IDENTIFIKASI FAKTOR PENENTU PEMILIHAN SEKOLAH AGAMA (STUDI KASUS PADA ORANGTUA DI KELURAHAN KANDANG MAS KOTA BENGKULU)
Abstract
Keluarga muslim adalah benteng utama tempat anak dibesarkan melalui pendidikan Islam. Keluarga muslim adalah keluarga yang mendasarkan aktifitasnya pada pembentukan keluarga yang sesuai dengan syari’at Islam. Pembentukan keluarga muslim dimulai dengan pernikahan.[1]
Baik buruknya tingkah laku anak sangat berkaitan dengan pembinaan agama Islam dalam keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan.Hal tersebut berkaitan dengan hadist yang artinya “Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan suci, bersih, maka kedua Orangtuanyalah yang menjadikan anak itu Yahudi, Nasrani, atau Majusi”. (HR. Muslim).
Orangtua tidak kalah pentingnya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.Orangtua harus berpangkal pada kenyataan bahwa pendidikan bermula dari lingkungan keluarga M. Quraish Shihab mengatakan : keluarga adalah jiwa masyarakat dan tulang punggungnya kesejahteraan lahir batin yang dinikmati suatu bangsa, atau sebaliknya kebodohan dan keterbelakangannya adalah cerminan dari keadaan keluarga-keluarga yang hidup pada masyarakat bangsa tersebut.[1]Pendidikan merupakan hal yang diutamakan oleh orangtua terhadap anaknya sekarang ini.Akan tetapi tidak semua orangtua murid mempunyai pengetahuan yang cukup tentang pendidikan. Oleh sebab itu, dalam masyarakat harus dikembangkan organisasi sosial yang antara lain mengurus pemberian informasi tentang pendidikan anak, khususnya pendidikan yang berlandaskan agama.
Kata Kunci: sekolah agama, orang tua, pendidikan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bagian kedua: Hak dan Kewajiban Orang Tua, Bab IV, Pasal 7 Ayat 1 dan 2
Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam…….., h. 87, lihat Abuddin Nata, Pendidikan mengatasi keberadaan Pendidikan Islam di Indonesia, (Bogor : Kencana, 2003), h. 161
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta : CV. Ruhama, 1995), h. 82.
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung : Remaja Rosdakarya), 2011), h. 24
Ornstein and Hunlis, Curiculum Foundatiens, Princips, and Issue.(New Joursey 07363, Prentice Hall Engbwood Cliffs
Achmadi, 1992.Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Adytia Media
Anwar Arifin, 1994. Strategi Komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: CV. Armico
Bungin Burhan, 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta, Raja Grafindo Persada
Basuki, 2007.Pengantar Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta : STAIN Po Press
Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan
Agama, 2003. Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah,. Jakarta: Departemen Agama RI
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2006.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Emzir, 2014.Metodologi Penelitian Penddiikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Fadjar A. Malik, 2004. Reorientasi Pendidikan Islam, dalam Mastuki dan Abd. Adhim. Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren, Departemen Agama RI: Direktorat Madrasah dan PAI pada sekolah umum
Hasbullah, 2008.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Kementerian Agama RI, 2012. Al-Qur’an dan Terjemahannya.Jakarta : PT. Sinergi Indonesia
Langgulung, Hasan, 1992. Asas-asas Pendidikan Islam.Jakarta : Pustaka Al-Husna
Mansur, 2007.Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mustaqim, 2001.Psikologi Pendiidkan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muzayyin Arifin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : PT Bumi Aksara
Mulyasa E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nizar Samsul. 2001. Pengantar Dasar-dasr Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama
Nata Abuddin, 2004. Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Ramayulis, 2007.Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia
Subroto Suryo. 2004. Manajemen Pendidikan di sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Subayo P. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Tantowi, Ahmad, 2008. Pendidikan Islam di Era Transformasi Global.Semarang: Pustaka Rizki Putra
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bagian kedua: Hak dan Kewajiban Orangtua, Bab IV, Pasal 7 Ayat 1 dan 2
Kadarsah Suryadi,. 2002. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Zainuddin, dkk.1991. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara
Zulkarnain.2008. Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Furchan, Arif. Pengertian Penelitian dalam Pendidikan, Terjmh, Darul Ary dkk, Surabaya, Usaha Nasional. 1982
Achmadi, 1992.Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Adytia Media
Anwar Arifin, 1994. Strategi Komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: CV. Armico
Bungin Burhan, 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta, Raja Grafindo Persada
Basuki, 2007.Pengantar Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta : STAIN Po Press
Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan
Agama, 2003. Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah,. Jakarta: Departemen Agama RI
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2006.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Emzir, 2014.Metodologi Penelitian Penddiikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Fadjar A. Malik, 2004. Reorientasi Pendidikan Islam, dalam Mastuki dan Abd. Adhim. Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren, Departemen Agama RI: Direktorat Madrasah dan PAI pada sekolah umum
Hasbullah, 2008.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Kementerian Agama RI, 2012. Al-Qur’an dan Terjemahannya.Jakarta : PT. Sinergi Indonesia
Langgulung, Hasan, 1992. Asas-asas Pendidikan Islam.Jakarta : Pustaka Al-Husna
Mansur, 2007.Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mustaqim, 2001.Psikologi Pendiidkan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muzayyin Arifin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : PT Bumi Aksara
Mulyasa E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nizar Samsul. 2001. Pengantar Dasar-dasr Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama
Nata Abuddin, 2004. Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Ramayulis, 2007.Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia
Subroto Suryo. 2004. Manajemen Pendidikan di sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Subayo P. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Tantowi, Ahmad, 2008. Pendidikan Islam di Era Transformasi Global.Semarang: Pustaka Rizki Putra
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bagian kedua: Hak dan Kewajiban Orangtua, Bab IV, Pasal 7 Ayat 1 dan 2
Kadarsah Suryadi,. 2002. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Zainuddin, dkk.1991. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara
Zulkarnain.2008. Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Furchan, Arif. Pengertian Penelitian dalam Pendidikan, Terjmh, Darul Ary dkk, Surabaya, Usaha Nasional. 1982
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/.v5i2.751
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.1161/.v5i2.751.g668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia