INOVASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS DI MI PLUS JA-AL HAQ KOTA BENGKULU
Abstract
Pendidikan merupakan elemen penting dalam membangun sumber daya manusia yang cerdas terbuka damai demokratis dan mampu bersaing dan dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga negara Indonesia. Dengan memiliki sumber daya manusia yang bermutu Indonesia diharapkan mampu menghadapi perubahan dan tantangan globalisasi dunia dan pada akhirnya Indonesia dapat menyetarakan dirinya dengan negara-negara yang maju, oleh sebab itu program pendidikan harus selalu ditinjau dan diperbaiki. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungan dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi dalam kehidupan bermasyarakat. Tugas guru bukan hanya mentransfer dan menyuplai berbagai ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi guru mempunyai tugas lebih dari itu karena guru mempunyai fungsi sebagai motivator,inovator, mediator, fasilitator dan evaluator pembelajaran, seorang guru harus mampu menyusun suatu rencana pembelajaran yang tidak saja baik namun juga mampu memberikan ruang gerak kepada peserta didik untuk mampu mencari menemukan membangun membentuk dan mengaplikasikan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari harinya di tengah tengah masyarakat
Key words: inovasi, pembelajaran, al-quran hadits.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Wawancara dengan Putri Sumariyani, S.Pd.I, 6 Agustus 2016
Wawancara dengan Asep Sunandar, 7 Agustus 2016
Wawancara dengan Vetty, S.Pd.I, 6 Agustus 2016
Wawancara dengan Zainal Arifin, 6 Agustus 2016
Wawancara dengan Putri Sumariyani, S.Pd.I, 6 Agustus 2016
Wawancara dengan Purnama Sari, M.Pd.I, 7 Agustus 2016
Wawancara dengan Zainal Arifin, 6 Agustus 2016
Wawancara dengan Asep Sunandar, 7 Agustus 2016
Wawancara dengan Putri Sumariyani, S.Pd.I, 6 Agustus 2016
Wawancara dengan Asep Sunandar, 7 Agustus 2016
Wawancara dengan Siswa Nabila Putri Kurniawan, 25 Agurtus 2016
Al-‘Aliyy Al-Quran dan Terjemah,2000. Departemen Agama RI, Bandung.
Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara
Ash-Shabunie, Moh Ali. 1983. Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur'an. Surabaya: Al-Ikhlas
Baharuddin dan Nur wahyuni, 2007. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyati dan Mudjiono,2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gagne,M.Robert.1988.Prinsip-prinsip Belajar dan Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional
Hamalik,Oemar,2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan dan Moedjiono, 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja
Komaruddin, dan Yooke Tjumparmah.2000. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta bumi Aksara
Moleong, J, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya idarta, Made,1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Saiful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain,2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuhairini,Dkk,1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama.Surabaya: Usaha Nasional
Zuhdi, Masjfuk. 1993. Pengantar Ulumul Qur'an. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Zuhri, Saifuddin dan Syamsuddin Yahya. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/.v5i2.754
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.1161/.v5i2.754.g671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia