MAKNA YANG HILANG (NEO-DEVIAN); Studi Terhadap Miskinnya Penerapan Rahmatan Lil Alamin di Papua
Abstract
Menjadi pemeluk Islam di Papua tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pemeluknya. Islam sendiri adalah agama ‘baru’ yang hadir di Papua karena para pendatang, bukan agama mayoritas masyarakat asli Papua. Oleh karena itu, nilai-nilai Islam yang ada di Papua tidak berorientasi pada penerapan Rahmatan Lil Alamin tetapi lebih kepada nilai-nilai ekonomi yang menjadi prioritas bagi pemeluk Islam yang lain. Para muslim Papua dihadapi oleh tantangan menjadi Islam yang Rahmatan Lil Alamin tetapi di sisi lain situasi dan kondisi di Papua kurang mendukung. Saat ini sedang berlangsung model-model penyimpangan baru (Neo-Devian) dalam beragama (Islam). Tumbuh suburnya ormas Islam, lembaga pendidikan Islam, paham-paham baru dalam Islam, tidak sejalan dengan pembinaan kelompok muslim marginal. Munculnya berbagai hal baru tersebut lebih disebabkan oleh dorongan pasar yang begitu kuat, merubah tatanan kehidupan agama dan maindset para cendekiawan Muslim dari hal-hal yang bersifat etis menjadi sekedar gambaran estetis, para cerdik pandai Islam terbawa oleh arus pasar yang menganggap segala sesuatu adalah komoditas yang bisa diperjualbelikan, sehingga Islam berakhir pada hukum jual beli.
Kata Kunci : Islam Rahmatan Lil Alamin,Papua, Neo-DevianFull Text:
PDFReferences
Abdullah Irwan. 2002. Handout Pengantar Metode Penelitian ( Kualitatif ) materi pada short course metedologi penelitian sosial keagamaan kerjasama : Direktorat Pendidikan Tinggi Islam ( DIKTIS ) Kemenag RI Center For Religious And Cross-Culture Studies ( CRCS ) Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
---------. 2006. Kontruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Ahimsa-Putra (ed). 2006. Esei-Esei Antropologi, Teori, Metodologi dan Etnografi, Kepel Press : Yogyakarta.
Alquran. 2011. Alquran -2 (dua) muka terjemah tematik, Kementerian Agama RI Mikraj Khazanah Ilmu, Bandung.
Alua, Agus. 2006. Nilai-nilai Hidup Hubula Masyarakat Hubula di Lembah Balim Papua. Jayapura: Biro Penelitian STFT Fajar Timur.
Berger P.L dan Luckmann T. 1990. Tafsir Sosial Atas Kenyataan. Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Penerjemah, Hasan Basari. LP3ES: Jakarta.
Dasselaar Gerrit. 2001. Gerakan Salamepe di Daerah Marind Anim (dalam Belanda di Irian Jaya. KITLV Jakarta)
Featherstone, Mike. 1990. Global Culture: Nationalism, Globalization and Modernity. Sage Publication: London.
Gertz. C , 1992, Tafsir Kebudayaan, Kanisius, Yogyakarta
https://farhun.wordpress.com/2012/09010/jumlah-penduduk-indonesia-berdasarkan-agamakepercayaan-tiap-tiap-provinsi-bps-sensus-terbaru-2010/diunduh-tanggal-12-maret-2015
https://satuIslam.wordpress.com/2012/08/26/allahu-akbar-hari-ini-muslim-syiah-dibantai-di-madura/. Diunduh tanggal 4 maret 2015
Id.m.wikipedia.org/wiki/penyerangan_Cikeusik. Diunduh tanggal 4 maret 2015.
Kaplan dan Maner. 1999. Teori budaya, Pustaka Pelajar :Yogyakarta
Kuper & Jessica. 2000. Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial penerjemah Haris Munandar cet. 1. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Laksono P.M (2004) Memotret Wajah Kita Sendiri, (dalam Orang-orang kalah, kisah penyingkiran Masyarakat Adat Kepulauan Maluku, cetakan pertama Insist press: Yogyakarta)
Laksono, P.M dkk. 1998. Kekayaan, Agama dan Kekuasaan, Identitas Dan Konflik Di Indonesia (Timur) Modern. Kanisius: Yogyakarta
Panjaitan Erwin. 2004. Orang Buru Legenda Kekalahan menjadi Kenyataan (dalam Orang-orang kalah, kisah penyingkiran Masyarakat Adat Kepulauan Maluku, cetakan pertama). Insist press: Yogyakarta
Rock Paul. 2000. Penyimpangan (dalam Ensiklopedia ilmu-ilmu sosial penerjemah Haris Munandar cet. 1). PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Spradley.P.James. 2006. Metode Etnografi, Tiara Wacana: Yogyakarta.
Topatimasang, Roem. 2004. Orang-orang kalah, kisah penyingkiran Masyarakat Adat Kepulauan Maluku. Insist press : Yogyakarta.
Utomo Paring Waluyo (2007) Dilema Modernisasi dikomunitas Tengger, antara revitalisasi dan minoritisasi Tradisi (dalam hak minoritas multikulturalisme dan dilemanegara bangsa, interseksi foundation, Jakarta).
Yamin, Ade. 2011. Menjadi Muslim Tetap Dani: Potret Kehidupan Orang Dani Islam di Kampung Walesi Papua”, Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Antropologi FIB, Universitas Gadjah Mada.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v5i2.741
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v5i2.741.g658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia