ANALISIS KRITIS KONTRIBUSI NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh informasi yang diproleh oleh peneliti, bahwa NU sudah lama masuk ke Kabupaten Bengkulu Selatan, namun hakikatnya tidak banyak bukti-bukti keberadaan NU awal tersebut. Masuknya NU terlihat dari lembaga pendidikan Islam di sana, seperti: minimnya Pondok Pesantren, dan belum ditemukannya pendidikan Islam formal yang murni mengatas namakan Lembaga NU yang masih berdiri pada masa sekarang, misalnya Madrasah NU, Sekolah Ma’arif atau Universitas Nahdatul Ulama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kedua, faktor-faktor penghambat kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang analisis kritis kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan analisis kritis kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam perkembangan lembaga pendidikan Islam di kabupaten Bengkulu Selatan. Adapun dari hasil penelitian ini adalah pertama, Nahdlatul Ulama (NU) memberikan kontribusi berupa non materi kepada lembaga pendidikan Islam formal di Kabupaten Bengkulu selatan. Kedua, Nahdlatul Ulama (NU) memberikan kontribusi tidak mengatasnamakan organisasi. Ketiga, kader- kader Nahdlatul Ulama (NU) kurang terorganisir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aly, Hery Noer. 2010. Nuansa Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Kesekretariat Redaksi Nusantara Program Pasca Sarjana STAIN Bengkulu.
Amin, Samsul Munir. 2009. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Hamzah.
Asrahah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidkan Islam,Jakarta: logos wavana ilmu.
Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam.1994.
Ensiklopedi Islam 4. Jakarta Ikhtiar: Baru Van Hoove
Drajat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Edyar, Busman dkk (Ed.) .2009.Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Asatrus.
Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah.
Yogyakarta: Bentang.
Langgulung, Hasan. 2000. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Al- Husna Zikra.
Mahfud, Junaidi dan Mansur. 2005. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Nelmawarni, dkk, 2003. “Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI)”, dalam Sosiohumanika 16B (1).Padang: IAIN-IB Press.
Noer, Deliar. 1980. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942.Jakarta: LP3ES.
Tjandrasasmita, Uka. 1984. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta: PN Balai Pustaka. Steenbrik, Karel A.1974.Pesantren, Madarasah,
Sekolah.Jakarta: LP3ES
Suhartini, Andewi. 2009. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama.
Zahro, Ahmad. 2004. Tradisi intelektual NU. Yogyakarta: PT LKIS Pelangi Aksara.
Qodir, Zuly. 2006. Pembahuruan Pemukiran Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ubaid, Adullah. 2015. Nasionalisme Dan Islam Nusantara. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Bull-Lukenas, Ronal Alan. 2004. Jihad Ala Pesantren di Mata Antropolog Amerika. Yogyakarta: Gama Media
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v2i1.416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia (0853-8130-5810)