INOVASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS DI MI PLUS JA-AL HAQ KOTA BENGKULU

Saepudin Saepudin

Abstract


Pendidikan merupakan elemen penting dalam membangun sumber daya manusia yang cerdas terbuka damai demokratis dan mampu bersaing dan dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga negara Indonesia. Dengan memiliki sumber daya manusia yang bermutu Indonesia diharapkan mampu menghadapi perubahan dan tantangan globalisasi dunia dan pada akhirnya Indonesia dapat menyetarakan dirinya dengan negara-negara yang maju, oleh sebab itu program pendidikan harus selalu ditinjau dan diperbaiki. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungan dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi dalam kehidupan bermasyarakat. Tugas guru bukan hanya mentransfer dan menyuplai berbagai ilmu pengetahuan  kepada peserta didik, tetapi guru mempunyai tugas lebih dari itu karena guru mempunyai fungsi sebagai motivator,inovator, mediator, fasilitator dan evaluator pembelajaran, seorang guru harus mampu menyusun suatu rencana pembelajaran yang tidak saja baik namun juga mampu memberikan ruang gerak kepada peserta didik untuk mampu mencari menemukan membangun membentuk dan mengaplikasikan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari harinya di tengah tengah masyarakat

 

Key words: inovasi, pembelajaran, al-quran hadits.

References


Wawancara dengan Putri Sumariyani, S.Pd.I, 6 Agustus 2016

Wawancara dengan Asep Sunandar, 7 Agustus 2016

Wawancara dengan Vetty, S.Pd.I, 6 Agustus 2016

Wawancara dengan Zainal Arifin, 6 Agustus 2016

Wawancara dengan Putri Sumariyani, S.Pd.I, 6 Agustus 2016

Wawancara dengan Purnama Sari, M.Pd.I, 7 Agustus 2016

Wawancara dengan Zainal Arifin, 6 Agustus 2016

Wawancara dengan Asep Sunandar, 7 Agustus 2016

Wawancara dengan Putri Sumariyani, S.Pd.I, 6 Agustus 2016

Wawancara dengan Asep Sunandar, 7 Agustus 2016

Wawancara dengan Siswa Nabila Putri Kurniawan, 25 Agurtus 2016

Al-‘Aliyy Al-Quran dan Terjemah,2000. Departemen Agama RI, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara

Ash-Shabunie, Moh Ali. 1983. Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur'an. Surabaya: Al-Ikhlas

Baharuddin dan Nur wahyuni, 2007. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Dimyati dan Mudjiono,2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gagne,M.Robert.1988.Prinsip-prinsip Belajar dan Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional

Hamalik,Oemar,2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan dan Moedjiono, 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja

Komaruddin, dan Yooke Tjumparmah.2000. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta bumi Aksara

Moleong, J, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya idarta, Made,1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Saiful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain,2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuhairini,Dkk,1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama.Surabaya: Usaha Nasional

Zuhdi, Masjfuk. 1993. Pengantar Ulumul Qur'an. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Zuhri, Saifuddin dan Syamsuddin Yahya. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.1161/.v5i2.754

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.1161/.v5i2.754.g671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexing by :

   

 

 _______________________________________________

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

 

View My Stats