach with a library research method. The purpose of this research is to understand, analyse, and examine the understanding of the ontology of Islamic education based on existing theories and literature. This study reviews in depth the ontology of Islamic education philosophy, which is a branch of philosophy that discusses the nature of existence and reality in the context of Islamic education. This research highlights the ontological basis of Islamic education which is rooted in the Qur'an and Hadith as the main source. Islamic education is seen as an effort to form humans who have faith, morals, and have a balance between intellectual, spiritual, and social aspects. In this context, pesantren as one of the Islamic education institutions, such as Daar El Qolam Islamic Boarding School, becomes the object of study in the implementation of the ontology of Islamic education philosophy. The results showed that the philosophy of Islamic education is not only oriented towards the transfer of knowledge, but also aims to form humans with character and be able to answer the challenges of the times. Therefore, Islamic education must maintain basic principles such as diversity, skills, justice, and balance in order to continue to be relevant in the development of the modern world.
Keywords: Ontology, Philosophy of Islamic Education, Islamic Boarding School
Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian pustaka (library research). Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, menganalisis, dan mengkaji pemahaman ontologi pendidikan Islam berdasarkan teori dan literatur yang telah ada. Kajian ini mengulas secara mendalam ontologi filsafat pendidikan Islam, yang merupakan cabang filsafat yang membahas hakikat keberadaan dan realitas dalam konteks pendidikan Islam. penelitian ini menyoroti dasar ontologi pendidikan Islam yang berakar pada Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama. Pendidikan Islam dipandang sebagai usaha untuk membentuk manusia yang beriman, berakhlak, dan memiliki keseimbangan antara aspek intelektual, spiritual, dan sosial. Dalam konteks ini, pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam, seperti Pondok Pesantren Daar El Qolam, menjadi objek kajian dalam implementasi ontologi filsafat pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan Islam tidak hanya berorientasi pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga bertujuan membentuk manusia yang berkarakter serta mampu menjawab tantangan zaman. Oleh karena itu, pendidikan Islam harus mempertahankan prinsip-prinsip dasar seperti keberagaman, keterampilan, keadilan, dan keseimbangan agar dapat terus relevan dalam perkembangan dunia modern.
Kata Kunci: Ontologi, Filsafat Pendidikan Islam, Pondok Pesantren.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Putri Yasmin, and Laylatul Mubarok. “Ontologi Filsafat Pendidikan Islam (Studi Kasus: Bahan Ajar Penerapan Literasi Pada Peserta Didik).” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 9 (2023): 6614–24. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2800.
Hadad, Nawi. Ldni Strati Pendidikan. Jakarta: H. Masagung, 1988.
Harisah. FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Prinsip Dan Dasar Pengembangan). Pertama. Jakarta: Cv Budi Utama, 2018.
Liza, Nova, Batu Balang, Limo Koto, Kec Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Jl Padang Galomo Batu Gandang, et al. “Aspek Ontologis Dalam Ilmu Pengetahuan.” Journal on Educatio 06, no. 04 (2024): 20252–57.
Luthfiyah, Luthfiyah, and Abdul Lhobir. “Ontologi , Epistimologi Dan Aksiologi Filsafat Pendidikan.” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (2023): 3249–54. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150.
Mahfud, Mahfud. “Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Islam.” CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.58.
Nisa Pangesti Br Tarigan, Giva, Rezxi Limbong, Wika Wiryanti Siregar, and Azizah Hanum OK. “Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa 1, no. 3 (2022): 99–110. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.408.
Rizih, Rizal Alfa. “Filsafat Pendidikan Islam.” Inspiratif Pendidikan, no. June (2017): 1–4.
Tinggi, Buku Perguruan. Penulis : Asrori, n.d.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v9i1.8278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia (0853-8130-5810)